MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR


Assalamu’allaikuum Wr.Wb.

Alhamdulillah hirobbil ‘alamiin.. Pada Hari Senin, 11 Oktober 2010, Majelis Pengajian kami telah terbentuk, dengan nama ” MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR / RUMAH BELAJAR DARUL QOHAR “, Setelah hampir 6 tahun kami berkumpul dan belajar tentang Paradigma Numerik Al Qur’an, maka terbentuklah susunan pengurus dari Majelis Pengajian kami. Adapun susunan pengurusnya sebagai berikut :

  • Ketua       : Marwah Ali Ashari
  • Sekertaris : Eko Budiono, Heri Trilaksono
  • Bendahara : Khoirul Abror
  • Dik-Jar     : Syahroni Nur, P. Somantri, Khoirul Anaam
  • Konselling : P. Somantri, Khoirul Abror, Khoirul Anaam
  • Humas      : Husein Supriyono, Awit, Edy Sugiharto
  • Umum       : Wartino, Tanto, Widjiarto, Syaiful, dll.

    Demikian susunan pengurus MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR untuk periode 11 Oktober 2013 s/d 10 Oktober 2016..

    Untuk Jadwal Kajian Kita Yaitu :

    1. Senin Malam Selasa Ba’da Isya s/d Selesai Oleh : Ust. Syaiful Husein (Kajian Numerik).
    2. Rabu Ba’da Dzuhur s/d Ba’da Maghrib oleh : Bpk. Prayitno (Kajian Numerik Utk Pemula).
    3. Jum’at malam Sabtu  Ba’da Isya’  Oleh : Ust.Chairul Aman (Kajian Numerik/Psikologi Al-Quran).
    4. Senin s/d Sabtu Ba’da Dzuhur s/d Isya oleh Bpk. Prayitno,Khoirul Abror (Konsultasi umum dan penjualan Al Qur’an/buku-buku).
    5. Kepada para masyarakat yang ingin mengkaji Al Qur’an dari sisi Numerik dapat hadir di waktu-waktu yang telah tertulis di atas…

      Wassalam

      Syahroni21

  • Tentang darulqohar

    KAMI PERKUMPULAN PENGAJIAN YANG MENGUPAS AL QUR'AN DARI SISI STRUKTUR DAN NUMERIK ( PARADIGMA NUMERIK DAN STRUKTUR AL QUR'AN )
    Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

    87 Balasan ke MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR

    1. Toeflichoel manan berkata:

      Assalammu’alaikum.. Di Pontianak juga ada metode juz yg di asuh oleh Bpk Turiman. Apa sumbernya sama dg Darul Qohar?
      Wassalam

      • darulqohar berkata:

        Wa’alaikum salam Wr.Wb.
        Selama metodenya sama dengan dengan yang kami uraikan di web ini, InsyAllah pak, karena banyak sekali yang belajar metode ini, dan di jabodetabek kami juga banyak buka kelas belajar untuk metode ini, kalau dia bersumber dari Almarhum Bp.Loeqman AQ Soemabrata, insyAllah pasti sama pak…saya rasa itu jawaban kami….karena metode ini juga dah sampai ke Malaysia, banyak orang malaysia yang belajar ke sini untuk memperdalam ilmu ini…
        Wassalam

    2. piyohu berkata:

      Saya adl Murid Bpk Luqma Abdul Qohar. Setahu saya P’Luqman memp nama Luqman Soemabrata, kalo Abdul Qohar adl gelar beliau. kenapa anda memakai Gelarnya?
      jadilah diri anda sendiri, seperti yg selalu diajarkan oleh Pak Luqman.

      • darulqohar berkata:

        Assalamu’alaikum Wr.Wb…
        Selamat datang di blog kami bapak…aduh baru masuk langsung komentar seperti itu sich pak, padahal belum tahu sejarahnya….
        Kami memakai nama pengajian kami ” Darul Qohar ” artinya rumah belajar bagi siapa saja untuk mempelajari keilmuan dari Papa Luqman, dan ini dah di resmikan sama Mamah ( Istri Pak Luqman ) dan Beliau datang ke majelis pengajian ini..dengan ketuanya Marwah Ali Ashari 18….dan bicara nama majelis, Pak Bambang Bule 19 juga memakai nama ” DAQA SEROJA “…insyAllah apa yang di ajarkan Papa Luqman kami pahami dan kami jalankan dengan baik..kami hanya ingin membagi keilmuan ini kepada orang-orang yang ingin belajar, salah satunya melalui blog ini, dan alhamdulillah di tempat kami yang paling aktif dan tetap eksis kelas belajarnya, dan kalau bapak berkenan silahkan datang ke alamat kami, dan membagi ilmu kepada kami-kami ( sebagai Tutor Tamu yang selama ini sering datang, Pak Bambang 19, Om Ank/Iskandar Soemabrata 18, Pak Alex/Gus AA 21, dan masih banyak lagi yang suka ngisi kelas di tempat kami ) …Kami Tunggu Pak Kehadiran nya, untuk berbagi ilmu kepada kami-kami ini….InsyAllah banyak ketemu teman-teman bapak dech di sini…
        Wassallam Wr.Wb

        • Murid Mamah Heny berkata:

          Maaf kata anda diresmikan mamah???
          Yakin? saya sudah melakukan konfirmasi berulang2x dengan istri papah luqman alias mamah dan dia sendiri tidak pernah merasa menjadi pembina apalagi meresmikan yang seperti anda katakan, bahkan anaknya pun mengatakan hal yang sama, dan betul yang diutarakan @piyohu bahwa Darul Qohar adalah gelar dari papa lukman. Jadilah diri sendiri!!

