PELAKSANAAN STEPPING TAHAP 1 SETELAH DI BUKA-KAN JUZ NYA


Setelah kami membuka-kan juz saudara-saudara sekalian, dengan ini kami mohon kiranya saudara-saudara semua yang telah di buka-kan juznya untuk segera membaca Juz nya di Al-Quran..

Al-Quran yang di pergunakan adalah Al-Quran Mushaf Utsmany Format 18 baris. Adapun ciri-ciri Al-Quran tersebut seperti yang kami jelaskan di halaman awal pada saat anda membuka Blog ini. Kenapa harus Al-Quran Mushaf Utsmany? karena standart Kajian dan semua ulasan tentang keilmuan ini memakai Al-Quran Mushaf Utsmany Format 18 Baris sebagai acuan dalam menggali segala macam Keilmuan  Numerik Al-Quran ini. Dan kami tidak bisa mereferensikan jika anda memakai Al-Quran dengan Format yang berbeda.

Jika anda tidak memiliki Al-Quran yang kami maksud, kami menyediakan Al-Quran ini di majelis pengajian Darul Qohar, jika anda berminat silahkan Kontak kami di nomor yang tertera di Halaman Awal Program buka Juz, atau bisa juga langsung mendatangi alamat kami seperti yang tertera di halaman awal blog ini.

Bagi kami ini penting sekali, dalam rangka mencari Al-Quran yang benar-benar terpelihara, terutama dari segi kajian Numerik Al-Quran.

Di Bawah ini kami Tampilkan Tabel Stepping untuk Tahap Awal/satu, bagi saudara-saudara yang telah kami buka-kan juz nya. Saudara tinggal mengikuti saja dan mengisi kolom-kolom yang telah kami sediakan sebagai kolom kontrol buat diri anda pribadi, adapun uraian penjelasan nya telah kami uraikan di bawah tabel tersebut.

Berikut Tabel Stepping Tahap Awal dan Uraian Penjelasannya :

Di Bawah ini Saya tampilkan contoh Ayat tengah Juz, dalam hal ini yang saya tampilkan adalah Ayat Tengah Juz 2 ( Khusus Juz 2 ), adapaun untuk Juz-juz yang lain bisa menanyakan hal ini kepada kami.

Ayat tengah juz ada 3 macam/ayat : yang pertama ayat tengah Haraam, kedua Ayat Tengah Juz, dan yang ketiga Ayat Tengah Asmaul Husna, Ketiga ayat tengah ini harus di hafal oleh masing-masing yang telah memiliki juz. ini dapat di gunakan kapan saja dan untuk hal-hal yang positif, atau bisa juga di jadikan Dzikir Pribadi, pada saat menghadapi hal-hal yang genting/serba cepat dan mendadak ayat tengah ini bisa di bacakan dalam hati…

di bawah ini contoh ayat tengah untuk Juz 2 Sbb :

Sedangkan Pola Langkah Besar Seperti yang ada di bawah ini, pola ini dapat di baca setelah kita menjalankan sholat fardhu 5 waktu, untuk di bawah ini contoh pola Langkah Besar dengan Sisipan AYAT TENGAH JUZ 2, jadi untuk yang lain juz sisipan Ayat tengahnya di ganti dengan Ayat Tengah Juz Masing-masing…Untuk melihat sisipan mana yang di ganti bisa melihat Ayat Tengah Juz 2 berdasarkan tabel ayat tengah juz 2 di kolom bagian atas. Berikut Pola Langkah Besarnya SBB :

Setelah Membaca Juz sebanyak 4 kali ( Hari Ke 1, 5, 9, dan ke 13 ) maka selanjutnya adalah membaca Pola Munzil ( No.Urut 5 ) adapun Pola Munzilnya sama untuk semua juz, yang di dalam kotak adalah halaman juz masing-masing pembaca juz, berikut Pola Munzil nya :

Berikutnya saya lampirkan Pola Munzil Pribadi Sbb :

Pembacaan Selanjutnya Adalah Pola Sahabat, Pola sahabat untuk masing-masing juz berbeda-beda, jika ingin meminta pola sahabat sesuai dengan juz nya silahkan hubungi kami,

di bawah ini kami lampirkan contoh Pola Sahabat untuk Juz 2 ( Khusus Juz 2 Saja ) Sbb :

Setelah Pola Sahabat, pembacaan berikutnya adalah Pola 12 halaman, Pola ini sama untuk semua juz ( Berlaku untuk semua juz ) sedangkan untuk Hijab-Hijib nya silahkan melihat di tabel di lampiran awal form stepping ini, Hijab-hijib berdasarkan Bulan Kelahiran si pembaca juz/pola ini..berikut Pola 12 Halaman nya sbb :

Setelah Itu adalah membaca Pola Akbar 1, Pola Akbar Khusus, dan Pola Akbar 2, berikut saya lampirkan Pola-pola Tersebut di Atas, dan pola ini bersifat umum ( Untuk semua Juz )  berikut pola ini saya lampirkan berturut-turut :

Pola Akbar Khusus :

Pola Akbar II

Dan Pembacaan yang terakhir dari rangkaian Stepping Tahap Awal ( Tahap 1 ) adalah membaca Pola 45 halaman, untuk Pola ini masing-masing Juz berbeda Pola bacaannya tetapi cara bacanya sama, jika menginginkan Pola ini, silahkan hubungi kami, nanti akan kami berikan pola 45 halaman ini berdasarkan juz anda, sekedar contoh di bawah ini kami lampirkan Pola 45 Halaman Untuk Orang yang BerJuz 2 ( Khusus Juz 2 ) , Berikut pola 45 Halaman nya :

Demikianlah, telah kami uraikan pembacaan awal untuk orang-orang yang telah kami buka-kan juz nya, semua ini untuk mengakomodir permintaan dari saudara-saudara semua yang ingin membaca juz dan lanjutannya setelah kami buka-kan juz nya, untuk ke tahap selajutnya jika telah melaksanakan pembacaan di atas, bisa mengkonfirmasikan kepada kami, karena untuk tahap selanjutnya butuh penjelasan khusus ( sudah kolaborasi antara membaca dan menulis Al-Quran ). Untuk Tahapan awal ini, jika telah selesai menjalankan pembacaan ini sudah bisa untuk membacakan/me”ngaji’kan orang lain ( Kerabat, Keluarga, teman Dll ).

Kami Rasa itu saja yang bisa kami sampikan dan saling berbagi, guna menjadikan Al-Quran pedoman hidup dan petunjuk bagi semua umat Islam di muka bumi ini dan juga yang ingin mempelajari keilmuan ini.

Terima Kasih

Wassallam Wr.Wb.

Syahroni Nur 21

Iklan

170 Balasan ke PELAKSANAAN STEPPING TAHAP 1 SETELAH DI BUKA-KAN JUZ NYA

  1. tony berkata:

    Assalamu alaikum,
    Ustadz, saya mohon diajarkan pola sahabat dan pola 45 halaman untuk juz 13. untuk lebih mudahnya, tidak usah di scan, mungkin tinggal tuils saja urut-urutannya. Misalnya dalam pola sahabat, apa surat-surat yg dibaca hari ke 1 sampai hari ke 5, nanti hari ke 6 sampai 9 saya bisa temukan sendiri.
    Jazakalloh.
    Wassalam,

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb
      Untuk POLA SAHABAT Hari Ke 1 ( 59 + 56 + 19 + 99 ), hari Ke 2 ( 63 + 52 + 15 + 103 ), Hari Ke 3 ( 40 + 75 + 38 + 80 ), Hari Ke 4 ( 113 + 2 + 42 + 79 ), dan Hari Ke 5 ( 84 + 31 + 71 + 87 ) hari Selanjutnya ( ke 6 s/d ke 9 ) bisa di cari sebdiri kan, tadi urutan dari A + B + C + D ya Pak….

      Untuk Pola 45 nya = Kolom I ( Halaman 11 + 10 + 10 + 9 + 8 + 7 + 6 + 5 + 4 + 8 ), Kolom II ( Halaman 1 + 16 + 16 + 15 + 14 + 13 + 13 + 12 + 8 ), Kolom III ( Halaman 3 + 2 + 1 + 16 + 16 + 15 + 14 + 13 + 13 + 8 ) dan Kolom IV ( Halaman 2 + 1 + 3 + 4 + 7 + 8 + 6 + 9 + 10 + 10 + 11 + 5 + 12 + 8 + 8 + 8 )

      Demikian Jawaban dari saya Pak…Terima Kasih
      Wassalam Wr.Wb

      BY : R21

      • tony berkata:

        Alhamdulillah, Terima kasih Ustadz.
        Memang balasan dari Ustadz sudah saya tunggu-tunggu, soalnya hari rabu saya ada tugas kantor ke lokasi terpencil, jadi tidak ada yang bisa saya tanya baik lewat email atau telpon.
        Sekarang polanya sudah komplit, Insya Alloh besok mulai urut ke 5 (Pola Munzil).
        Doakan Istiqomah. Salam buat temen-temen dan Ustadz di Darul Qohar.
        Wassalam,
        Tony

      • darulqohar berkata:

        Sama-sama pak Tony, mudah-mudahan di lancarkan perjalanan tugas kantornya pak…kami doakan semoga tetap istiqomah, dan salam juga dari teman-teman di darul qohar…

        Wassalam

        R21

      • tony berkata:

        Oh iya Ustadz,
        Saya kurang menerti cara mencari ayat tengah khususnya Ayat tengah haram dan asmaul husna.
        Karena saya sedang me-list ayat-ayat di langkah besar.
        Semoga tidak keberatan Ustadz menerangkan.
        Wass,
        Tony13

    • Setuju mas.. kebetulan saya jg Juz 13…

  2. harjuna berkata:

    Assalamualaikum WR.Wb
    Juz saya 17, tolong pola sahabat dan pola 45 untuk juz saya
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb

      Untuk Pola Sahabat Juz 17 sbb : Hari ke 1 ( Surat 7 + 108 + 71 + 84 ), hari ke 2 ( Surat 53 + 62 + 25 + 93 ), Hari Ke 3 ( Surat 14 + 101 + 64 + 91 ), Hari Ke 4 ( Surat 79 + 36 + 76 + 82 ), Hari Ke 5 ( Surat 92 + 23 + 63 + 95 ), Hari Ke 6 ( surat 7 + 53 + 14 + 79 + 92 ), Hari Ke 7 ( Surat 108 + 62 + 101 + 36 + 23 ), Hari Ke 8 ( Surat 71 + 25 + 64 + 76 + 63 ), Hari Ke 9 ( Surat 84 + 93 + 91 + 82 + 95 ) itu pak Untuk Pola Sahabat nya, di baca tiap hari sampai hari ke 9, dan tidak boleh terputus/loncat hari, jika terputus harus di ulang lagi dari awal, dan mengenai jam baca nya di usahakan sama ya pak..misalnya baca jam 7 malam, maka esok harinya baca nya juga harus jam 7 – 8 malam juga pak…

      Untuk Pola 45 halaman Juz 17 sbb :

      Untuk Kolom I ( Halaman 15 + 14 + 13 + 12 + 11 + 11 + 10 + 9 + 7 + 5 ) Kolom II ( Halaman 6 + 4 + 3 + 2 + 1 + 16 + 16 + 15 + 8 ), Kolom III ( Halaman 6 + 4 + 3 + 2 + 1 + 16 + 16 + 15 + 15 + 5 ) dan Kolom IV ( Halaman 2 + 1 + 3 + 4 + 9 + 10 + 7 + 11 + 12 + 11 + 13 + 6 + 14 + 8 + 5 + 8 ), untuk memudahkan di Al-Qurannya di bagian bawah di kasih nomor halaman ya pak ( total 1 juz ada 16 halaman dan 18 baris ) mengenai cara baca nya 1 kali baca/duduk Kolom I + Kolom II + Kolom III + Kolom IV , tidak boleh terputus ( kurang lebih 2.5 juz itu Pak )…

      Terima kasih
      Wassalam Wr.Wb,

      By R21

  3. harjuna berkata:

    terima kasih atas informasinya…. seandainya ada yang kurang jelas, saya harus menghubungi ke nomor siapa???

