Karakter Diri Juz 8 ( Konsekuen dan Bicara Seenaknya )


Surah yang ke 8 adalah surah Al Anfal yang artinya harta rampasan perang, artinya orang yang membawa karakter juz 8 tergolong gigih dalam meraih sesuatu. dia tidak akan pernah berhenti sebelum apa yang di harapkan tercapai, dengan kata lain dia pantang menyerah. Cermat dalam menilai hal-hal yang menguntungkan baginya atau tidak. kelemahannya , tidak jarang dia akan menempuh jalan apapun untuk mendapatkan apa yang di inginkan.
Bila mengacu pada sejarah , harta rampasan perang biasanya berupa barang-barang berharga atau materi. inilah kelemahan terbesar juz 8, jika tidak hati-hati ia mudah sekali terbujuk atau terjebak oleh hal-hal yang bersifat materi atau duniawi.
Juz 8 terdiri dari dua surat yaitu surat Al An’am yang berarti binatang ternak, surat al-an’am pada juz 8 di mulai dari ayat 111 sampai 165, jadi totalnya 55 ayat. artinya orang yang berjuz 8 kadang-kadang susah di atur dan memiliki rasa ketergantungan terhadap orang di sekelilingnya yang lumayan besar. Namun tidak sedominan juz sebelumnya yaitu juz 7 karena ayat dari surat al-an’am tidak sebanyak yang terdapat di juz 7. selain itu surat ke 55 adalah ar-rahman, artinya yang maha pemurah, bila kita amati keterkaitan antara surah Al-an’am dan ar-rahman akan menerangkan sifat bahwa orang juz 8 akan menuruti apa yang di ucapkan atau di sarankan oleh seseorang yang di anggap sudah memberikan ” kemurahan ” padanya ketimbang orang lain yang tidak memberikan kontribusi apapun padanya.
saran orang tersebut akan di jalankan selama tidak menjerumuskannya, dengan kata lain dia cenderung subjektif dalam menilai saran. urutan surat yang ke 55 yaitu ar-rahman yang artinya Yang maha Pemurah, juz 8 juga mempunyai sifat pemurah atau tidak perhitungan, sangat perhatian dan tidak tanggung-tanggung jika seseorang memerlukan bantuannya, dengan kata lain dia ringan tangan

dan masih banyak lagi sifat dasar juz 8, karena keterbatasan sy hanya mengulas sedikit saja tentang karakter juz 8,…BERSAMBUNG…

6 Balasan ke Karakter Diri Juz 8 ( Konsekuen dan Bicara Seenaknya )

  1. Dzulfikar berkata:

    Lanjutnnya gak ada ya?

  2. Makasih info juz 8. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s