          Apakah anda masih terus berkunjung ke Qitri? setahu kami kedatangan Anda sangat ditunggu untuk melakukan klarifikasi atas hal ini, dan jangan sampai komentar ini malah di delete dan tidak ditampilkan. Thanks

        • darulqohar berkata:

          maaf anda siapa, nama anda tolong cantumkan karena murid Mamah banyak sekali.
          Apa kontribusi anda kepada ummat sampai anda men-judge- kami tidak minta izin sama Mamah Heny. Bahkan beliau sendiri yang datang ke Darul Qohar dalam rangka meresmikan dan mengizinkan kami mendakdakwahkan keilmuan ini.
          Komentar anda didelete karena komentar anda tidak bermanfaat dibaca umat Islam yang notabene memerlukan pencerahan. Nah sekarang silahkan anda datang, atau anda ingin menutup Darul Qohar.
          Darul Qohar Team

      • darulqohar berkata:

        Saudari Nofri.. Apa usul dari Anda:
        Apakah perlu saya sampaikan ke pak Hary agar supaya Majelis Pengajian Darul Qohar ini dibubarkan saja atau blog/web di tutup saja,atau saya usulkan juga ke pak Hary, bagaimana kalau posisi Mamah Lukman di isi oleh Anda.
        Terima kasih.

    3. Nor Azam Bin Md Idris berkata:

      Salam .Saya Norazam juz14 dari Malaysia.Ramai dari Malaysia yang mau belajar keilmuan ini.Olehkerana tugas ,saya tidak ada masa, maka saya harap, boleh saya arahkan mereka ke blog ini dengan permisi pihak Darulqohar.Quran 18 baris pun susah didapati di Malaysia maka saya saran kan pada mereka beli/pesan dari Darulqohar.Sampaikan salam pada semua.

      • darulqohar berkata:

        Wa’alaikum salam wr.Wb..
        Alhamdulillah jika animo belajar di malaysia cukup tinggi dan cukup banyak yang ingin beljar tentang keilmuan ini, dan saya persilahkan kepada teman-teman bapak yang ingin belajar di blog ini, semoga blog ini bisa membantu semua….
        dan jika memang di sana jumlah yang ingin belajarnya banyak, mungkin Tutor kami Bp. Ustd. Khoirul Aman, belum lama ini bicara ke saya, beliau mengatakan siap jika di perlukan ke sana ( Malaysia ) yang penting akomodasi, dan ada tmp menginap ada dan di tanggung, karena beliau katanya gak punya dana jika harus kesana pakai akomodasi sendiri…jadi umpama yang ingin belajar 15 orang, ya semuanya patungan untuk membiayai akomodasi beliau ke sana…karena 6 – 7 tahun yang lalu beliau pernah mengajar ke sana 2 – 3 bulan, dan caranya sama seperti yang saya ceritakan tadi Pak…saya rasa itu saja yg bisa saya sampaikan ke bapak…Terima kasih

        Wassallam Wr.Wb.