  4. Assalamu Alaikum WW
    Perkenalkan saya Juz 28, saat ini saya sering mual-mual, sebaiknya saya mesti baca pola apa?
    Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas bantuannya

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Maaf Bapak Juz nya dah di baca belum? berapa kali?, tata cara baca sudah paham khan….Coba Bapak Baca Pola Munzil Pribadi ( Polanya lihat di Pelaksanaan Stepping Tahap 1 )

      Wassalam Wr.Wb…

  5. chandra berkata:

    ass. apabila juz 19 Polanya bagimana pak, masih pelan-pelan belajarnya pak.wass

    • darulqohar berkata:

      Ya di pelaksanaan stepping tahap satu sangat jelas saya uraikan urutan baca, mulai dari Juz s/d Pola 45 halaman, yang utama baca aja Juz nya 4 kali ( hari ke 1, 5, 9, dan 13 )….setelah itu nanti di Pola sahabat dll jika butuh pertanyaan akan saya bimbing….Karena Pola Sahabat Sesuai dengan Juz nya MAsing-masing…dan kedepan akan saya update pola-pola sahabat agar lebih memudahkan pembacanya…yang terpenting Al-Quran yang di gunakan harus sesuai dengan kajian keilmuan ini…
      Wassalam

      By R21

  6. Ezani berkata:

    Assalamualaikum WR.Wb
    Juz saya 23, minta tolong untuk dapatkan pola sahabat dan pola 45 untuk juz saya
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb…
      Untuk Pola Sahabat silahkan lihat di Halaman Pola-pola Bacaan, sedangkan untuk pola 45 nya, saya sedang Upload sekarang, kemarin baru sampai juz 6, insyAllah nanti lengkap 30 juz…terima kasih

      Wassallam Wr.Wb..

      Syahroni Noor 21

  7. Ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak,

    Saya ingin bertanya tentang Pola Akbar II. Di kertas saya berbeza dengan yang diupload diwebsite ini. Di kertas saya terdapat selipan surah (selepas baca halaman AQ). Juga setelah membaca halaman juz sendiri (halaman 5,2,4,3,1,16,13,11,12,10,9,7 8) perlu membaca halaman juz 16 bagi setiap halaman yang telah saya nyatakan. Mohon jasa baik bapak untuk memberi penjelasan. Terima kasih ya pak

    • darulqohar berkata:

      Wa’alikum Salam Wr.Wb
      Pola Yang kami Upload baik pola akbar I, Akbar Khusus, dan Pola Akbar II, InsyAllah Sudah Benar seperti yang saya Upload sekarang ini, jadi ya tinggal di ikuti saja Ibu….Pola Akbar I dan II sama urutan polanya yang membedakan adalah urutan halaman JUZ nya ibu, kalau di akbar I, sehabis HALAMAN AQ 165 + Al Fatihah full + Al-Baqarah 1 -4 + HALAMAN 1 JUZ KITA + Al-Quraisy full + Al Maun full dst spt di pola tsb….sedangkan Pola Akbar II di mulai dari HALAMAN AQ 165 + Al-Fatihah full + Al-Baqarah 1 – 4 + HALAMAN 6 JUZ KITA + Al Quraisy Full + Al-Maun Full dst seperti di pola tersebut….Demikian Bu…

      Wassalam Wr.WB..

      By R21

  8. Ezani berkata:

    Assamualaikum Pak,

    Pola Akbar I dan Pola Akbar II yang bapak upload sama ya pak? mohon penjelasan bapak kerana Pola Akbar II di kertas saya ini terdapat selipan surah dan halaman juz sendiri (halaman 16). Terima kasih pak.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr..WB..
      Tadi saya sudah jawab di pertanyan ibu sebelumnya…Beda Ibu… antara Pola Akbar I dan Pola Akbar II beda…memang susunan polanya sama ( halaman AQ ) tapi di urutan Halaman Juz berbeda Bu, kalau sisipan Halaman Juz di Akbar 1 di mulai dari Halaman 1, 2, 3, 4, 5…dst.. juz ybs, sedangkan di pola Akbar II sisipan halaman juz nya di mulai dari halaman 6,5,2,4…dst… juz ybs…demikian penjelasan saya bu…kalau HALAMAN AQ nya sama di mulai dari HALAMAN 165 AQ dan di akhiri HALAMAN 471 AL-QURAN….saran saya di cetak dulu dan di lihat perbedaannya kalau AKBAR KHUSUS hampir sama dengan Akbar I, bedanya di halaman 165 AL-Quran Antara Surat At-Taubah 123-129 dengan Surat Yunus 1 – 2 di selipkan surat An-nas, Al Falaq, dan Al-Ikhlas…dan HALAMAN 341 AL-QURAN juga sama antara surat ahzaab 66 – 73 dan Saba 1 – 2, di selipkan/sisipkan Surat Al-Lahab ( 111 ) S/d Al-Qodr ( 97 ) ayat 3 – 5 …sperti itu ibu penjelasan dari kami…terima kasih…wasslam wr.Wb..

      By R21

  9. Ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak,

    Saya telah selesai membuat Pola Sahabat. Tapi bila di check semula, ada satu sebutan dalam ayat saya sebut salah. Apa perlu saya ulangi Pola Sahabat tersebut atau saya boleh teruskan dengan Pola 12. Minta bapak beri nasihat. Saya juga kurang pandai membaca al quran. Terima kasih Pak.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Pola Sahabat itu di baca selama 9 hari ( 5 Hari baca mendatar/baris dan 4 hari membaca menurun/Kolom )…waktu kita tahu dan sadar membaca salah harusnya saat itu yang di ulang mundur 3 ayat terakhir dan di lanjutkan hingga selesai hari itu…jika kita tahu bacanya salah atau kelewatan/kekurangan ( ada yg tidak terbaca ) ya di baca saja halaman non ain juz kita 3 kali…itu saja dari saya

      Wassalam Wr.Wb..

      By R21

  10. ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak,
    Saya ingin bertanya kepada bapak. Saya membaca juz saya tanpa rehat iaitu hari 1,2,3 dan 4. Juga pola sahabat saya dlm masa 2 hari. Juga bila terbatal air sembahyang saya sambung dari ayat terakhir sahaja. Mohon bapak nasihat apa perlu saya ulangi dari awal kerana ‘senior’ yang bimbing saya mengatakan hal ini boleh. Saya kepingin melalui usaha membaca quran ini boleh sembuhkan saya dari penyakit yang doktor beritahu tiada ubatnya. Tolong saya pak. Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Ibu Yang saya Hormati dan senantiasa di rahmati oleh ALLAH SWT…
      Semua Pola bacaan yang kami berikan atau di buat ada perhitungannya dan ada takarannya masing-masing layaknya obat dari dokter yang kita minum ( gak mungkin dong obat untuk 7 hari ibu minum smua atau 2 hari habis ) itu sama halnya dengan Al-Quran dan pola bacaan yang kami buat…Kenapa baca juz kita anjurkan hari 1, 5, 9 dan 13 ( selang 4 hari ), karena ibarat kerangka bangunan pondasi dasarnya itu pasti 4 titik agar bangunan itu bisa berdiri kokoh, begitu juga pola sahabat…semua bacaan itu sudah di tentukan waktu-waktunya, kalau saya belum pernah melakukan hal seperti ibu, ibu sendiri yang bisa menjawab semua ini, bagaimana perasaan ibu, bagaimana kondisi ibu, apa yang ibu rasakan setelah membaca semua itu dengan ketentuan yang ibu buat….ibu harus belajar bersabar ketika mendaptkan penyakit spt sekarang, itu semua cobaan dari ALLAH SWT…ibu ingin cepat terselesaikan masalah ibu tapi semua hal ketentuan yang ada di tabrak, saya takut bukan tambah benar malah jadi berefek kurang bagus buat ibu…ibu hubungi deh bapak Ade Sofyan di 0857-80205099….Terima Kasih…

      Wassalam Wr.Wb…

      By R21

  11. Ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak,

    Boleh bapak terangkan apa fungsi Halaman Non Ain (menormalkan bacaan jika salah baca/salah bacaan pola) . Dalam posisi saya yang baca salah sebutan dan juga baca juz sendiri pada hari 1,2,3 dan 4 juga pola sahabat dalam masa 2 hari adakah boleh membaca Halaman Non Ain atau perlu membaca semula dari awal (baca juz hari 1,5,9,13 seterunya munzil, munzil peribadi dan pola sahabat? Tolong saya ya pak. Moga Allah dapat memulihkan penyakit menerusi bacaan al quran ini. Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb..
      Ibu…Saran saya ikuti saja yang sudah kami tuliskan di Blog ini, jangan membuat hal yang berbeda dalam pelaksanaan ( semua ini ibarat obat takaran dan racikannya sudah di perhitungkan ) saran saya Ulangi dari AWAL saja….Terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb…

      • Ezani berkata:

        Terima kasih Pak,

        Saya akan ulangi dari awal…dan membuat secara perlahan perlahan…moga usaha saya ini dapat memulihkan penyakit yg ada ini.

        Terima kasih di atas pertolongan bapak serta team Darul Qohar di atas bimbingan online ini. Jasa baik dan pertolongan bapak serta team Darul Qohar ini hanya Allah dapat membalasnya.

      • darulqohar berkata:

        Sama-sama Ibu…Mudah-mudahan Banyak Membawa Perubahan buat Masalah Ibu….

      • Yaya nuriyati berkata:

        Asslm.
        Salam kenal bu Ezani…….
        Setelah baca tulisan ibu di ruang ini, sy jd senyum2 sendiri…..
        teringat dulu wkt baru kenal kajian ini, sama seperti ibu menggebugebu semangat45 😀 pola sahabat harusnya dibaca tiap hari , ini malah dibaca tiap ba’da sholat. 2hari lunas 😀
        tp ternyata over dosis . Astaghfirulloohal adziim…….

      • darulqohar berkata:

        Ya bu, memang pengalaman-pengalaman pemula bermacam-macam, tapi tidak berbahaya malah menambah keimanan kita kepada Allah melalui firman-NYA
        Wassalam

  12. ahmad rizky berkata:

    Permisi, saya sangat tertarik dengan metode ini. kalau ingin datang langsung ke tempat pengajian alamatnya dimana ya?

    • darulqohar berkata:

      Silahkan datang ke pengajian kami, kami sangat terbuka kepada siapapun yang ingin mempelajari keilmuan ini…alamat kami di Jalan.Bakti Abri Ujung Rt.02/10 No.57. Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos kota depok…kami ada kelas belajar tiap senin, rabu dan kamis ba’da Ashar..

