Karakter Diri Juz 22 ( Ingin Selalu Menonjol, Susah Meninggalkan Masa lalu, Optimis dan Kreatif )


 

JUZ 22

1. Profil

Juz ini berisi 163 ayat dan 18 tanda ’Ain. Di mulai dari surat ke-

33 (al-Ahzaab) ayat ke-31, hingga surat ke-36 (Yaa-siin) ayat 21.

Berikut ini daftar nama-nama surat dalam juz 22 :

1.    33  Al-Ahzaab ( 43 Ayat )  31 – 73   Berkawan/Bersekutu

2.    34  As-Sabaa ( 54 Ayat )     1 – 54   Kaum Saba/Petualang

3.    35  Al-Faathir ( 45 Ayat )    1 – 45   Pencipta

4.    36  Yaa-siin ( 21 Ayat )        1 – 21   Yaa-siin

Jumlah ayat       ( 163 Ayat  )

Surat ke-33 (al-Ahzaab) berisi 73 ayat, tetapi ayat 1 sampai 30

milik juz 21. Demikian juga, surat ke-36 (Yaa-siin) berisi 86 ayat,

tetapi yang menjadi milik juzz 22 hanya 21 ayat, ayat 1 sampai 21.

 

2. Karakter Orang Juz 22

Awal juz 22 bukanlah awal surat, dan akhir juz juga bukan akhir

surat. Juz yang tidak diawali oleh surat, dan tidak diakhiri oleh akhir

surat, pada umumnya mencerminkan pribadi yang di dalam dirinya

terdapat sesuatu yang sifatnya labil. Ada sesuatu dalam dirinya yang

tidak konstan, dan mudah goyah. Dalam kasus seorang juz 22

misalnya, pada umumnya ia memiliki perasaan yang labil, terutama

perasaan terhadap orang lain. Ia akan bersedia membantu orang lain

kalau benar-benar ia dalam kondisi ”senang”. Demikian juga, ia baru

bersedia membantu pada orang yang benar-benar ia suka. Dengan

demikian, jangan harapkan dapat memperoleh sedikit kebaikan dari

seorang juz 22 pada saat ia sedang tidak senang.

Cetak-tebal pada ayat pertama juz terdiri atas beberapa huruf,

yaitu ( Wamayyaknut ). Terhadap orang lain, pertama kali apa yang ia

lihat potensinya. Terhadap lingkungan sekitar, ia kadang-kadang begitu

peduli dan perhatian, tetapi di saat yang lain dia benar-benar

acuh. Di sinilah letak kelabilan seorang juz 22. Perhatiannya

terhadap orang lain, ia terkadang tidak tetap atau angin-anginan.

Namun demikian, ketika seorang juz 22 juga memiliki kepeduian

tinggi terhadap orang lain, ia suka membantu dan berkawan.

Tetapi ketika kepedulian itu tidak muncul, maka ia menjadi seorang

yang pendiam dan ”ketus”. Tetapi berbeda dengan seorang juz 21,

yang memandang orang lain atau kawan sebagai ”partner-bertanding”,

juga berbeda dengan seorang juz 25 yang menganggap

kawan sebagai mitra, tetapi kalau bisa ia mampu mengangkat

dirinya lebih tinggi di hadapan kawan atau lingkungan sekeliling.

Dengan kata lain, teman-teman yang ia kenal akan dijadikan pusat

analisis, terutama soal gerak, perangai dan karakteristiknya. Dialah

orang yang sangat jeli membaca orang lain.

Surat as-Sabaa, yang berarti kaum Sabaa, membuat seorang juz

22 benar-benar menjadi seorang avonturis (petualang) sejati. Ia

sangat jeli dalam melakukan eksplorasi membeda-bedakan orang.

Pengembaraan perasaan dan intelektualitasnya cukup luas dalam

memahami perbedaan orang di sekelilingnya. Dalam kisahnya,

kaum Sabaa sekelompok orang atau bangsa, yang memiliki kegemaran

mengembara. Mereka kelompok nomadik, yang berpindahpindah

dari satu tempat ke tempat lain mencari kehidupan.

Namun demikian, pengembaraan kaum Sabaa, bukan berarti

bahwa mereka tidak memiliki tanah air atau negeri. Mereka mengembara

karena didasari oleh motif dan jiwa petualang (avonturisme).