        By R21

    4. Assalammu alaikum wr wbr.
      Salam buat mas hari18🙂

    5. Turiman Fachturahman Nur berkata:

      Struktur Al-Qur’an kiriman dari Kal-Bar
      Untuk membuka tabir misteri “Thawaf”-nya Al-Qur’an dan memahami Kajian Struktur Al-Qur’an Digital, maka yang perlu dipahami lebih dahulu adalah Struktur Al-Qur’an, artinya yakinkan dahulu pada diri anda, bahwa Al-Qur’an itu terstruktur, karena ada tiga elemen penting dari struktur Al-Qur’an, yaitu struktur ayat, struktur surah, dan struktur Juz, jadi ketika kita berbicara Struktur Al-Qur’an, maka yang dimaksudkan, Al-Qur’an terdiri dari 6236 Ayat, 114 Surah dan 30 Juz.
      Pertanyaannya adalah Apakah yang dimaksud dengan JUZ ? Sebuah JUZ merupakan bagian atau komposisi tertinggi dalam Struktur Al-Qur’an, karena setiap JUZ terdiri dari beberapa surah, didalam surah terdiri beberapa ayat, dan dapat dipastikan bahwa setiap JUZ jumlah ayatnya sudah terkomposisi dan terperinci atau struktur ayatnya berbeda diantara JUZ yang satu dengan JUZ yang lain, misalnya Juz 18 terdiri dari 202 Ayat yang terdiri dari Surah 23 Al Mukminuun yang terdiri dari 118 ayat, Surah 24 An Nur terdiri dari 64 ayat dan sebagai dari Surah 25 Al Furqan yaitu 20 ayat, jadi jumlahnya 118 + 64 + 20 = 202 ayat, inilah jumlah ayat Juz 18.
      Selanjutnya JUZ disimbolkan dengan apa ?, Juz disimbolkan dengan huruf, misalnya Juz 18 disimbolkan dengan huruf ke 18, yaitu huruf A’in, karena huruf Ain adalah huruf ke 18, jadi jika Juz 21, maka disimbolkan dengan huruf ke 21 yaitu huruf Qoof, karena Qoof adalah huruf ke 21, oleh karena itu Juz tidak memiliki nama, yang memiliki nama adalah surah, misalnya surah ke 76 bernama Al Insan atau Al Dahri, artinya manusia, surah ke 23 bernama Al-Mukminuun, artinya orang-orang yang beriman, dan surah ke 47 bernama surah Muhammad, demikian juga surah ke 53 bernama An Najm artinya bintang, surah ke 91 Al Syamsi artinya Matahari, bagaimana dengan ayat ?, maka ayat ditandai dengan angka, bahkan ada ayat yang hanya berupa huruf, misalnya surah ke 42, ayat 1 dan 2 hanya berupa huruf , yaitu huruf Haa, Mim, A’in, Siin, dan Qaaf, jadi disamping angka juga hadir struktur huruf dan antar huruf dan angka/bilangan selalu berpasangan, maha benar Allah yang telah memasang-masangkan apa yang ada di alam semesta baik di bumi dan di dalam diri manusia, dan apa-apa yang tidak kamu ketahui (QS Yasiin (36) Ayat 36).
      Pertanyaannya bagaimana mencari letak JUZ didalam Al-Qur’an Mushaft Ustmani? jika mushaft Al-Qur’an yang anda miliki terdiri dari 18 baris standar, artinya satu halaman terdiri dari 18 baris dan ayatnya berakhir dipojok halaman, maka untuk mencari letak JUZ, anda bisa memperhatikan pada setiap awal JUZ ada huruf yang dicetak tebal/ditebalkan, dan pada lurus ke kiri dari huruf yang ditebalkan terdapat struktur huruf yang membentuk kata AL JUZ yang ditulis secara vertikal, pertanyaannya, apakah AL JUZ itu ?
      Untuk membuka makna kata AL JUZ maka digunakan struktur bilangan atau angka, artinya kata Al JUZ kita transfer atau diterjemahkan ke dalam bahasa angka atau digital, dengan cara menghubungkan ke struktur huruf yang membentuk kata AL JUZ kedalam bahasa angka melalui urutan huruf hijaiyah Al-Qur’an.
      Kajian berikut ini adalah kajian Al-Qur’an Digital dengan menggunakan pendekatan munasabah (korelasi, sinergisitas) melalui Metode Struktur dan Format Al-Qur’an atau MSFQ, yaitu sebuah metode eksplorasi kajian dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu:
      Pertama, Metode Struktur Al-Qur’an melalui bilangan dengan pendekatan Munasabah/korelasi/sinergisitas; misalnya angka ke struktur surah dst
      Kedua, Metode Format melalui Struktur Format Al-Qur’an Mushaft Ustmani 18 baris standar dengan pendekatan struktur format Al-Qur’an.
      Kedua metode ini adalah merupakan kajian Al-Qur’an dengan pendekatan Munasabah yang diperluas terhadap variabel Al-Qur’an yang selanjutnya disebut Kajian Struktur Al-Qur’an Digital, yaitu suatu kajian sinergisitas (MUNASABAH) antara ayat-ayat Kauliyah dengan ayat-ayat Kauniyah yang merupakan salah satu cabang dari kajian Keilmuan Al-Qur’an Verbal, yaitu Munasabah juga merupakan Kajian Munasabah yang diperluas terhadap elemen-elemen atau Variabel Struktur Al-Qur’an dibalik Format Mushaft Ustmani 18 Baris yang merupakan kajian Struktur Al-Qur’an dengan pendekatan Struktur melalui angka-angka/bilangan-bilangan atau numerik (digital) dan Format Al-Qur’an dengan tanpa mengenyampingkan Keilmuan Al-Qur’an Verbal (Ilmu Tafsir) yang sudah ada pada peradaban Islam selama ini, bahkan kajian ini adalah melengkapi kajian yang sudah ada dan merupakan SUPLEMEN SPIRITUAL QUR’ANI (SSQ), berdasarkan MSFQ (Metode Struktur dan Format Al-Qur’an) berdimensi ESQ.

    6. Turiman Fachturahman Nur berkata:

      sekedar urun rembug
      Kata AL JUZ terdiri dari huruf-huruf dan jika huruf-huruf itu kita urutkan struktur hurufnya berdasarkan struktur Al-Qur’an adalah Alif Lam adalah huruf ke 31, huruf Jim adalah huruf ke 5, huruf Ra adalah huruf ke 11 dan huruf Hamzah adalah huruf ke 29, jika kita tambahkan atau dijumlahkan struktur angka tersebut, yaitu 31 + 5 + 11 + 29 = 76. Apabila bilangan 76 ini dimunasabahkan/dikorelasikan ke dalam struktur surah dalam Al-Qur’an, maka surah ke 76 adalah bernama Al Insan/Al Dahri, artinya Manusia. Pertanyaannya manusia yang bagaimanakah ? yaitu manusia yang mengenal diri, sadar diri dan mememukan fitrah dirinya serta paham tentang asal kejadiannya. Coba renungkan surah ke 76 Ayat 1 s/d 4 : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadi dia mendengar dan melihat. Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir. Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang- orang kafir rantai belenggu dan neraka yang menyala-nyala (QS Al Insan (76) Ayat 1-4).
      Dengan demikian struktur kata AL JUZ ketika diterjemahkan kedalam bahasa angka adalah 76 dan ketika angka 76 dihubungkan ke struktur surah dalam struktur Al-Qur’an, maka surah ke 76 bernama Al Insan/Al Dahri artinya Manusia dan surah ini pokok-pokok isinya berbicara tentang penciptaan manusia, petunjuk-petunjuk untuk mencapai kehidupan yang sempurna dengan menempuh jalan yang lurus, memenuhi nazar, memberi makan orang miskin dan anak yatim serta orang yang ditawan karena Allah : takut kepada hari kiamat, mengerjakan sholat tahajud dan bersabar dalam menjalankan hukum Allah, ganjaran terhadap orang yang mengikuti petunjuk dan ancaman terhadap orang yang mengikarinya.