  13. sitia arafah berkata:

    assalamu’alaikum pa Ustadz, salam kenal, sy dr Purwakarta, sdh lbh kurang 6 th mengikuti pengajian ini dg pembacaan juz dan tadarus 22 hari Insyaallah rutin, tp dulu sy mulai belajar tdk spt ini..bahkan munzil pribadi, akbar baru akan sy baca Insyaallah dimulai dg STEP 1..setelah melihat situs Darul Qohar ini…, WEB ini sangat bermanfaat..dn lbh teratur dan suatu hari sy akan datang silaturahmi ke tmpt bpk…salam buat smua pengurus. Wassalllam

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb..
      Terima kasih telah berkunjung ke Blog Kami…kami hanya berusaha mengajak teman-teman yang telah di buka-kan juznya untuk melaksanakan stepping agar lebih terarah dan bermanfaat bagi pribadi masing-masing….Silahkan datang silaturahmi ke tempat kami…kami sangat senang anda berkunjung ke kelas belajar kami…di tunggu kedatangannya….Terima Kasih….

      Wassalam Wr,Wb…

  14. Ezani berkata:

    Salam Pak,

    Saya sudah email ke mp_darulqohar@yahoo.com atau syahroninur21@gmail.com contoh Pola Akbar II (sumber dari Q3/Qitri) untuk bapak lihat. Mohon bapak beri komen/nasihat. Terima kasih di atas pertolongan bapak ini.

    • darulqohar berkata:

      Terima kasih kiriman Emailnya, dan saya sudah lihat dan cek, ya memang betul yang ibu berikan juga pola Akbar II, tapi untuk Stepping pembacaan kami memakai pola yang seperti kami upload di Blog ini, sama juga dengan Pola Tadarus banyak sekali macamnya sedangkan yang kami upload untuk tadarus stepping, ada juga pola yunus macamnya/versinya juga banyak…intinya pola-pola tersebut harus sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pembaca, pola sihrin versinya dari yang biasa sampai untuk yang sihrin berat sekali juga ada, jadi tergantung kebutuhan saja….Terima KAsih….

      Wassallam Wr.Wb…

      By R21

  15. Ezani berkata:

    Salam Pak,

    Di Kuala Lumpur Malaysia ada wakil yang saya boleh refer untuk ajar? Kalau ada mohon jasa baik untuk berikan contact no ya pak.

    Terima kasih to team Darul Qohar yang sentiasa membantu. Hanya Allah dapat membalas jasa team Darul Qohar. Amin

    • darulqohar berkata:

      Silahkan Ibu Hubungi Nor Azam juz 14 di 012-3225114, beliau mengajar di malaysia, kalau rujukan keilmuan bisa dari sini, karena di sini kita selalu meng explore kedalaman al-quran, jadi banyak hal-hal baru yang kita dapati, baik dari penambahan pola-pola serta revisi beberapa pola yang sudah lama ( pengembangan dari pola bacaan yang lama )…

  16. sitia arafah berkata:

    Jazakallah khairon kastira.., Pa Ustadz, boleh ngga sy minta pola 45 halaman utk saya juz 18 disini? biar STEP 1 selesai, sptnya menjelang STEPPING 2 saya harus kesini, bny yg sy tdk mengerti…al maulhusna itu jg pernah saya tulis….Wassallam

  17. siti arafah berkata:

    terima kasih..Jazakallah…

  18. siti arafah berkata:

    Maaf nanya lg ni pa Ustadz, td hbs tahajud saya baca pola sahabat yg terakhir ( hr ke 9 ), Diantara itu pd hari ke 5 pola sahabat saya sambung baca juz lg (pas seminggu setelah hari ke 13 baca juz),. Apakah dalam STEPPING juz pribadi tetap dibaca sesuai waktunya? ( seminggu) Dan itu telah saya lakukan….Dalam perjalanan STEPPING 1 itu saya batuk trs, tenggorokan gatal banget, udh makan obat sampe antibiotik udh 2 kali resep ngga sembuh jg.Ada yang salah ngga pa Ustadz?. Mohon bimbingannya. trm kasih..

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..
      Terima kasih atas pertanyaan nya Ibu/Bapak..
      stepping Tahap 1 itu rangkaian Pembacaan yang harus di jalani seseorang dalam rangka proses pengenalan diri serta lingkungannya, tahapan yang kami buat mulai dari juz polos s/d pola 45 ( tahap 1 ) mekanismenya sesuai dengan runtutan ibarat sekolah dari tk ( ada nol besar dan nol kecil ) terus SD ada kelas 1 dst…jadi bacaan-bacaanya terus menyesuaikan dengan kemampuan diri ( meningkat ) nah tadi Ibu/bapak sedang menjalankan pola sahabat hari ke 5 terus di sambung dengan pembacaan juz polos/rutin..menurut saya ibu/bapak waktu selesai membaca sahabat hari ke 5 di kasih jeda ( misal 1-2 jam rehat ) baru baca juz polos…atau baca sahabat biasanya pagi hari, juz polosnya malam hari spt itu Ibu/bapak….tapi gak apa-apa di lanjutkan saja….saran saya tadi waktu menjalankan stepping ( tiap hari ) bacaan juznya ya di stop dulu, ketika menginjak pola 12 Ibu/bapak silahkan baca juz polos rutinitas ibu/bapak, dan waktu nya berbeda dengan bacaan di stepping yang di ibu/bapak lakukan jadi jangan di sambung ya….dan waktu baca juz polosnya gak mesti tiap hari yang sama dengan hari terakhir pembacaan juz polos ( hari ke 13 )…umpama waktu baca hari ke 13 jatuh hari kamis, maka jadwal baca juz polosnya jadi tiap kamis juga itu gak mesti Ibu/bapak…
      Jadi Stepping yang ibu lakukan tetap jalan, pembacaan juz polos nya pokoknya 1 minggu 1 kali dengan waktu yang berbeda dgn jadwal stepping, minimal 1-2 jam lah beda baca nya antara stepping dengan baca juz…
      Saran Saya nanti waktu sudah menginjak sampai pola 45 ( akhir stepping tahap 1 ), bacaan mingguan nya ibu rubah ( bukan juz polos lagi )…
      Jadinya Bacaan mingguan menjadi ….1. Minggu Ke satu Baca Juz polos…
      2. Minggu Ke Dua Baca Munzil Besar..
      3. Minggu Ke Tiga Baca Munzil Pribadi..
      4. Minggu Ke Empat Baca Pola 45…
      Nah Itu terus kontinyu Bacaan mingguan tadi Ibu/Bapak…Harinya dan waktunya bebas ( yang penting Tiap Minggu ), semua itu untuk menjaga power Ibu/bapak ( menjaga kedekatan dengan ALLAH melalui Al-Quran )…Umpama nanti Stepping nya selesai sampai dengan tahap Akhir ( Baca Al-Baraah Asmaul Husna ) yang memakan waktu hampir 5 bulan ( tiap hari baca hampir 5 surat ) dan insyAllah dapat bonus dari ALLAH bisa buka Juz orang lain, nah bacaan mingguan tadi terus di baca sepanjang hayat guna menjaga power kita, biasanya kalau gak di baca-baca lagi dalam sekian lama ( 1 -3 Bulan ) kita dah gak bisa lagi untuk membuka juz orang ( gak ada Power )….seperti itu Ibu/bapak…Ya ibarat pemain sepak bola, bertanding gak bertanding dia tetap melakukan latihan/pemanasan tiap harinya dalam rangka untuk menjaga kebugaran tubuh dan skill nya, betul gak Ibu/bapak ?…..kalau selama ini hanya di wajibkan baca juz polos dan tadarus 22 hari, ya itu yang pertama baca juz polos dalam rangkauntuk mengenal diri, dan yg kedua baca tadarus dalam rangka mengenal orang-orang lain di sekitar kita ( juz-juz yg lain ) tapi kita gak bisa mendeteksi “dia” juz berapa.. begitu Ibu/bapak…
      Mengenai batuk dan tenggorokan gatal saya monitor itu hanya masalah cuaca sekarang saja yang lagi kurang baik/bersahabat dengan ibu/bapak…( banyak minum es di cuaca kemarau spt ini ya biasanya munculnya batuk dan sakit tenggorokan )…Itu saja…terima kasih banyak…

      Wassalam Wr.wb..

      Syahroni Noor 21

  19. siti arafah berkata:

    Jazakallah, trm kasih atas semua penjelasan.

    Wassallam wr wb,

    Siti Arafah.

  20. ezani berkata:

    Salam pak,

    Jika saya baca juz pertama (ikut hari 1,5,9,13). Bacaan pola munzil dan pola lain mesti dibaca pada hari ke 14 atau boleh baca pada bila bila masa. Ini kerana kadang2 terhalang (demam, sakit, kerja). Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Yang bagus sih Bu di baca tiap hari ( lihat tabel itu di baca tiap hari ) cari waktu yg pas saja hari itu, bisa pagi, siang, sore atau malam, saya yakin ibu bisa menyempatkan waktu untuk membaca Al-Quran ( stepping ) tsb…InsyAllah di mudahkan…kalau memang tidak kuat ya baca esok harinya saja….terima kasih…

      • ezan berkata:

        Salam Pak, maaf ya. Maksud saya kalau stepping nya tidak ikut hari. Maksudnya bila sihat atau tidak sibuk baru dibuat (Tunggu sihat baru dibuat). Adakah boleh?

        Gi mana juga kalau contohnya haid/kotoran terus terus keluar. Gi mana mau baca quran pak. Setengah ustadz suruh pakai diaper sudah boleh sembahyang. Utk baca quran ini gi mana kalau ada masalah ini.

        Terima kasih pak

      • darulqohar berkata:

        Assalamu’alikum Wr.Wb.
        Boleh Saja Ibu…kalau Masalah haid ya di tunggu sampai haidnya selesai, baru di lanjutkan….makanya di pola tadarus kita memakan waktu 22 hari ( sudah di perhitungkan dengan masa haid wanita ), jadi nanti jika sudah masuk pola tadarus, cari waktunya sehabis kita selesai haid maka langsung baca pola tadarus ( karena tadarus 22 hari tidak boleh putus )…ingat kami sangat melarang jika sedang haid membaca Al-Quran, karena ketika kita membaca Al-Quran energi peredaran darah kita itu berputar dari jantung di pompakan ke seluruh tubuh, makanya waktu haid di larang membaca Al-Quran dari segi medis kita spt itu, waktu haid kan banyak darah kotor, jika kita membaca Al-Quran, maka darah kotor tersebut akan berputar ke seluruh tubuh kita, maka sangat membahayakan orang yang membacanya ( akan bisa timbul penyakit )…spt itu Ibu….Terima Kasih…kalau bicara sibuk ya disempat-sempatkan lah…saya mengelola usaha meubel jati, ngajar metode pengajian ini juga membalas dan mengelola blog ini masih amat sangat sempat membaca Al-Quran, karena jika kami di sini tidak bisa menyempatkan membaca Al-Quran/Pola Bacaan, mungkin kami sudah tidak bisa membuka juz orang lagi mungkin, karena bonus hidayahnya sudah di cabut ALLAH SWT, karena sudah jarang “berkomunikasi” dengan ALLAH melalui Al-Quran….begitu ibu…ingat ya jika sedang haid jangan membaca Al-Quran/pola bacaan apa pun…karena di Islam di larang dan kami menjawab secara medis melalui keilmuan ini spt jawaban di atas….Wassalam

  21. Ezani berkata:

    Salam Pak Ustaz,

    Soalan dari teman yang ingin mengikuti pengajian ini :

    1) Stepping 1 : Boleh dibuat perlahan-lahan 1 pola satu minggu (agak berat bagi mereka untuk membuat setiap hari sampai 29 hari)
    2) Apakah amalan minimum misal dalam sebulan satu kali supaya gak terputus (kerana bagi sesetengah orang agak berat kerana terlalu sibuk)
    3) Jika sudah lama tidak membaca juz polos, pola munzil, pola peribadi & pola 45 misal berbulan-bulan atau bertahun bertahun ditinggal, adakah perlu membuat stepping tahap 1 dari awal (baca juz 4 kali dan seterusnya)? Atau apakah bacaan yang boleh ‘activate’ kembali pengajian ini setelah meninggalkan pengajian ini sekian lama.

