ASMAUL HUSNA


COVER ALQURAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Sebelum Al Qur’an berbentuk buku / kitab, ucapan Asmaul Husna hanya berupa vokal / bunyi verbal, penyampaian hanya dari mulut ke mulut kemudian di hafal sampai 99 kata Asmaul Husna tersebut. Pada jaman setelah ditemukan mesin cetak kertas dan buku, barulah Al Qur’an disusun halamannya sesuai sistem dan struktur Al Qur’an yang di anjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya sampai dengan sekarang. Walaupun berbeda format barisnya, tetapi jumlah dari Ayat, Surat dan Juz tetap sama, yaitu 6236 Ayat, 114 Surat dan 30 Juz.

Kenapa halaman Asmaul Husna pada kitab Al Qur’an pada umumnya di letakan pada sampul atau lembaran pertama kitab Al Qur’an?.. Pasti ada pesan yang disampaikan kepada kita sebagai pembacanya. Asma’ul Husna di kitab Al Qur’an selalu dihiasi dengan lingkaran atau motif-motif grafis yang indah oleh penulis atau pencetaknya. Tetapi itu hanya sekedar hiasan, yang penting kata-kata ke 99 Asmaul Husna-nya tersebut.

Jumlah kata Asmaul Husna ada 99, kenapa jumlahnya 99?.. kenapa tidak pas 100?.. 150?.. atau 1000?.. Bukankah Allah SWT itu Maha segala-galanya?.. Mari kita berpikir dan mengkaji, pasti itu pun ada pesan juga bagi kita.. Untuk siapakah Al Qur’an itu diturunkan?.. Tentu buat makhlukNya yang bernama Manusia setelah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya di Gua Hiro. Pesannya kurang lebih yang sudah kami mengkajinya, insyaAllah mendekati benar yaitu menceritakan proses janin manusia selama di Alam Rahim Ibu, 9 bulan 9 hari (9-9) sesuai juga dengan rata-rata hasil penelitian para Dokter kandungan di Dunia. Kemudian pada hari ke 10, melahirkan.

Allah SWT meniupkan Ruuh ke Janin di rahim Ibu pada usia Janin 3 bulan 10 hari [AQ.S: 15.Al Hijr:29 > “Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruuh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”], orang medis bilang hari ke 90 sampai dengan hari ke 100 Janin sudah bisa bergerak, bahkan suka menendang atau mendorong-dorong perut Ibunya dari dalam rahim. Ke 99 Asma’ul Husna berproses sesuai perkembangan Janin, artinya ke 99 Asmaul Husna itu ditiupkan Allah SWT ke si Janin tersebut untuk bekal hidupnya di Dunia pada saat Janin belum bergerak sampai hari yang ditentukan Allah Janin itu lahir dari rahim Ibu, maka sifat-sifat / nama-nama baik Allah itu melekat di tubuh Janin kemudian dilahirkan ke Dunia yang kita sebut Bayi. Itulah sebabnya kenapa Bayi selalu kita bilang masih suci, ternyata masih melekat pada diri Bayi itu sifat dan nama baik Allah SWT. Selanjutnya tanggung jawab orang tuanyalah atas perkembangan bayi itu seorang Muslim atau non Muslim, baik atau jahat, pintar atau bodoh, dsb..

Coba perhatikan ke kitab Al Qur’an yang ada di dekat Saudara-saudari, setelah cover bagian dalam yang ada Asmaul Husna halaman berikutnya adalah ada lingkaran (circle) yang bertuliskan kaligrafi “AL QUR’AN NUUR KARIIM”. Lingkaran itu mensimbolkan Rahim Ibu, sedangkan tulisan kaligrafi itu mensimbolkan Janin. Jadi, sejak dalam rahim Ibu kita sudah dibekali Asmaul Husna dan Al Qur’an (kauniah) oleh Allah SWT.

Pada saat bersalin / mau melahirkan seorang Ibu sering mengalami sakit perut seperti mau buang air besar, itu sebagian tanda-tanda umumnya akan lahir seorang bayi atau bayi kembar hamba Allah ke alam Dunia. Sebelum Bayi lahir seorang suster / bidan / dokter selalu bilang ke si Ibu.. “Sabar ya bu, masih baru PEMBUKAAN 1, PEMBUKAAN 2, PEMBUKAAN 3, dst..”. Apakah yang dimaksud Pembukaan itu?.. Kita lihat lagi ke Al Qur’an sesudah halaman yang ada lingkaran, selanjutnya adalah halaman 2 Al Qur’an berisi Surat ke 1. Al Fatihah, yang artinya PEMBUKAAN dengan total 7 ayat. Halaman berikutnya adalah halaman 3 Al Qur’an yang berisi Surat ke 2. Al Baqarah, dengan total 4 ayat. Pada ayat pertama di surat 2. Al Baqarah bertuliskan “Aliif Laam Miim”. Apabila kita singkat inisial huruf hijaiyah itu terdiri dari huruf A – L – M. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia bahwa singkatan A-L-M itu adalah ALaM. Benar atau tidak saya kembalikan kepada pembaca,namun ada hubungannya dengan lahirnya Bayi dari mulai alam Rahim ke ALaM Dunia setelah melewati tahapan Asma’ul Husna, lingkaran kaligrafi Al Qur’an Nuur Kariim, Al Fatihah kemudian Surat 2. Al Baqarah ayat 1. Sedangkan ayat-ayat selanjutnya adalah menjelaskan sesuai tafsir kewajiban manusia untuk membaca Al Qur’an sebagai Huuda, Nuur, Furqan dan banyak lagi sebutan nama-nama lain dari Al Qur’an.

Demikianlah Al Qur’an sudah diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril [AQ.S 2.Al Baqarah:97 > “Katakanlah: “Barang siapa yang menjadi musuh Jibril,maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”] untuk menjelaskan dengan posisi halaman dan struktur Format Al Qur’an yang sangat luar biasa, semuanya atas izin Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang dilanjutkan kepada para sahabat-sahabatnya kemudian sampailah kepada kita untuk dibaca, dipahami, dikaji dan di amalkan sesuai pesan-pesan dan firman-firman Allah SWT dalam kitab Al Qur’an-NYA yang selama ini kita jaga bersama dan tidak ada perubahan di dalamnya dari Jaman Nabi Muhammad SAW sampai dengan ke tangan kita.

Atas nama pribadi, saya sebagai penulis mohon maaf apabila ada kata atau kalimat di atas yang tidak pas di hati dan pikiran pembaca pada blog halaman materi ini. Saya menulis ini karena hasil pembelajaran dan pengkajian dari seorang sumber keilmuan ini yang menurut saya mendekati kebenarannya. Apabila tulisan ini benar, berarti datangnya dari Allah SWT, Apabila ada kesalahan itu datangnya dari saya pribadi sebagai penulis.. Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca di blog kami ini. InsyaAllah, dengan adanya kesempatan lagi saya akan menulis kembali materi di blog Keilmuan Paradigma Numerik ini.

Wassalamu’alaikuum Wr.Wb

Penulis;
Prayitno

Tentang darulqohar

KAMI PERKUMPULAN PENGAJIAN YANG MENGUPAS AL QUR'AN DARI SISI STRUKTUR DAN NUMERIK ( PARADIGMA NUMERIK DAN STRUKTUR AL QUR'AN )
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s