      3. Eksplorasi Struktur Huruf dari Kata JUZ
      Kata JUZ terdiri dari huruf-huruf Jim adalah huruf ke 5, huruf Ra adalah huruf ke 11 dan huruf Hamzah adalah huruf ke 29, jika kita jumlahkan struktur angkanya, yaitu 5 +11+ 29 = 45. Apakah makna bilangan 45 ?, apabila bilangan 45 dihubungkan (dimunasabahkan) ke struktur surah dalam Al-Qur’an, maka surah ke 45 bernama Al Jaatsiyah yang artinya yang bertekuk lutut, mengapa dinamakan Al Jaatsiyah, karena diambil dari ayat ke 28 yang menyatakan : “Dan pada Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang mendengar dan melihat, Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; adalah Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu hari itu kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk melihat buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan”. Kemudian pada surah 45 ayat 29-30 menyatakan: “(Allah berfirman): “Inilah Kitab (catatan) Kami yang menuturkan terhadapmu dengan benar. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan.” Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh maka Tuhan mereka memasukan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga) Itulah keberuntungan yang nyata.
      Pertanyaannya bagaimana Allah akan memasukan manusia kedalam rahmat-Nya? Dan mendapat keberuntungan, jika manusia beriman tidak menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya, itulah yang Allah nyatakan dalam surah 45 ayat 20: “Al-Qur’an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.” Kemudian pada ayat ke 15 surah ke 45 Allah menyatakan: “Barang siapa yang mengerjakan amal saleh maka itu adalah untuk dirinya sendiri, barang siapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmu kamu dikembalikan”.
      Pertanyaannya apakah manusia yakin, bahwa akan ada pertemuan dengan Tuhannya ?, jika yakin berarti yakin juga terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang lain, maka sesungguhnya Al-Qur’an yang berjumlah 30 JUZ itu sesungguhnya mewakili 30 tipologi manusia, pertanyaan ketika manusia membaca 30 JUZ dibulan ramadhan sesungguhnya ia sedang melakukan kilas balik, nafak tilas kehidupannya atau berthawaf, sesungguhnya ia sedang mencari apa dari 30 Juz Al-Qur’an itu? sesungguhnya ia sedang mencari “Lailatul Qadr” di malam kemuliaan bagi dirinya, yaitu menemukan JUZDIRI-nya diantara 30 JUZ itu dan ketika ia menemukan JUZDIRI-nya sesungguhnya ia menemukan “Lailaltul Qadar” bagi dirinya, kiblat dirinya, yaitu Ka’bah dirinya, oleh karena itu didalam hadist qudsi Rasulullah menyatakan : “Pada suatu malam kulihat diriku tertidur disamping Ka’bah dan aku terbangun kemudian thawaf mengelilingi Ka’bah”. Ada dua kata kunci Ka’bah dan Thawaf, apa makna Ka’bah dan Thawaf sebenarnya, mengapa manusia diperintahkan Allah untuk menghadap ke Ka’bah dan berthawaf mengelilingi Ka’bah?
      Ka’bah menjadi petunjuk bagi manusia, dan Ka’bah sesungguhnya adalah simbolisasi Al-Qur’an itu sendiri, karena Al-Qur’an itu adalah petunjuk bagi manusia, dan JUZ adalah mewakili diri manusia, itulah yang diriwayatkan oleh Mughirah Bin Syubah berkata: Seorang laki-laki minta izin kepada Rasulullah SAW, yang sedang berada diantara Mekkah dan Madinah Ia berkata: ”Sesungguhnya tadi malam terlewatkan olehku (tidak membaca) akan juzku dari Al-Qur’an, sesungguhnya saya tidak mengutamakan yang lain di atas Al-Qur’an”. Hadist ini diriwayatkan Abu Daud, dengan derajad hadist Hasan dan hadist ini tersebut dalam Buku Sejarah Al-Qur’an (Tarikul Al-Qur’an) edisi bahasa Arab Ibrahim Al Absyari yang dialihkan bahasa oleh Drs H.ST Amanah cetakan 1993, hal 123 dan beliau menyatakan: “Pembagian juz yang dilakukan oleh kaum muslimin ini, karena memberi bagian pada jam-jam hari mereka,sehingga mereka tidak absen dari membacanya (Al-Qur’an) dan agar mereka mudah untuk menyelesaikan sampai akhirnya minggu demi minggu atau bulan demi bulan”
      Coba perhatikan ada bahasa kode, ketika tanda orang berhaji adalah Tahalul, yaitu dipotong 3 (tiga) helai rambut dan 10 (sepuluh) kuku jadi 3 + 10 = 13, angka 13 ini adalah mewakili titik anatomi manusia dari ujung kepala sampai dengan ujung kaki dan ketika angka 13 ini dihubungkan ketika orang mendirikan sholat, maka didalam sholat ada 13 rukun dari takbiratul sampai dengan salam, tetapi bukankah manusia sholat itu menggunakan sajadah dan surah yang bernama As Sajadah atau sujud batasan adalah surah yang bernomor 32. Pada surah ini terdapat ayat sajadah pada ayat ke 15 yang menyatakan: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, adalah orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat (Kami) mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhanmu, sedang mereka tidak menyombongkan diri. (QS As Sajadah (32) Ayat 15)
      Jika penjelasan di atas kita transfer kebahasa kauniyah (bahasa angka), maka ilustrasi berikut ini adalah gambarannya:

      Berdasarkan ilustrasi di atas manusia mendirikan sholat adalah 13 rukunnya dan ketika mendirikan sholat di atas sajadah dan surah As Sajadah pada struktur Al-Qur’an adalah surah ke 32, maka jika kita baca secara kauniyah, “manusia beriman sedang mendirikan 13 rukun sholat di atas sajadah” atau jika ditransfer ke bahasa angka, adalah 13 dan 32, jika kita tambahkan kedua angka itu 13 + 32 = 45. Bukankah angka 45 itu secara struktur huruf sama dengan tulisan JUZ yang jumlahnya 45 dan surah ke 45 adalah Al Jaatsiyah artinya yang bertekuk lutut, jika dikembalikan dengan bahasa kode format, maka pada awal JUZ atau disetiap awal JUZ atau halaman pertama JUZ dalam format Al-Qur’an Mushaft Utsmani 18 baris selalu ada huruf yang dicetak tebal dan perhatikan lurus ke kiri ada tulisan Al JUZ yang ditulis secara vertikal, yang secara struktur huruf jumlahnya 76 (lihat ilustrasi eksplorasi Tulisan Al JUZ di atas) dan surah ke 76 adalah bernama Al-Insan artinya manusia, sedangkan tulisan JUZ struktur hurufnya berjumlah 45, jika ditransfer ke bahasa kedua angka itu adalah 76 dan 45, jika dibaca secara kauniyah kombinasi kedua angka tersebut adalah “Manusia/Al-Insan/Al-Dahri yang bertekuk lutut (Al Jaatsiyah)”, pertanyaannya apa yang dilakukan manusia beriman ketika dalam keadaan bertekuk lutut ?, yaitu ada tiga hal, sedang tafakur, sedang tadarus membaca Al-Qur’an, atau sedang sholat. Ketiga hal inilah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW di malam hari untuk menegakkan surah Al Ankabuut (29) Ayat 45, Surah Al Munzamil (73) ayat 4,5,6 dan 20) yang kemudian ditegur oleh isterinya Siti Aisyah r.a. sampai tiga kali.
      Untuk memperjelas struktur Al-JUZ dan JUZ, eksplorasi berikutnya adalah angka 76 dan 45 ditambahkan , maka 76 + 45 = 121, karena angkanya lebih dari 114, maka dikurang dengan 114, jadi 121 –114 = 7, apa makna angka 7, angka 7 jika dihubungkan dengan struktur surah ke 7 adalah bernama Al Araf artinya tempat tertinggi, bukankah sedekat-dekatnya seorang hamba adalah ketika bersujud, sebagaimana dinyatakan Rasulullah SAW: “Dari Abu Hurairah katanya: “Rasulullah SAW bersabda: “Sedekat dekatnya seorang hamba kepada Tuhan-Nya ketika ia bersujud, karena itu perbanyaklah do’a”. (Shahih Muslim Nomor 435), Bukankah ketika manusia sujud ada tujuh tumpuannya, yaitu: kaki kiri (1), kaki kanan (2), lutut kiri (3), lutut kanan (4), tangan kiri (5), tangan kanan (6), kepala (7), bukankah ibadah haji tujuh (7) kali thawafnya, jika kedua angka itu ditambahkan, yaitu 7 titik sujudnya dan 7 kali thawafnya menjadi 7 + 7 = 14 dan surah ke 14 adalah Ibrahim, bukankah Ka’bah itu didirikan oleh Nai Ibrahim AS sebagai simbolisasi Tauhid, renungkan pesan Allah pada surah ke 7 Al Araf ayat 172; “dan Ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) “Bukankah Aku ini Tuhanmu ? Mereka menjawab” “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat (kematianmu) kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (Bani Adam adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (Keesaan Tuhan)” (QS 7 Al Araaf ayat 172) dan kemudian Allah menyatakan : “Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah kitab (Al-Qur’an) kepada mereka yang kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (QS 7 Al Raaf ayat 52)
      Pertanyaan apa yang Allah perintahkan kepada Muhammad SAW?, yaitu :