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb..
      saya coba jawab pertanyaan ibu Ezani…
      sesungguhnya Al-Quran di turunkan di muka bumi ini adalah sebagai petunjuk buat umat manusia, segala hal permasalahan hidup ( karier, kesehatan, problematika hidup, peningkatan kualitas diri dsb ) semua ada di Al-Quran, kami di darul qohar mengajak siapa saja kepada saudara-saudara se iman untuk saling berbagi dalam keilmuan ini dalam rangka peningakatan kualitas diri kita melalui Al-Quran..mengenai stepping yang kami sarankan/anjurkan dsb merupakan cara kami mendapatkan berbagai macam hidayah hingga kami bisa kenal diri dan bisa saling menolong sesama muslim yang membutuhkan AL-Quran sebagai jalan keluar hidupnya..kami bisa membuka juz orang lain yaa karena perjalanan stepping tersebut, kami bisa mengobati orang lain yaa karena stepping tersebut dsb, masih banyak hal yang lain nya, nah kami ingin saudara-saudara seiman kami juga sama dengan apa yang kami rasakan dan perbuat untuk orang lain, maka nya kami bagi pedoman stepping itu, mengenai waktu kami membuat itu karena untuk hasil yang maksimal, kalau mau di rubah dengan style masing-masing individu ya silahkan saja, sama dengan jika menggunakan Al-Quran Yang lain pun sah-sah saja, tapi kami semua sudah mencoba hasilnya tidak dan kurang maksimal jika menggunakan Al-Quran yang lain….Ibu serta rekan rekan di sana tidak membaca juz pun dan stepping yg kami anjurkan juga Tidak apa-apa…kita membaca Al-Quran adalah sarana kita berkomunikasi secara intens dengan ALLAH SWT, jika kita tidak membaca Al-Quran untuk waktu yang lama, bagaimana keinginan/doa kita bisa di ijabah/ di realisasikan sedangkan kita tidak dekat dengan sang khalik…ingat Perintah Sholat pertama kali turun adalah 50 waktu/kali, sampai akhirnya tinggal 5 waktu yg kita jalani sekarang ini, sisa nya yang 45 adalah baca juz diri kita ( Juz = bernilai 45 ) juz = jim =5 , jay = 11 dan hamzah = 29 total semua 45, itulah uraian dari Juz ….kami jika sudah jarang membaca Al-Quran, baik baca juz maupun pola-pola lainnya, saya jamin pasti dah gak bisa membuka juz orang lain lagi, serta jika kami mengajikan orang lain yang sakit atau punya problematika lain nya pasti hasilnya kurang bagus/tidak sembuh penyakitnya atau tidak terijabah keinginan kita waktu mengaji tadi, itu contoh kongkret Ibu…maaf saya agak lama menjawab blog ini, kenapa? karena saya juga mengurusi suatu perusahaan, tapi saya dan teman-teman masih bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di blog ini, serta mengaji untuk diri dan mengajikan untuk orang lain, karena kami menyediakan waktu untuk itu, ingat “manusia tidak akan pernah punya waktu jika dia tidak menyedikannya sendiri”, berapa jam dalam sehari (24 jam ) kita bisa menonton televisi, sementara untuk membaca Al_quran kita enggan…bicara sibuk, saya termasuk orang yang paling sibuk di team darul Qohar ini, hari hari saya mengurusi perusahaan tmp saya bekerja, sore hari tiap senin, rabu, kamis kita belajar keilmuan ini, belum lagi banyak yang datang tiap harinya ke tmp kami untuk belajar ( tmp belajar kami di mushola perusahaan kami )..pulang ke rumah jam 8 malam, setiap selasa dan jumat saya membahas buku-buku motivasi untuk teman-teman kerja semua selepas pulang kerja jam 4 – 5 sore hingga selesai…jadi semua berpulang kepada ibu sendiri…jadi gak akan kenapa-napa jika ibu dan rekan-rekan di sana tidak mengaji/membaca juz/ stepping dsb, …dan TIDAK ADA pola bacaan untuk meng activate setelah sekian lama kita tidak mengaji metode ini…itu saja dari saya…terima kasih…dan jika di sana banyak yang ingin belajar keilmuan ini lebih dari 10 orang, kami siap mengajarkan di sana sampai benar-benar faham tentang keilmuan ini ( bisa 2 s/d 3 minggu ) , yang penting di sana kami ada tempat buat menginap serta ada akomoasi kami kesana, ini nomor telpon Tutor pengajian kami : 0857-14346747 ( Pak Khairul/irul ) yg pernah beberapa kali ke sana ( terakhir di undang suami siti nurhalizah dalam rangka persiapan pernikahan mereka berdua )…itu saja Ibu Ezani jawaban dari saya…terima kasih….

      Wassalam Wr.Wb…

      Syahroni Noor 21

      • Ezani berkata:

        Salam Pak Roni,

        Terima kasih di atas penerangan. Saya sebelum ini tidak dapat membuat stepping ikut hari kerana sakit bukan suka suka. Kali ini sudah masuk 3 kali insyallah sudah sihat mampu buat stepping setiap hari (ikut nasihat bapak).

        Saya ingin sihat kembali jadi saya sanggup tinggal hal lain untuk membuat stepping membaca quran.

        Maaf ya pak, soalan itu bukan saya tanya pak tapi teman teman lain. Jadi bila mereka tanya, saya gak dapat memberi penerangan. Saya ikut saja jadual yang bapak beri. Gak berani tabrak kerana takut efek kurang bagus dan saya kepingin sihat semula.

        Lagi satu pak, kalau sudah complete stepping 1 bacaan minggu keempat kalau bagi saya (doktor kata tiada ubat) mau baca yang sakit atau yang sihat?

        Terima kasih pak

      • darulqohar berkata:

        Assalamu’alaikum Wr.Wb..
        Sama sama Ibu Ezani, mudah-mudahan teman-teman juga mengerti, kami membuat keilmuan ini bukan untuk mempersulit tapi kami menginginkan hasil yang maksimal buat teman-teman semua yang ingin melaksanakan stepping, kami berbagi seperti stepping yg harus di jalani ini, sudah berbagai macam hal yang kami jalani, dan yg kami buat stepping di atas adalah yang terbaik tata cara nya..dulu Al-Quran kami yang lama ( Al-Quran yg umum masih menggunakan huruf Yaa bertitik 2 di bawahnya, perbedaan di mulai dari surah 2 ayat 18 ) waktu kami gunakan berbeda sekali rasanya dengan AL-Quran yang sekarang kami miliki ( Yaa tidak bertitik 2 ) spt itulah pengalaman kami, alhamdulillah sekarang Al-Quran yg ada di kami sudah, insyAllah Al-Quran yang benar sesuai dengan kajian ini…
        Jika sudah complete stepping 1 ( sampai pola 45 ), alhamdulillah nantinya ibu sudah bisa membaca/menggunakan pola-pola yang ada di keilmuan kita, karena basicnya sudah kuat, nah untuk menjaga “power” maka saya sarankan di jaga terus ” power” nya dengan membaca pola mingguan spt yg saya sarankan…kalau untuk minggu ke empat ( Pola 45 ) baca saja yang 45 sehat, kalau ibu lagi drop/sakit baca yang pola 45 sakit, tidak mesti minggu ke empat ya bu, kapan ibu sakit/tidak enak badan ya baca saja yang pola 45 sakit…itu saja dari saya…

        Wassallam Wr.Wb..

        Syahroni Noor 21

  22. Ezani berkata:

    Maaf pak, maksud saya itu pola 45 halaman setiap bulan minggu keempat. Kalau yang sentiasa sihat itu dibaca yang sihat. Bagi saya doktor kata tidak boleh sembuh, baca yang sihat atau sakit di setiap bulan?

    Oh ya, saya guna quran 18 baris.

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Bacaan mingguan ( Minggu Ke 1 s/d Ke 4 ) adalah bacaan rutin untuk menjaga “power” kita setelah menyelesaikan Stepping tahap 1, jika ibu sedang sehat-sehat saja gunakan pola 45 sehat, jika ibu sedang kurang sehat/datang penyakitnya kapan pun waktunya/ All time gunakan pola 45 sakit..paham ya bu…Terima kasih..

      • Ezani berkata:

        Salam Pak Ustaz,

        Terima kasih. Kini saya mengerti dan saya akan buat ikut stepping setiap hari. sehingga sampai pola 45 halaman. Kemudian saya akan buat amalan setiap minggu untuk menjaga diri.

        Terima kasih di atas nasihat, penjelasan serta bimbingan team Darul Qohar.

      • darulqohar berkata:

        Assalamu’alaikum Wr. Wb..
        Sama-sama Ibu…Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menyelesaikan persoalan Ibu selama ini…

        Wassalam Wr.Wb

        Syahroni Noor 21

  23. Ezani berkata:

    Salam Pak Ustaz,

    Mohon bimbingan cara baca Pola Akbar Khusus halaman AQ 165 (bersama selipan surah) juga 341 (bersama selipan surah). Gi mana cara untuk baca pak ustaz? Adakah baca Hal AQ 165 (complete satu halaman) selepas itu surah 9 -> 114 -> 113 -> 112 -> 10. Bagi Hal AQ 341 (sampai habis/complete satu halaman) kemudian baca surah 33 -> 111 -> 97 -> 34.

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..

      Di Tabel Pola Akbar Khusus Halaman AQ 165 cara baca/jadinya seperti yang tertera di sampingnya : Di halaman 165 Khan ada Surat 9 Ayat 123 – 129 nah sebelum masuk ke surat Ke 10 baca selipan surah 114 – 113 – 112 setelah itu lanjut ke Surah 10 ayat 1 – 2….
      Untuk Halaman 341 juga sama , baca surah 33 ayat 66 – 73 di sisipkan surah 111 – 110 – 109 – 108 – 107 – 106 – 105 – 104 – 103 – 102 – 101 – 100 – 99 – 98 – 97 ayat 3 s/d 5 saja dan di lanjut surat 34 ayat 1 – 2, jadi kalau ada istilah selipan berarti di halaman tsb ada pergantian surah, nah selipan surah itu di antara ke dua surat-surat tsb….ingat surah ke 97 HANYA AYAT 3 S/D 5 SAJA LOH…Paham ya…di tabel jelas cara baca di sampingnya ( tanda panah ) dan di ketrangan baca juga di jelaskan tata caranya….