Pengembaraan mereka sebagai upaya untuk memahami perbedaan

antar bangsa. Dengan kata lain, kaum Sabaa sekelompok orang

yang memiliki kegemaran observasi dan memahami perbedaan

berbagai masyarakat dan suku bangsa. Merekalah antropolog sejati.

Oleh karena itu, seorang juz 22 juga memiliki kejelian melihat

karakter dan sifat-sifat setiap orang atau teman yang ia kenal. Dia

begitu cermat dalam membaca dan membedakan masing-masing

orang atau teman. Mengamati serta membedakan karakteristik

setiap orang (teman) justru menjadi kegemarannya yang hampir tak

ia sadari.

Terhadap kawan, sikap seorang juz 22 pada awalnya ia cenderung

mengajak berbincang. Sebab ia pada dasarnya juga suka cerita

atau berbincang. Dari perbincangan itulah kemudian seorang juz 22

kemudian mengambil kesimpulan, stereotipe, dan kesan yang merupakan

bahan untuk menilai dan membaca seorang kawan.

Seorang juz 22 memang memiliki kecakapan dalam hal logika. Ia

seorang yang memiliki bakat alami untuk menjadi ahli bahasa dan

logika. Hendaknya berhati-hati berbicara dengan seorang juz 22.

Berbicara dengan seorang juz 22 sebaiknya menggunakan bahasa

dan logika yang tepat. Sebab, seorang juz 22 memiliki kecakapan

dalam hal logika. Ia memiliki logika ganda. Ia dapat menatap

permasalahan dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, bakat

alami seorang juz 22 sebagai seorang jaksa atau penuntut tindakan

kejahatan. Kecakapan logika dan bahasa yang ia miliki dapat dipakai

untuk memutar-balikan fakta. Sehingga, ia dapat membuat orang

”salah” menjadi seolah-olah ”benar”, dan begitu sebaliknya.

Surat al-Faathir dalam dirinya juga dapat berarti bahwa ia orang

yang ”kreatif”. Ketika is merenung, bisa saja menemukan ide-ide

baru yang segar, yang orang lain belum menemukannya, betapapun

masalah (gagasan) yang ia temukan gagasan yang bersifat sederhana.

Dengan kecakapan logikanya, ia pun mampu untuk berpikir

mendalam (reflektif).

Namun demikian, ia memiliki kecenderungan berpikir yang

positivistik. Sebab angka 22 ( Kaf ) yang berarti target, juga menuntut

adanya kepastian. Dengan kata lain, seorang juz 22 cenderung untuk

hidup dalam kondisi yang pasti. Ia tidak dapat menerima penjelasan

atau jawaban yang terkandung di dalamnya nada-nada ”ketidakpastian”.

Surat Yaa-siin dalam juz 22 hanya 21 ayat. Angka 21 ( Qof ) artinya

kepala atau ”pemikiran” ulang. Makna surat ini bagi seorang juz 22

bahwa ia sangat ambisius untuk memikirkan berbagai hal. Dia tipe

pemikir. Dan pada saat ia berpikir mengenai banyak persoalan, ia

hampir lupa akan ambisi atau hasrat seksualitasnya. Dia tipe manusia

karir, yang mencintai apa yang ia gulati sebagai seorang peneliti

di bidang Antropologi atau Psikologi.

Bakat dan potensi seorang juz 22 terletak pada kecakapan bahasa

dan logika. Dia lebih cocok apabila disalurkan pada profesi sebagai

jaksa, termasuk juga pembela. Segala sesuatu yang berhubungan

dengan permainan logika dan bersilat lidah, seorang juz 22 ahlinya.

Orang lain bisa saja memiliki dan mendalami bidang logika dan

bahasa, tetapi apabila seorang juz 22 mendalaminya, dapat dipastikan

ia akan memiliki prestasi lebih. Bakat keilmuan yang dimiliki

juz 22 Antropologi atau Etnologi, yaitu ilmu tentang perbedaan karakter

bangsa atau masyarakat. Sebaiknya, seorang anak juz 22

disalurkan bakat alaminya untuk mendalami ilmu-ilmu tersebut.

Jika ia memasuki Ilmu Hukum, maka ambillah spesialis hukum

adat. Dan jika ia memilih profesi, maka sebaiknya profesi jaksa atau

pembela.

 

3. Kelemahan dan Kelebihan

Jika dilihat dengan sistem 11, maka kelemahan dan atau

kelebihan seorang juz 22 terletak pada bagian tulang atau paru-paru.