      BACALAH apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al kitab (AL-QUR’AN) dan DIRIKAN SHOLAT. Sesungguhnya Sholat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan KEJI dan MUNGKAR. Dan sesungguhnya mengingat Allah (Membaca Al Qur’an dan Sholat) adalah lebih besar (Keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan, (QS Al Ankabuut Laba-laba (29) Ayat 45)
      Ketika sedang membaca Al-Qur’an, Allah SWT memperintahkan kepada manusia “bacalah yang paling mudah bagimu dari Al-Qur’an” (QS Al-Munzamil (73) ayat 20), pertanyaannya apa yang paling mudah bagimu dari Al-Qur’an, berdasarkan kajian Keilmuan Struktur Al-Qur’an Digital melalui MSFQ (Metode Struktur dan Format Al-Qur’an) adalah JUZDIRI masing-masing, mengapa, karena manusia diwakili oleh juzdiri masing-masing sebagai “jatidirinya” atau fitrah dirinya, ketika ia membaca dan mengkaji JUZDIRI-nya sesungguhnya ia sedang memasuki “Baitullah” bagi dirinya atau berthawaf dengan Al-Qur’an untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dirinya, yaitu Allah SWT atau kekasih dirinya, itulah didalam hadits qudsi: “Allah berfirman, Rasulullah SAW Bersabda “Tak dapat memuat Zat ku, bumi dan langit. Yang dapat memuat Zat-Ku hati hamba-Ku yang mu’min yang lunak dan tenang” Sahabat bertanya: “Ya Rasulullah siapakah orang yang terbaik itu ? Jawab Rasulullah SAW” Semua orang Mu’min yang bersih hatinya”, maka ditanya lagi, apa arti orang yang bersih hati itu? Dijawab Rasulullah SAW. “Ialah orang-orang yang taqwa, suci hatinya, tidak ada kepalsuan padanya, tidak ada kemunafikan padanya, dan tidak ada kezaliman, dendam, khianat serta dengki”.
      Pertanyaannya bagaimana manusia membersihkan qalbu dari sifat-sifat buruk pada diri manusia?. Di dalam buku Fsikologi Islam terbitan dari Universitas Muhamadyah Surakarta, Tahun 2001, pada hal 108 : “Teknik-teknik pembersihan diri adalah penyembuhan bentuk gangguan mental, karena ada asumsi bahwa gangguan-gangguan ini berkaitan dengan PENYAKIT HATI, AHLAK YANG BURUK dan DOMINASI HAWA NAFSU MANUSIA, maka qalbu tersebut perlu dibersihkan. Ada beberapa cara antara lain: 3. Teknik Membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an secara harfiah (kata demi kata, bukan hanya makna) merupakan obat bagi penyakit-penyakit hati, oleh karena itu membaca (mendaras) Al–Qur’an dapat dijadikan sebagai teknik membersihkan diri. Lukman AQ Soemabrata (1991) mengajukan suatu teori dan teknik mendaras Al-Qur’an yang dapat mempunyai pengaruh baik fisik terutama fsikologis dan Spiritual. Antara lain menyebutkan, bahwa setiap orang mempunyai kecocokan dengan JUZ tertentu, jika ayat-ayat dalam JUZ itu dibaca maka pengaruhnya akan besar” . Itulah yang dikenal dengan JUZDIRI
      Juzdiri adalah fitrah diri manusia, melalui pengenalan dirinya atau thawaf terhadap perjalanan hidupnya akhirnya manusia menemukan apa ia cari selama ini, karena sesungguhnya tiap-tiap manusia berbuat menurut berdasarkan keadaan masing-masing dan mencari “tanda” dirinya, sebagaimana dinyatakan : “Kami akan memperlihatkan kepada mereka TANDA-TANDA Kami disegenap penjuru alam dan PADA DIRI MEREKA SENDIRI, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa AL QUR’AN itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup bagi kamu bahwa sesungguhnya DIA menyaksikan SEGALA SESUATU. (QS Al Fhussilat (41) Ayat 53). Katakanlah: “TIAP-TIAP ORANG BERBUAT MENURUT KEADAANNYA MASING-MASING”, Maka TUHANMU lebih mengetahui SIAPA YANG LEBIH BENAR JALANNYA. QS Al Isr’a (17) Ayat 84) “Maka hadapkan wajahmu dengan LURUS kepada DIEN Allah: tetaplah ATAS FITRAH ALLAH yang telah MENCIPTAKAN MANUSIA MENURUT FITRAH ITU. Tidak ada perubahan atas FITRAH ALLAH. Itulah DIEN YANG LURUS, tetapi KEBANYAKAN MANUSIA TIDAK MENGETAHUI. (QS Ar Rum (30) Ayat 30).
      Seharusnya manusia yang yakin akan bertemu dengan Sang Pencipta dirinya, maka sudah sepatutnya menempuh jalan tauhid untuk mengenal diri menuju sadar diri dan menemukan fitrah diri dan seharusnya juga manusia dapat menjadi “pribadi yang sejati”, tetapi “sang pribadi sejati” hanya dapat berwujud melalui raga manusia dan jika masih ada jasad yang melekad itulah kodrat yang merupakan sifat yang melekat pada “sang pribadi sejati” sejak azali (QS 35 Ayat 11,QS 82 Ayat 6-8) serta menyandang khalifah fir Ard (QS 2 Ayat 30).
      Bukankah Tauhid itu adalah tempat duduknya ilmu, dan manusia wajib haqul yakin, bahkan ainul yakin bahwa sebenarnya Al-Qur’an adalah struktur tauhid dan Al-Qur’an adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu (QS 29 Ayat 49), agar diberi cahaya-Nya (QS 24 Ayat 34- 35), karena itu cari dan tegakkan “Alif sebagai mustaqiimmu”.
      “Sang Pribadi sejati” itu senantiasa kembali menuju fitrah (QS 30 Ayat 30) untuk menempuh jalan lurus/mustaqiim (QS 1 Ayat 6) dan “sang pribadi sejati” atau “sang urip” mula-mula hidup dalam dimensi alam spiritual, kemudian Allah tiupkan ruh kedalam jasad manusia (QS 32 Ayat 9), kemudian seiring dengan jalannya waktu sang jasad menuju bentuk yang sempurna (QS 23 Ayat 12-14) dan ketika kemanusiannya mulai matang setelah “Sang Pribadi sejati” mempunyai sandangan kehormatan yaitu nafs muthmainah (QS 89 Ayat 27 – 30) dan jiwa itupun disumpah oleh Allah tentang siapa Tuhannya (QS 7 Ayat 172) agar kelak dapat melakukan perjalanan spiritual kembali kepada Sang Pencipta “Pribadi Sejati”, yaitu Allah SWT, Pencipta Langit dan Bumi (QS 49 Ayat 15).
      Kemudian jadilah manusia terlahir ke dunia dan ketika akil baliq meneruskan risalah Adam, menelusuri jejak para nabi dan rasul dan diseru untuk mencari “jalan pulang” (QS 5 Ayat 35) dan jalan itu sesungguhnya adalah jejak nabi Muhammad menuju jejak Ibrahim (QS 22 Ayat 78) dan ketika menelusuri jejaknya, maka manusia diperintahkan Allah untuk memperhatikan ayat-ayat-Nya (QS 38 Ayat 29) dan mempergunakan akalnya (QS 10 Ayat 100) dan Allah mudahkan Al-Qur’an (QS 54 Ayat 17,22,32,40) sebagai pedoman hidup manusia (QS 45 Ayat 20, QS 3 Ayat 138) untuk pelajaran bagi manusia yang mau “belajar mati” (QS 23 Ayat 80). Akhirnya “Sang Pribadi Sejati” itu menempuh jalan pulang kembali menuju fitrahnya (QS 30 Ayat 30), oleh karena itu berwasiatlah bagi yang hidup apabila meninggalkan harta yang banyak. (QS 2 Ayat 180) dan memberikan pertanggungjawaban atas mandatnya sebagai khalifah fil ardh (QS 2 Ayat 30), agar jangan terancam menjadi manusia yang tidak sadar diri (QS 75 Ayat 26 – 35), tetapi jadilahkanlah dirimu manusia yang sadar diri menempuh jalan pulang dengan tenang (QS 89 Ayat 27 – 30) dan malaikatpun mengiringi manusia yang istiqomah (QS 41 Ayat 30,31), serta bertemu dengan sahabat “Sang Pribadi sejati”(QS 13 Ayat 11) ketika sakratul mautnya (QS 50 Ayat 16 –19, 21) dan disingkapkan matamu, maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam (QS 50 Ayat 22) dan bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri penghisab terhadap dirimu (QS 17 Ayat 13-15), maka celakalah yang catatan buku kehidupannya ”raportnya merah” (QS 18 Ayat 49) kemudian manusia memberikan kesaksiannya (QS 17 Ayat 36, QS 36 Ayat 65,QS 41 Ayat 21-22,QS 24 Ayat 24) dan ketika itu manusia menantikan kedatangan malaikat penyabut nyawa (QS 6 Ayat 156) kemudian dimatikan dan diwafatkan kamu (QS 6 Ayat 61). Baru engkau sadar sesungguhnya kamu sebelumnya hanya segumpal darah yang diletakan oleh Allah dalam rahim Ibumu (QS 76 Ayat 1 s/d 4). Sesungguhnya kasih sayang Allah sejak azali dititipkan ke dalam setiap qalbu ibumu sepanjang masa !! sesungguhnya kasih ibu sepanjang masa dan merupakan percikan dari salah satu As Ma’ul Husna, yaitu Maha Kasih Sayang atau Ar Rahman Ar Rahim, maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan ! belajarlah dari manusia Lukman Nul Hakim yang diabadikan oleh Allah SWT didalam Al-Qur’an (QS 31 Ayat 12 –19).