      Wassalam

      By R21

      Wassalam Wr.Wb..

      • Ezani berkata:

        Assalamualaikum Pak Ustaz,

        Terima kasih atas bimbingan. Kalau saya tidak tanya tentu salah bacaan pola saya itu nanti. Terima kasih sekali lagi

      • darulqohar berkata:

        Wa’alaikum salam Wr.Wb..
        Ya Betul sekali ibu Ezani, kalau salah baca repot nantinya, tapi untuk menetralisir salah baca, ibu bisa baca halaman Non ain ibu 6 kali, atau kalau urgent baca ayat pertama juz ibu kemudian ayat tengah dan ayat terakhir juz ibu…terima kasih

        Wassalam Wr.Wb

        By R21

  24. Ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak Ustaz,

    Saya perlu penjelasan bagi persoalan berikut. Mohon bimbingan serta jawaban :-

    1) Upacara makan/kenduri (tahlil) ada bacaan Yasin serta zikir. Kalau udah selesai stepping I (amalan mingguan baca juz, munzil, munzil peribadi, pola 45) atau sedang membuat stepping tahap II (makan masa yg lama) adakah kita boleh membaca surah yasin & zikir itu (semasa kenduri/makan). Saya khuatir perubatan diri dengan stepping bercampur campur.
    Kalau semua orang baca dan saya seorang yang gak baca ya tentu ganjil (weird) gitu loh. Tapi kalau menggangu stepping atau bacaan mingguan ya gak apa apa lah.

    2) Kalau siang hari belajar baca quran (membaca quran mengikut turutan juz 1 dst) dan malam hari membuat amalan mingguan/stepping, adakah boleh? Ini juga saya khuatir perubatan diri dengan stepping bercampur campur.

    Mohon reply sama ada boleh atau tidak ya Pak Ustaz. Kalau boleh gi mana caranya (contohnya habis tadarus/ habis penulisan)?

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb..
      Terima kasih atas pertanyaan nya Ibu…
      1. Di Kajian kelimuan ini tidak mengenal tahilan/yasinan spt yg selama ini banyak ada di masyarakat umum, memang agak susah menghindar dari hal itu semua, saran saya ibu baca aja ayat tengah ibu sbg pengganti dzikir waktu ikut acara spt itu, karena harusnya amalan-amalan yg lama harus sudah di tinggal kan, saya juga dulu sama spt kasus ibu, ya saya berusaha menghindar atau sama komat-kamit tapi yg saya baca ayat tengah/langkah besar yg saya ulang ulang…jika terpaksa, sehabis tahlilan ibu baca halaman non ain ibu 6 kali…tapi sebisa mungkin jangan bercampur dgn bacaan-bacaan tahlilan tadi, biasanya energi nya kurang bagus ibu…
      2.tidak apa-apa ibu…selama kita mengikuti stepping ( entah tadarus/penulisan ) di waktu yg lain ( tidak bersamaan ) kita baca pola-pola bacaan yang lain tidak apa-apa…saya dulu waktu lagi stepping menulis, ya sering baca pola-pola yang saya inginkan waktu itu atau ingin membaca pola baca mingguan itu gak apa-apa ibu…yang penting bukan bacaan dari keilmuan ini ( Tahlilan/yasinan dll )..

      Itu saja dari saya ibu…Terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb,,

      Syahroni Nur 21
      2.

      • Ezani berkata:

        Salam Pak,

        Terima kasih atas penjelasan. Sekarang saya benar benar jelas. Ya kalau gak tanya nanti gak tau saya.

        Terima kasih ya pak

  25. Ezani berkata:

    Salam Pak,

    Perlu sediki lagi penjelasan bagi menetralasir kalau salah baca.

    1. Halaman non ain dibaca saat selesai habis membaca pola (kalau salah baca) atau perlu tunggu 1-2 jam
    2. Kalau semasa urgent ayat pertama, ayat tengah, ayat akhir juz dibaca saat selesai (kalau salah baca) atau ditunggu 1-2 jam.
    3. Selepas selesai perkara urgent (selesai baca ayat pertama, ayat tengah, ayat akhir juz) perlu baca lagi halaman non ain (pada hari itu juga)?

    Maaf ya pak, saya benar benar ingin belajar juga perlukan info dan bimbingan dari team DQ.

    Terima kasih

  26. Ezani berkata:

    Salam Pak,

    Ini hal Pola Akbar Khusus saya tidak sengaja baca ayat Al Qadr (1-5). Saya tidak sengaja membaca ayat Al Qadr (1-5).

    Maka saya ulangi baca 3 ayat terakhir Surah 98 Al Bayinnah (7,8 dan 9) seterusnya sekali lagi baca Al Qadr (3,4,5).

    Setelah selesai Pola Akbar Khusus saya terus baca Non Ain (page 5 – juz 23 – 6 kali). Bacaan Non Ain sekali duduk dengan Pola Akbar Khusus (tidak tunggu) . Apa betul cara ini pak? Mohon komentar serta tunjuk ajar.

    Mohon reply urgent kerana saya esok hari akan terus membuat Pola Akbar II dan esoknya lagi Pola Halaman 45.

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..

      Saya minta maaf baru di balas ibu, karena saya hampir 1 bulan dinas di luar kota dan tidak memegang web sejak saat itu ( tidak berhubungan dengan Internet ), memang tugas itu saya serahkan ke teman-teman lain, tapi ternyata banyak yang belum di balas, sekali lagi saya mohon maaf….Alhamdulillah sekarang saya telah kembali…
      Mengenai pertanyaan Ibu , jawaban saya Tidak apa-apa, karena tujuan Non ain itu untuk menetralisir bacaan/pola baca yang tadi salah, dan di baca setelah kita membaca pola yang bersangkutan ( di lanjut atau sekali duduk )…Itu saja dari saya Ibu..sekali lagi saya minta maaf baru membalas sekarang….Terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb..

      By Syahroni Noor21

  27. sugeng berkata:

    Assalamualaikum Pak Ustaz,

    Saya Mohon bimbingan serta jawaban :-

    saya Juz-nya berapa ?

    namanya saya Sugeng. alamat karangjati ungaran. kelahiran 6 agustus 1968. mohon petunjuknya . untuk dapat diamalkan .

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb.
      Terima kasih telah berkunjung ke blog kami…
      Saya minta maaf baru di balas Bpk, karena saya hampir 1 bulan dinas di luar kota dan tidak memegang web sejak saat itu ( tidak berhubungan dengan Internet ), memang tugas itu saya serahkan ke teman-teman lain, tapi ternyata banyak yang belum di balas, sekali lagi saya mohon maaf….Alhamdulillah sekarang saya telah kembali…
      Setelah kami Monitor dan mohon petunjuka ALLAH SWT, insyAllah bapak Juz 13…Kami Mohon di Catat dan di ingat juz nya serta langsung di baca juz diri nya di Al-Quran Mushaf Utsmany Format 18 baris…mudah-mudahan banyak manfaat yang di dapat buat bapak…Terima kasih…

      Wassallam Wr.Wb..

      By R21

  28. Ezani berkata:

    Assalamualaikum Pak,

    Saya telah selesai membuat Pola 45 Halaman.

    Di Pola Akbar II, selesai sahaja ayat terakhir (selesai/habis baca semua Pola Akbar II), saya terus ucap ya Allah syukur (dalam hati, bukan bercakap-cakap). Selepas itu saya rasa ragu-ragu lalu ulang 3 ayat terakhir itu.

    Selepas itu saya terus ke kamar kecil, ambil wudhu dan terus baca Non Ain (takut apa-apa salah).

    Gi mana ya pak? Saya sekarang telah selesai Pola 45.

    Apa perlu saya ulang Pola Akbar Khusus, Pola Akbar II dan Pola 45 Halaman? Atau saya boleh berhajat untuk membuat stepping seterusnya?

    Ya sambil menunggu jawapan/reply pihak DQ saya akan membuat amalan mingguan insyaallah.

    Terima kasih di atas segala kerjasama dan prihatin pihak DQ dalam menjawab semua pertanyaan.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Terima kasih atas pertanyaan nya Ibu Ezani..
      Saya minta maaf baru di balas ya bu, karena saya hampir 1 bulan dinas di luar kota dan tidak memegang web sejak saat itu ( tidak berhubungan dengan Internet ), memang tugas itu saya serahkan ke teman-teman lain, tapi ternyata banyak yang belum di balas, sekali lagi saya mohon maaf….Alhamdulillah sekarang saya telah kembali…

      Mengenai pertanyaan Ibu di atas, itu tidak apa-apa, karena wujud senangnya kita telah menyelesaikan stepping tahap 1…sekali lagi saya katakan Tidak apa-apa…gak usah di ulangi bacaan yang td ibu sebutkan di atas…lanjut aja ke tahap 2, atau mau rehat dulu juga gak apa-apa…sementara baca aja pola baca mingguan seperti yang saya beritaukan dulu…itu saja ibu…Bagaimana perkembangan perasaan ibu setelah mengaji sampai pola 45 ?….

      Terima kasih..

      Wassalam Wr.Wb..

      Syahroni Noor21

      • Ezani berkata:

        Alhamdullillah Pak Rony sudah balas pertanyaan saya. Sekarang saya sudah faham. Saya juga buat amalan mingguan, hijab hijib (tanggal lahir) sementara menunggu balasan komentar dari bapak.

        Alhamdullillah banyak perubahan (diri lebih banyak energi berbanding dahulu). Ya saya akan lanjutkan ke stepping 2 jika diizinkan Allah. Amin

        Terima kasih kerana sudi meluangkan masa.

      • darulqohar berkata:

        Assalamu’alaikum Wr.Wb..

        Terima kasih Ibu Ezani….

        1. Ibu Ezani = Hijab = Qs.88 dan Hijib = Qs.16..
        2. Orang Tua = Hijab = Qs.84 dan Hijib = Qs.48.
        3. Suami = Hijab = Qs.79 dan Hijib Qs = 97…

        Itu Hijab Hijib ibu dan Keluarga…

        Terima kasih…

        Wassalam Wr.Wb.

        By Syahroni Noor21

  29. hary berkata:

    Assalamualaikum pak Roni,
    Saya baru saja mulai baca2 mengenai pola baca Quran Darul Qohar dan sanagt tertarik untuk memulai mengamalaknnya. Hari lahir saya 1 Sep 1958. Berapakah Juz saya. Terima kasih.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Terima kasih atas kunjungannya ke blog kami..
      Saya minta maaf baru di balas , karena saya hampir 1 bulan dinas di luar kota dan tidak memegang web sejak saat itu ( tidak berhubungan dengan Internet ), memang tugas itu saya serahkan ke teman-teman lain, tapi ternyata banyak yang belum di balas, sekali lagi saya mohon maaf….Alhamdulillah sekarang saya telah kembali..
      Setelah kami Monitor dan Mohon Petunjuk ALLAH SWT, Bapak Hary, insyAllah Juz 28…kami Mohon di catat dan di ingat juz nya serta langsung di baca juz nya di Al-Quran Mushaf Utsmany Format 18 baris…mudah-mudahan bapak di mudah-kan dalam rangka proses KENAL DIRI utuk lebih Mengenal ALLAH, serta potensi diri bapak lebih muncul/tampak serta segala kekurangan diri bisa di minimalisir…itu saja dari saya…terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb..