Kelemahan pada tulang bisa jadi ia merasa sakit (pegal-pegal)

pada bagian punggung sebelah bawah. Jika ini tidak terjadi atau

tidak dialami, maka dapat dipastikan ia mengalami sakit pada

bagian paru-paru atau sesak napas. Apabila perasaan seorang juz 22

sedang terganggu, maka salah satu dari kedua organ tubuh tersebut

akan ”kambuh” dan meningkat beban sakitnya. Atau bisa jadi, jika

seorang juz 22 sedang disibukkan dengan kegiatan olah pikir yang

berat dan berlarut-larut, maka yang akan terserang bagian tulang

belakangnya, atau sekaligus bersamaan dengan rasa sesak pada

pernapasannya.

Kelemahan lain yang sering dialami seorang juz 22 pada bagian

kemaluannya. Apabila titik ini sering mengalami ”down”, atau

hilang kegairahannya, maka jalan yang ditempuh sebaiknya tidak

usah dengan cara bantuan obat-obatan sebagai perangsang, sebab

tidak akan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, lebih baik

dengan cara membaca juznya secara rutin.

9 Balasan ke Karakter Diri Juz 22 ( Ingin Selalu Menonjol, Susah Meninggalkan Masa lalu, Optimis dan Kreatif )

  1. didid ari wibowo berkata:

    saya telah mengetahui juz 22 saya,yg saya tanyakan bagamana cara atau pola apa untuk mencari pakarjaan yg cocok,agar saya dapat rizki yg insyaallah halal

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..
      saran saya datang saja langsung ke Alamat pengajian kami, karena butuh penjelesan untuk membaca pola ini, agar di mengerti dan mudah menjalankannya..Atau Hubungi di 021-28879046 ( Anwar Hamzah )…Terima Kasih

      Wassalam wr.Wb..

  2. prasetiyo berkata:

    assalamu allaikum pak ustat saya termasuk zus berapa karakter saya saya lahir 26021973 prasetiyo apa benar saya zus 22 saya slalu kentus sama orang yang telah mengecewakan saya saya sangat butuh jawaban trima kasih wassalam

    • darulqohar berkata:

      Sdr Prasetyo, siapa yang membukakan juz saudara dan mengatakan juz sdr adalah 22 ?. Tolong kami di khabari, supaya tidak terjadi kekeliruan kelak.Kami harus merichek kembali.
      Wassalam
      AH 29

      • darulqohar berkata:

        Assalamualaikum sdr Prasetyo, InsyaAllah, setelah kami richek, ternyata sdr berjuz 17. Setelah dibukakan jusnya kami harap sdr mengaji sesuai dengan metode yang telah ditetapkan oleh guru “kita” Almarhum Bapak Loekman AQ Soemabrata. Kalau sdr memerlukan AlQur’an mushaf Ustmany dan buku2 modul belajar keilmuan ini dari dasar sampai ketingkat yang lebih tinggi, kami ada menyediakannya.Kalau sdr perlu nomor teleponnya kami akan senang memberikannya. Kalau bertanya apapun tentang keilmuan ini sdr bisa hubungi saya di nomor 081267541450 atau 087875684813 (Anwar)
        wassalam
        Anwar

  3. fadil muhamad berkata:

    Mau nanya dong . Saya fadil muhamad mahasiswa sekarang ini , saya lahir 14 Desember 1994 . Apa benar saya juz 22? Apa pilihan saya untuk memilih prodi admin bisnis itu benar atau saya harus mengambil hukum?makasih banyak sebelumnya

    • darulqohar berkata:

      Saudara Fadil… Dari siapakah Saudara mendapatkan/tahu bahwa Juz Saudara adalah Juz 22?..
      Maaf, kami belum bisa menjawab pertanyaan Saudara krn sumber karakter Juz Saudara masih blm jelas utk kami jawab. Terima kasih.

  4. ima berkata:

    saya mau bertanya? juz apakah saya? lahir tanggal 27021988 . saya pemarah. sulit melupakan masalalu. ketus. moody dlm berteman. punya sakit asma

    • darulqohar berkata:

      wa’alaikumsalam wrwb.
      terimakasih telah merespon dengan baik blog kami.
      untuk membuka juz nya, perlu benar2 bapak/ibu baca dan pahami benar ttg metode dan tatacara pembacaan yg kami sampaikan.
      selain itu bapak/ibu juga harus memiliki al quran format 18 barisnya. Yang jg bisa dipesan dari kami.
      terimakasih
      wassalam
      syaiful husein

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s