    7. ianhadian29 berkata:

      AssaLamm aLaikum Wr.Wb…

      SaLam kEnaL ‘a,,saya Ian dari Bandung,,saya mau tanya kaLau mau pEsaN Al Quran 9imaNa daN bErapa har9a’y (Al Quran y9 bEsar daN y9 kEciL) ???

      • darulqohar berkata:

        Wa’alaikum Salam Wr.Wb.
        Salam Kenal Juga Pak…Mengenai Al-Quran Kalau di bandung silahkan hubungi pak Muslim di 0813-20204029, alamat di Jl. Dago Barat No.23…Thanks…

        Wassalam Wr.Wb

        By R21

    8. brio depiola berkata:

      klo mau belajar di bandung kesiapa? dan alamatnya?

    9. harjuna berkata:

      Assalamualaikum wr.wb…
      Saya Harjuna (dulu pernah belajar keilmuan ini dengan bapak Turiman Fachturahman Nur di Kalbar. Sekarang saya tinggal di Surabaya saya pengen tau apakah ada yang mengembangkan keilmuan ini di Surabaya??? mohon infonya dan telpon yang bisa dihubungi…
      Wassalam Wr Wb

      • darulqohar berkata:

        Sdr Harjuna, menurut pengetahuan kami, banyak orang yang telah mempelajari keilmuan ini di Surabaya. Taoi orang yang mengembangkan keilmuan ini di satu tempat tertentu, kami belum tahu. Sdr bisa memperdalam keilmuan ini dengan menggunakan website ini sebagai media. Kami akan senang menjawab pertanyaan2 sdr, dan kami juga menyediakan buku2 modul panduan untuk memmendalami keilmuan ini. Anda juz berapa?
        Wassalam
        Anwar

    10. harjuna berkata:

      Saya pengen sekali memperdalam keilmuan ini, untuk konsultasi saya harus menghubungi siapa???

    11. candra berkata:

      Alamat di Blitar dimana?

      • darulqohar berkata:

        Sdr Candra, banyak sekali saudara kita yang telah belajar keilmuan ini, tapi kami belum tahu satu alamat yang menyediakan tempat belajar khusus keilmuan ini. Kami mohon maaf. Nanti kami khabari bila kami dapat informasi.Wassalam
        Anwar

    12. harjuna berkata:

      Terima kasih atas bantuan bpk Anwar yang bersedia menjawab pertanyaan saya. Saya pengen tanya, untuk membaca Pola-pola yang disediakan di blog ini, kapan saya harus memulainya??? Pada stepping keberapa??? mohon infonya …..