      By Syahroni Noor21

  30. Ezani berkata:

    Salam Pak,

    Perlu sediki lagi penjelasan bagi menetralasir kalau salah baca.

    1. Halaman non ain dibaca saat selesai habis membaca pola (kalau salah baca) atau perlu tunggu 1-2 jam
    2. Kalau semasa urgent ayat pertama, ayat tengah, ayat akhir juz dibaca saat selesai (kalau salah baca) atau ditunggu 1-2 jam.
    3. Selepas selesai perkara urgent (selesai baca ayat pertama, ayat tengah, ayat akhir juz) perlu baca lagi halaman non ain (pada hari itu juga)?

    Maaf ya pak, saya benar benar ingin belajar juga perlukan info dan bimbingan dari team DQ.

    Terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..

      Terima kasih Atas Pertanyaan nya…

      Langsung di baca setelah kita selesai membaca suatu Pola Bacaan Bu ( ya selisih 5 – 10 menit gak apa-apa )..
      kalau Urgent betul sekali ibu, baca saja ayat Awal, ayat tengah, dan ayat akhir juz kita dan gak perlu lagi baca halaman non ain….waktunya sama bu, langsung atau selisih 5 – 10 menit gak apa-apa…Itu saja dari saya…

      Wassalam Wr.Wb..

      By Syahroni Noor21

      • Ezani berkata:

        Alhamdullillah Pak Rony,

        Saya amat jelas sekali sekarang ini. Ya ada rakan yang tanya hal ini. Saya juga ingin tahu.

        Alhamdullillah syukur ada Pak Rony serta Darul Qohar yang selalu membantu saya.

        Banyak perubahan pada saya setelah mengamalkan membaca Quran ini. Semuanya dengan izin Allah.

        Terima kasih dan salam saya kepada semua team DQ

      • darulqohar berkata:

        Alhamdulillah semoga Bermanfaat Buat Ibu dan Keluarga…

  31. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’alaikum W W , Alhamdulillahi robbil ‘alamin puji syukur saya haturkan kehadirat Allah SWT yang memberikan karunia kesehatan kepada kita bersama Amiin . Ada yang mengganjal dalam hati hingga pampai bertanya : bagaimana cara membaca pola bacaan yang bersamaan hari membaca juz yang 1 x 7 hari . Sebagai pemberitahuan dari saya , saya punya 2 kartu HP yang satu kartu Axis xang dipakai khusus untuk Internet dan Facebook dan satu lagi kartu As no. 085271920230 adalah untuk Keluarga dan Umum dengan 1 HP NOKIA X2-00. Sampai disini dulu kalau ada nanti disambung lagi terima kasih . Wassalam W W.

    • darulqohar berkata:

      Waalaikum salaam W.W.Saudara Hendri yang baik, saudara boleh dan bisa membaca juz dan pola bacaan yang lain pada hari yang sama. Anda tinggal mengatur waktunya saja. Anda juz berapa ( untuk saya catat).Anda juga bisa bertanya via sms ke 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar) Wassalam
      AH 29

      • Hendri yaldi berkata:

        Assalamu’alaikum W W, Saya telah dibukakan juz yaitu juz 19 ,dan untuk bapak ustadz ketahui saya pedagang kecil di pasar baru pangkalan kerinci jadi siang hari saya ada dipasar jadi saya punya luang waktu malam hari untuk membca Al_qur’an . Disini saya mau bertanya hari lahir saya hari Minggu menurut kalender abadi yang saya jumpa ,mana bagus membaca juz diwaktu malam Minggu atau Minggu malam ? Sekian dulu terima kasih . Wassalam W W .

      • darulqohar berkata:

        Saudara Hendri yang baik, semua waktu adalah baik jadi sdr hanya mengatur waktunya saja.Apakah sdr hendri sudah punya Alqur’an yang tepat untuk belajar keilmuan ini. Perlu sdrketahui kami menyediakan Alqur’an dan buku2 untuk belajar keilmuan ini dari tingkat dasar sampai ketingkat yang lebih tinggi. Sdr dapat menghubungi kami di
        081267541450 atau 087875684813 (Anwar) Kalau boleh kirim juga no Hp Sdr untuk komunikasi yang lebih lancar dan efektif
        Anwar Hamzah

    • darulqohar berkata:

      Maaf saya sudah dapatkan no Hp sdr
      AH 29

  32. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’laikum W W ,
    Malam tadi pelaksanaan stepping baca juz 1 x malam tadi Wassalam W W .

  33. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’alaikum W W , Tetangga sebelah kampung dipangkalan kerinci berduka (RUMAH TERBAKAR ) baca juz kedua malam tadi . Wassalam W w .

  34. brio berkata:

    sepertinya saya kesulitan melaksanakan steping 1 ini walaupun sdah ada tabelnya. kalau intruktur yang bisa dihubungin di bandung dimana pak alamatnya atau mesti kesiapa?

  35. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’alaikum W W, Pelaksanbn stepping baca juz yang ke-3 malam tadi. Wassalam

  36. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’alaikum W W , Alhamdulillahi robbil ‘alamiin sudah 4x baca juz selama 13 hari. Kepada bapak ustadz tolong buatkan tabel pola 45 untuk juz 19 sebelumnya terima kasih. Wassalam WW.

    • darulqohar berkata:

      Sdr Hendri yang baik, anda belum lagi memerlukan pola 45 karena belum waktunya anda membacanya.Saran kami anda langsung masuk ke tadarus,( membaca juz 1 s/d juz 30) selama 30 hari.
      Alasan langsung masuk ke Tadarus ialah memasukkan ayat-ayat kedalam tubuh kita secara keseluruhan (di download) hingga kalau kita memerlukan ayat tertentu sudah ada terprogram dalam diri kita.Semoga dapat mengambil manfaat Alqur’an secara sempurna….
      Anwar 29

      • Hendri yaldi berkata:

        Assalamu’alaikum W W , Dalam tabel Stepping secara jelas dipaparkan untuk pemula yang dibukakan juz , apakah tahapan dalam tabel stepping bisa dibaca kapan saja bila waktu luang atau bagaimana ? Tollong bapak ustadz Anwar jelaskan terima kasih. Wassalam W W. Hendri yaldi

      • darulqohar berkata:

        Sdr Hendri,tahapan stepping dapat dibaca kapan saja “pada hari itu”, maksudnya apabila sdr mau memulai pada hari Kamis, maka pada hari itu jam berapa saja sdr boleh membacanya. Tapi jangan lupa dengan waktu pembacaan tahap I ,II,III, dan IV,yaitu hari ke 1, 5, 9, dan ke 13.Pada hari ke 15, secara berurutan sdr membaca Munzil besar(hari 15),Munzil pribadi( hari 16), dan seterusnya sampai hari ke 29 ( pola 45 sehat). Asal pada hari tsb, jam berapapun anda boleh membacanya.Semoga anda faham dengan keterangan saya ( sudah punya qur’an yang tepat, buku2 keilmuan ini?)
        Wassalam Anwar

      • Hendri yaldi berkata:

        Assalamu’alaikum W W , Saya sudah punya Al_qur’an dengan format 18 baris pada setiap halaman dan 16 halaman pada setiap juz atau sesuai dengan Tabloid Islami Khalifah tahun 2005 xang saya beli. Al_qur’an xang saya punya adalah Al_qur’an yang banyak dijual di toko buku . Wassalam W W.

      • darulqohar berkata:

        Saudara Hendri, coba perhatikan halaman 2 da 3 pada Alqur,an yang sdr punya. Apakah “Basmalah” nya termasuk ayat 1 Alfatihah ? Kalau “ya” sebaiknya sdr tukar dengan yang tepat,( basmalah bukan ayat 1 Alfatihah). Coba anda buka lagi Web Darul Qohar untuk melihat perbedaan2nya dengan Alqur<an yang anda beli di toko kitab itu.saya hanya ingin anda mendapatkan keilmuan ini dengan sebaik dan setepat mungkin. Anda sulit mencari, kami punya Alqur'an yg seperti itu..Sekali lagi "Ketepatan"lah yang dituntut dalam belajar keilmuan ini.
        Anwar

  37. Hendri yaldi berkata:

    Assalamu’alaikum W W , Alhamdulillahi Robbil ‘alamin dua malam baca pola Munzil dan pola Munzil Pribadi . Saya minta maaf karena layanan kartu Axis sudah berganti , karena itu saya tidak bisa menghubungi bapak ustadz melalui media ini ( internet ). Wassalam W W.

  38. Imam berkata:

    Assalammuallaikum wr wb.
    Insyaallah saya juz 16.
    Saya masih mengeja membaca Al Quran, dalam 1juz bisa ditempuh lebih dari 1,5 jam, itu juga mungkin banyak salah dalam membacanya. Kadang2 badan merasa kaku, panas dan cape, padahal baru 1x balikan juz.
    Dalam stepping 1 ada catatan cara pembacaan juz dilakukan 4 hari sekali.
    Saya ingin menanyakan dalam membaca juz berapa kali balikan?
    Mohon ustad kirimkan cara membaca juz ke email saya : asep_safary@yahoo.co.id sebab yang ada disini disecen. Trimakasih
    wasalam

    • darulqohar berkata:

      Sdr Asep yang baik, keinginan dan semangat anda akan membuat anda cepat bisa dan lancar membaca Al Qur’an, karena Al Qur’an itu sendiri yang memberi energi, motivasi dan semangat kepada kita kalau kita sudah selaras denganya.Baiklah akan saya coba kirimkan cara2 baca tahapan baca Al Qur’an bagi para pemula.
      Wassaalam
      Anwar

  39. jaka berkata:

    Saya kenal ilmu ini lewat tabloid khalifah namun sekarang isinya berbeda. Tidak lagi seperti dulu. Kenapa pa?

  40. Ferdhie Widya Putra berkata:

    Saya masih blm begitu paham dgn ayat tengah Pak..
    Ayat tengah haraam,juz dan asmaul husna apakah ketika dibuat wirid atau ketika terdesak dibaca dengan urutan dari “haraam-juz-asmaul husna”??

    • darulqohar berkata:

      Sdr Ferdhie yang baik, sebaiknya ayat tengah dibaca dalam keadaan apapun, dimana saja dan kapan saja.Banyak sekali manfaat dan kegunaan ayat tengah ini, nantinya anda akan faham sendiri seiring dengan bertambah fahamnya anda dengan keilmuan ini.
      Anwar

      • darulqohar berkata:

        SEbaiknya anda hubungi 081267541450 atau 087875684813 via sms, karena ada beberapa hal yang sangat mendasar yang harus saya sampaikan sebelum juz anda dibuka.
        Wassalam
        Anwar

  41. Ferdhie Widya Putra berkata:

    Dan apakah ada penjelasan tentang mksd dari nama ayat tengah haraam,ayat tengah juz dan ayat tengah asmaul husna??Apa makna’nya?
    Wassalam

  42. Ferdhie Widya Putra berkata:

    Terima kasih penjelasannya Pak Anwar,smoga Pak Anwar sekeluarga snantiasa sehat dan diberkati Allah SWT…

  43. Ferdhie Widya Putra berkata:

    Saya sudah menyelesaikan tahapan pertama baca juz 4x selama 13 hari.Lalu di form kontrol jadwal stepping’nya bukan ke tahap baca pola munzil tapi tadarus polos 30 hari.Tapi di penjelasan tata caranya setelah tahapan baca juz 4x berlanjut ke pola munzil.Mohon keterangannya Pak,yg benar yg bagaimana?Apakah saya hrs tadarus polos 30 juz ataukah baca pola munzil?
    Terima kasih,Wassalam..

    • darulqohar berkata:

      Benar, setelah selesai baca juz 4x, kita langsung melakukan tadarus selama 30 hari. Momennya bertepatan dengan Ramadhan sekaligus mendowload seluruh ayat-ayat Al Qur’an kdalam Ruh Kita.
      Wassalam
      Anwar

  44. Yaya nuriyati berkata:

    Jadi untuk bantu ngajikan org lain minimal dah stepping 1. Klo dah pernah stepping tp lama tdk ngaji berarti hrs stepping awal lg ya?
    Klo untuk terapi diri sendiri tetap nunggu sampai pola 45 ? Padahal darurat sakitnya saat ini gmn?
    Tetap ga bs langsung baca pola ?

    • darulqohar berkata:

      Bisa bu, ibu bisa langsung baca pola walau ibu mau mengulang stepping. Keterangan tidak boleh mengajikan orang lain itu hanya untuk orang yang baru belajar
      Wassalam
      Anwar

  45. Ain berkata:

    Assalamualaikum…
    Jika sudah selesai stepping 1..apakah yg seseorng itu akan rasa/alami

    • darulqohar berkata:

      Yang dirasakan lain orang akan berlainan, misalnya lebih tenang, sehat, bahagia dan lain sebagainya. Tapi usahakan kalau kita membaca Al Qur’an Tanpa”muatan”, atau keinginan tertentu yang pada akhirnya kita tidak dapatkan. Bacalah dengan “lepas” tanpa beban, Allah lebih tahu apa yang anda inginkan.
      Wassalam
      Anwar

  46. ngkung berkata:

    Ass.Wr.Wb kalau untuk juz 12 bagaimana pola-polanya

    • darulqohar berkata:

      Kalau anda ingin tau pola-polanya anda bisa beli Al Quran dan buku panduannya, kami akan sertakan pola-polanya agar anda bisa langsung mengamalkannya. Untuk itu anda bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  47. rio berkata:

    ass,wr,wb.,
    mohon maaf saya baru aj sampe disitus ini,,
    setelah membaca,saya lahir tgl 19 feb 1984 dan pacar saya 20 agustus 1983
    mohon petunjuk juz kami berdua apa,,karna saya tidak tau mau tanya siapa…

    • darulqohar berkata:

      Sdr Rio, sebagai syarat untuk dibukakan juznya adalah: anda harus membeli Al Qur’an dan buku panduan belajar dari Darul Qohar, mau..?
      Jika anda bersungguh-sungguh, anda bisa hubungi Pak Anwar Hamzah di 081267541450 atau 087875684813.
      Wassalam
      Anwar

  48. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Pak Ustad, Saya relatif baru dalam mengenal kazian ini,
    saya sudah punya Al-Qur’an baru beli beberapa hari yg lalu, dan saya udah dibukakan Juzm yaitu Juz 13, mohon bimbingan awal saya untuk melakukan amalan ini.. mohon dibantu mencarikan ayat tengah untuk Juz 13 ini, dan Pola baca yg mana yg terbaik buat saya utk tahap awal ini , Nama lengkap saya Syaikhu Akramuddin, Lahir Bulan Juli.

    • darulqohar berkata:

      Selamat datang sdr Syaikhu, untuk memastikan bahwa Al Qur’an yang anda beli itu sesuai dengan format yang dianjurkan, anda saya minta hubungi 081319315472 atau 087781153648 (pak Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  49. hadi berkata:

    assalamu’alaikum wrwb
    pak kalau dalammembaca ada bacaan yang keliru saya harus bagaimana??apakah saya baca mulai dari awal lagi atau di teruskan aja ke bacaan yang bener,mohon bantuanya
    wasamu’alaikum wrwb

    • darulqohar berkata:

      Bisa di hapus dengan membaca halaman non Ain 6x atau baca surat 46 dan 64
      Wassalam
      Anwar

      • hadi berkata:

        maaf pak anwar,saya membacasurat 46 dsan 64 nya di akir setelah saya selesai baca semua pola atau ketika pas salah??kalau di akir baca pola apakah ketika saya tau kalau salah langsung saja saya lanjutkan dengan membaca pola yang bener???mohon bantuannya

      • darulqohar berkata:

        Jika anda tau bahwa anda membaca/melakukan kesalahan baca, dan anda ingin menghapusnya, anda baca surat 46 dan 64. Ketika anda cepat tahu bahwa anda salah baca, anda ubah bacaan anda kepada yang benar, itupun boleh, karena anda sedang melakukan pembacaan. Jika anda merasa pusing, atau merasakan perasaan yang aneh dan tidak menyenangkan setelah membaca suatu bacaan, anda curiga bahwa bacaan anda salah, bacalah surat46 dan 64 atau halaman non ‘Ain sebanyak 6 kali untuk menghapusnya.
        Wassalam
        Anwar

  50. ida berkata:

    pak anwar, sy mau tanya tentang : doa pembuka dan penutup. dibacaan apa saja yg harus pakai doa itu. kalau kita baca pola pola pendek jg hrs pk doa pembuka> t.kasih ida

  51. gumi berkata:

    bisa dikirim file pola juz 16 pak? biar saya bisa cetak dengan jelas.. terimakasih !

  52. wahyu tri purnawan berkata:

    assalamualaikum wr wb
    pak ustad, saya tertarik untuk dengan pelajaran darul qohar dan ingin mengamalkan, serta ingin tau juz saya. lahir 31 maret 1978 tinggal di lebak bulus. maturnuwun.

    • darulqohar berkata:

      Sdr Wahyu, apakah anda sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini? Sebagai syarat untuk dibukakan juznya dan belajar serta konsultasi, anda harus membeli Al Qur’an dan buku panduan belajarnya dari Darul Qohar, mau?
      Bila anda berminat, anda bisa hubungi 0813-1931-5472 atau 0877-8115-3648
      Wassalam
      Anwar

  53. umar said berkata:

    ass, pa ustad bolehkah sy mengulang steping tahap 1 di rumah ? pa ustad apa sama munzil besar dng munzil di steping thp 1 soalnya sy dpt waktu terapi di rumah Mamah di bukit duri th 2004 di sampulnya tertulis Munzil besar. pa ustad apa ada maknanya waktu kita membaca munzil pribadi sy mencium aroma daun sirih sedangkan setahu sy daun sirih mengandung zat anti biotik ? sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Sdr Umar Said, baik sekali bila anda mau mengulangi stepping anda. MUnzil yang anda lihat di web sama dengan munzil yang anda kenal. Beda Munzil besar dengan Munzil pribadi adalah sisipannya.
      Wassalam
      Anwar

  54. wawan ridwan berkata:

    Assalamu alaikum w.w.
    alhamddulillah saya telah dibukakan juznya, dan sudah saya mulai malam jumat ini, namun sebelum lanjut dan terlanjur, apakah kegiatan saya sehari hari ini akan menjadi halangan atau tidak pada program pembacaan juz saya, mohon penjelasannya lebih lanjut. Adapun kegiatan saya sehari hari adalah sbb : 1). tiap malam jum’at dirumah ada pengajian Al-Quran satu tamatan dibaca oleh remaja laki2 +/- 30 orang (satu orang satu Juz). 2). Tiap hari Jum’at (selepas solat asar) saya punya kewajiban untuk mengajar ngaji ibu ibu dimesjid (hadir rata2 +/- 40 orang. 3).Tiap malam Saptu dirumah diadakan pengajian Al-Quran tamat oleh +/- 30 orang (tiap orang kebagian satu juz). 4). Kegiatan yang lebih pribadi saya sudah terbiasa menamatkan alquran dalam tiap 1 minggu sekali. Kegiatan pengajian Al-Quran diatas tidak ada hubungannya dengan struktur dan numerik alquran yang akan saya jalani ini. demikian mohon penjelasannya, apakah kegiatan sayab tersebut dapat mengganggu/menggagalkan program, juz saya? terimakasih. Wassalamu’alaikum w.w.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

      Bapak Wawan Ridwan yang terhormat… Kami turut senang bahwa Bapak sudah dibukakan Juz-nya. Tetapi mohon maaf.. Bolehkah kami tahu Identitas,domosili & Juz Bapak?.. Juga siapa nama yg membuka Juznya?.. Sekedar untuk data di Majelis kami,karena nama Bapak belum ada di pembukuan kami.
      Semoga Bapak faham apa yang kami maksud, tentunya agar tidak terjadi kerancuan diantara ribuan jamaah kami. Apabila identitas merasa privasi,silahkan Bapak kirim ke email: majelispengajian.darulqohar@yahoo.com atau ke pesan Facebook: Majelis Pengajian Darul Qohar. Insya Allah pertanyaan2 Bapak akan kami jawab setelah kami tahu identitas Bapak. Terimakasih.

      Wassalam.
      MPDQ-PS

  55. wawan ridwan berkata:

    ass.w.w.
    sebelumnya saya mohon maaf, bila permintaan saya ini berlebihan, hal ini saya lakukan semata mata untuk kemantapan saya dalam menjalani program juz saya ini, adapun permintaan saya tersebut adalah: mohon kiranya agar saya diberi penjelasan mengenai biografi GUS AA, secara lengkap dan jelas, dari sejak nama aseli dan biografi kluarga dan biografi agamanya.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumsalam Wr.Wb.

      Bapak Wawan Ridwan yang dirahmati Allah.. Permintaan Bapak benar,tetapi mohon ma’af kalau permintaan biografi yang lengkap kami tidak tahu banyak karena harus seizin dahulu ke saudara kami GUSS AA.. Kami sedikit tahu itu pun dari buku-buku yang beliau tulis selama ini.
      Bapak Wawan.. Selama kami menjalani mengaji Juz & step-stepnya sesuai Sistem (program) Struktur Metode Al Qur’an,kemantapan & pembuktian terhadap diri pribadi,lingkungan & sekitarnya sudah banyak terjadi,kami mengaji tidak berdasarkan melihat figur/biografi seseorang apalagi mengkultuskan seorang figur manusia,tetapi kami menghormatinya & menjalankan saran2nya sesuai sistem metode tersebut dari Bapak H.Lukman AQ Sumabrata (alm-1996) sampai dengan sekarang yang intinya ilmu ini diambil dari Al Qur’an tanpa merubah makna & struktur Al Qur’an itu sendiri.
      Mohon maaf apabila penjelasan kami tidak berkenan di Bapak,terimakasih..

      Wassalam
      MPDQ-PS

  56. wawan ridwan berkata:

    Ass.w.w. Trims,
    semoga dalam keadaan sehat dan sejahtera lahir batin kita semua, untuk menjawab pertanyaan bapak saya sampaikan data saya sbb: H.WAWAN RIDWAN, BANDUNG 20-04-1950, bLOK SUMAKAJU RT 02 RW 12, DESA BATUJAJAR BARAT KEC.BATUJAJAR, KAB BANDUNG BARAT. Yang membuka Juz saya Bpk ANWAR UJANG melalui SMS. selanjutnya saya mohon dengan hormat penjelasan saya terdahulu terutama yang menyangkut kegiatan saya dan mengenai biografi GUSS AA saya sangat membutuhkannya tidak hanya untuk sekedar tahu siapa figur yang menyebarkannya, tapi yang lebih penting adalah satunya hati,kata dan perbuatan. Trims.
    wassalamu’alaikum w.w.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumsalam Wr.Wb

      Bapak H.Wawan Ridwan yang baik… Terimakasih atas kiriman identitas Bapak dan akan kami masukkan ke pembukuan kami.
      Pertanyaan Bapak untuk lebih tahu biografi Gus AA, sudah kami kirim via email. Haturnuhun..

      Wassalam
      MPDQ-PS

  57. junaedi (17 mei 1974) berkata:

    Assalamu alaikum pak.saya junaedi lahir 17-05-1974,mohon dibukakan jus diri.trima kasih

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam wr.wb.

      Saudara Junaedi.. Mohon maaf yaa.. Apabila ingin dibuka Juz-nya silahkan telpon kami, nomornya ada di halaman muka blog ini (hal.Diskusi & Konsultasi). Terima kasih..

      Wassalam
      MPDQ-PS

  58. alexander pradifta berkata:

    Assalamu alaikum wr wb, alhamdulillah ini ilmu Juz yg saya ingin terus pelajari namun sempat terputus. Ustads saya Alexhasbiy, 05 September 1976 dulu di ciluwer Bogor pernah belajar ilmu juz quran ini. Menurut ustads yang buka juz saya, saya juz 25. Dulu saya baru stepping 1 tp yg sudah saya laksanakan sama dgn pola stepping yg tertulis di atas ustads tp blm lengkap, hanya Pola akbar & Pola Akbar Khusus yg blm saya baca. Saya mhn petunjuk ustads apakah saya harus mengulangi stepping 1 atau bagaimana ustads? Terima kasih ustads,

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam wr.wb

      Saudara Alexander.. Sebaiknya saudara mengulang lagi steppingnya, selanjutnya akan kami bimbing.. atau silahkan hubungi kembali Ustadz yg sudah membuka Juz Saudara.. Terimakasih.

      Wassalam
      MPDQ-PS

      • alexander pradifta berkata:

        Assalamu alaikum wr wb. Baik, terima kasih Ustads atas saran dan bimbingannya, insya Allah saya akan ulangi lagi. . Wassalam.

    • alexander pradifta berkata:

      Assalamu alaikum Pak, alhamdulillah terima ksh atas sarannya. Km sdh mulai stepping lagi, kami sdh sampai pola 12 halaman. Kemarin sewaktu pola sahabat 9 hari kami batuk dan flu terus. Tp skrng alhamdulillah sdh sht
      .

  59. darulqohar berkata:

    Semoga lancar dalam menjalani stepping-nya, saudara Alexander.. Amiin

  60. assalamualaikum. Mohon izin memperkenalkan diri, saya Hakim saswoyo dari tegal, 15 oktober 1992. Saya pernah dibuka juznya beberapa waktu yang lalu yaitu juz 17. Berhubung saya baru mempunyai Al Quran jenis yg direkomendasikan dan baru bisa menyempatkan diri memulai stepping, maka saya baru memulai persatu ramadhan ini ustadz. Hari ini hari ke-5. Mohon bimbingan dan doa dari ustadz agar saya bisa menyelesaikan stepping sampai tahap 2 dan bisa istiqomah. Saya juga ingin bertanya, kalau saya baru mulai di bulan ramadhan apakah saya juga harus mengamalkan yang pola tadarus atau tidak usah? dan saya juga sudah biasa mengamalkan amalan dzikir yang diijazah khusus oleh ustadz saya tapi amalannya semuanya diambil dari dzikir2 sunah Rasullah, ayat2 Al Quran dan asma2 Allah apakah itu tetap boleh saya amalkan ketika sedang melakukan stepping atau tidak? Mohon bimbingannya. Jazakumullah.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam wr.wb

      Saudara Hakim.. Selamat menjalani stepping, dalam step2 itu ikutilah petunjuknya,jangan campur dengan bacaan2/amalan2 diluar sistem metode ini,juga jgn baca tadarus dulu.
      Stepping 1 itu: Baca Juz 4 kali dlm sebulan,baca Pola Munzil,Pola Munzil Pribadi,Pola 12,Pola Sahabat 9 hari,tiap hari jgn putus,Pola 45 & Tadarus tersitem,laksanakan tahapan itu,selain itu jgn dibaca, kecuali baca Ayat Tengah & Langkah Besar Juz 17.

      Wassalam
      MPDQ-PS

  61. darulqohar berkata:

    Saudara Hakim yang baik.. Aturan/etika membaca Juz adalah;
    1* Bacalah Ayat Tengah sebelum masuk ke halaman 1 Juz.
    2* Bacalah dgn tertib,boleh di suarakan pelan atau di dalam hati apabila sudah merasa lancar membacanya.
    3* Saat dalam pembacaan dilarang bicara dengan orang lain,mengeluarkan kata2 selain bacaan Al Qur’an & melihat/balas sms.
    4* Apabila mengantuk silahkan cuci muka atau ingin ke kamar kecil,kemudian di ulang minimal 1 ayat ke atas dari ayat akhir tadi berhenti.
    5* Selesaikan 16 halaman dalam 1 Juz itu dengan sekali duduk,alias 1 paket tanpa ditunda-tunda.
    6* Selesai membaca Juz/pola,tutuplah Alqur’an kemudian baca Hamdallah (Qs. 1 : 1 ).
    7* Membaca Juz sendiri paling cepat 4 hari sekali s/d 7 hari sekali,bila ada waktu ambil konsisten 4 hari sekali saja, dalam stepping baca Juz sebanyak 4 kali atau 4 minggu. Kemudian lanjut dengan pola Munzil,dst.. Jarak pembacaan dari pola ke pola sama dgn baca Juz, per 4 hari sekali per pola. Aturan/etika di atas berlaku juga saat akan,sedang & sudah baca pola apapun.
    Bacaan stepping 1 adalah bacaan konstruksi diri khusus untuk si pembacanya,sekaligus sebagai terapi/pengobatan diri dari medis & non medis. Karena kita mengajinya ter-sistem dan ter-metode,maka bacaan2 AQ & hadits di luar juklak atau pola2 tidak berlaku atau jangan di amalkan alias ditinggalkan dulu selama sedang stepping.
    Semoga penjelasan ini cukup puas utk saudara Hakim & semakin bertambah yakin..
    Mohon maaf bila belum ada yg berkenan atau masih ada yg mengganjal. Terima kasih..

    Wassalam
    Prayit-DQ

  62. Assalamualaiku. afwan tadz tanya lagi, saya kemarin sudah selesai untuk pembacaan di hari ke-13. Hari ini hari ke-14, kalau dilihat dari tabel stepping diatas jadwalnya baca pola munzil tapi kalau baca penjelasan diatas point :
    “7* Membaca Juz sendiri paling cepat 4 hari sekali s/d 7 hari sekali,bila ada waktu ambil konsisten 4 hari sekali saja, dalam stepping baca Juz sebanyak 4 kali atau 4 minggu. Kemudian lanjut dengan pola Munzil,dst.. Jarak pembacaan dari pola ke pola sama dgn baca Juz, per 4 hari sekali per pola.”

    Jarak pola dengan juz sama 4 hari sekali, saya harus melaksanakan yang mana tadz sesuai tabel atau penjelasan ustadz diatas ? Syukron

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam wr.wb

      Saudara Hakim.. Sebaiknya ikutin tabel saja jika saudara bingung,krn keduanya benar. Kalau 4 s/d 7 hari sekali itu melihat kondisi kita sendiri.. Terima kasih.

      Wassalam
      MPDQ-PS

  63. M ali berkata:

    Assalamu’alaikum.
    Saya sudah menye
    lesaikan step tahap
    1,tapi sepertinya
    ada kesalahan mem
    baca pola 12,saya
    baca hal 146 selesainya baca lagi
    ayat 75,1,5, jadi baca setiap hal AQ nya 2x,kalau itu salah bagai mana pak ustadz,apa harus di ulang.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam.wr.wb.

      Saran kami sebaiknya di ulang lagi. Biar lbh jelas silahkan hubung no.tlp 081574525368. Dengan menyebutkan nama dan Juz saudara. Terima kasih.

      Wassalam
      MPDQ-PS

  64. alexander pradifta berkata:

    Assalamu alaikum Pak, alhamdulillah terima ksh atas sarannya. Km sdh mulai stepping lagi, kami sdh sampai pola 12 halaman. Kemarin sewaktu pola sahabat 9 hari kami batuk dan flu terus. Tp skrng alhamdulillah sdh sht Pak.

  65. M ali berkata:

    Assalamualaikum,
    Baik,saya akan ulang stepping dari awal, nama m ali, juz 14, di palembang

  66. irfansyah berkata:

    Assmlkm,
    Saya mohon dikirimkan pola sahabat untuk juz 21.

    Salam,
    Irfansyah (21)
    Irfansyah24mar@gmail.com

  67. Ruslianto berkata:

    Assalamu-a’laikum Wr Wbr,.. Ustadz, Darul Qohar
    Perkenalkan Nama Saya H.Ruslianto (Juz 21) dan Isteri Saya ; Ernawati (Juz 16), Anak (Pr) Erli Rusniati (Juz 12) kami domisili di Kota Medan- Kami telah dibukakan Juz oleh Tabloid Khalifah (Gus AA) dan setelah Tabloid/Majalah Khalifah tidak ada lagi, kami sebagai penggemar MSFQ kehilangan jejak, apakah kami dapat diterima (dibukukan/terdaftar) pada “darul qohar” (ini) ?,
    dan Perlu Kami tambahkan bahwa Al Qur’an dengan format 18 baris , buku Konstruksi Al Qur’an dan Tirai Juz Karangan Gus AA dan H.Ziyad At-Tubany,SQ telah kami miliki.
    Demikian.
    Wass.

    • darulqohar berkata:

      wa’alaikumsalam wrwb..
      Terimakasih pak Rusli…
      Siapapun yang ingin belajar ataupun ingin mengetahui lebih jauh tentang metode ini tentunya akan dapat kami terima dengan baik pak..
      terimakasih..
      wassalam
      syaiful husein

  68. siti hodijah berkata:

    assalamu’alaikum Wr.Wb ust, saya dah pernah di bukakan jus ust pd tahun 2006 tp saya lupa,say mohon maaf ust.sekarang ini saya ingin mendalami metode ini ust apa boleh saya menanyakan jus saya lagi, bila berkenan nama saya siti hodijah lahir di tangerang 05 agustus 1978.saya mohon jawabannya , sebelumnya terima kasih banyak

    • darulqohar berkata:

      untuk memudahkan mengingat juz anda, coba anda ingat surat apa saja yang dibaca ketika itu, anda ingat satu surat sudah mengarahkan kepada juz anda untuk diketahui lagi
      Wassalam
      Anwar

  69. Udiati berkata:

    Saya selalu mengikuti kajian Al Qur’an ini, dan saya pernah dibukakan juz saya, alhamdulillah saya sampai hari ini malaksanakan bacaan juz setiap minggu dan tadarus pola 22, tetapi saya terpitus untuk pengembangan materi yang harus saya jalani lagi, saya kesulitan untuk bertanya2 seputar keilmuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s