      • darulqohar berkata:

        Saudara Harjuna yang baik, apakah anda sudahpunya Al Qur’an ustmany 18 baris yang kami anjurkan untuk memilikinya?. Bila anda pesan 1 Al qur’an ,kami akan sertakan pedoman dan petunjuk membaca pola2 stepping tanpa harus membuka computer setiap akan membaca. Hub. 081267541450 atau 087875684813 (Anwar) untuk komunikasi yang lebih cepat.
        Anwar

    13. harjuna berkata:

      Apabila terjadi kejadian-kejadian tertentu setelah membaca pola-pola yang dianjurkan,bagaimana caranya saya mau berkonsultasi??? Terus saya mau menanyakan juz untuk istri saya, namanya : EKA SUCI RUSDIANINGRUM dan anak saya : SASKYA AZALEA EDNA SALSABILA HARJUNA… Mohon infonya…terima kasih

      • darulqohar berkata:

        Sdr Harjuna, anda lanjutkan bacaan anda. Anda sudah membaca sampai dimana dalam program stepping yang ada?. Fenomena yang ada itu sudah biasa terjadi, terlebih bila anda seorang yang peka ( sensitive).Khabari kami, bacaan anda sampai dimana.
        Anwar

      • darulqohar berkata:

        Assalamualaikum sdr Harjuna, insyaAllah Eka Suci berjuz 7 dan Saskya Azalea berjuz 10
        Anwar

    14. mas berkata:

      pengajian dgn metode ini di solo….alamatnya dimana….mohon infonya.

    15. harjuna berkata:

      Assalamualaikum Wr Wb.
      Maaf saya baru bisa menjawab, saya sudah sampe pada Stepping 1 pola sahabat hari ke-4. Terima kasih karena telah memberikan informasi tentang juz keluarga saya. Saya sangat kepengen sekali mau ke depok mau silaturahim. Terima kasih

      • darulqohar berkata:

        Teruskanlah sdr Harjuna. Kami senang sekali jika anda berkunjung ke Darul Qohar.Jika anda ingin datang anda bisa tanya dan konfirmasi ke 081267541450 atau 087875684813.
        Wassalam
        Anwar

    16. harjuna berkata:

      Assalamualaikum Wr Wb
      Setelah saya membaca karakter dari juz 10 (juz anak saya), saya pengen tahu bagaimana caranya mengarahkan anak saya ke sifat yang positif?? bagaimana caranya ya pak???
      Saya tunggu info polanya ya pak Anwar… Terima kasih
      Wassalamualaikum Wr Wb

      • darulqohar berkata:

        Sdr Harjuna, cara mengarahkan anak dengan metoda ini cukup mudah.Beritahu dia tentang ayat tengahnya, ceritakan manfaat membaca Alqur’an dan kemudahan2 yang kelak Allah berikan bila dia dekat dengan Allah sebagai buah atau hasilnya. Bila dia suda mau membaca ( minimal ayt tengahnya, juz 10) insyaAllah Alqur’an itu sendiri akan membimbing dia.Jadi arahkan, motivasi dia untuk cinta Alqur’an dengan cara yang anda sukai.
        Wassalam

    17. harjuna berkata:

      Terima kasih atas sarannya. Anak saya itu baru berumur 1,7 bulan. Apakah ada pola tertentu untuk anak saya?

    18. harjuna berkata:

      Saya pengen memiliki Alquran format Usmani 18 baris, kalau saya pesan brp harganya ya pak?

    19. darulqohar berkata:

      kalau rasa gelisah, benci, marah,dongkol setiap manusia pasti pernah mengalaminya bagaimana kalau rasa ikhlas,bersyukur dapatkah bapak menerangkan kepada saya

    20. darulqohar berkata:

      juz katanya berserah diri dan mengenal diri,dan sadar diri, artinya berserah diri itu apa ? kalu sudah mengenal diri dan sadar diri terus selanjutnya apa yang harus kita lakukan mohon penjelasannya ?

    21. hadi berkata:

      assalamu’alaikum wrwb
      pak kalau kajian struktur Qur’an di surabaya apakah ada??

      • darulqohar berkata:

        Waalaikum salam sdr Hadi,
        Sampai saat ini kami bekum dapat informasi tentang tempat khusus pengkajian struktur Al Qur’an di Surabaya. Kami akan infokan kepada sdr segera jika kami dapatkan alamatnya.Sementara ini anda dapat menanyakan tentang keilmuan ini kepada kami, kami akan senang menjawabnya.
        Wassalam
        Anwar

        • hadi berkata:

          trimakasih atas jwabannya.saya sangat ingin belajar akan format Qur’an,untuk memulai belajar apa yang harus saya lakukan selain membaca Qur’an (lewat steping)???

        • darulqohar berkata:

          Sdr Hadi, sdr harus memulainya dengan mengikuti stepping yang sudah disusun agar mudah diikuti. Kalau anda belum punya Al Qur’an yang tepat serta buku-buku untuk belajar keilmuan ini, kami ada menyediakannya. Anda bisa pesan di 081267541450 atau 087875684813 (Anwar). Untuk komunikasi yang cepat anda bisa sms nomor diatas.Anda sudah pernah dibukakan juznya , juz berapa?
          Wassalam
          Anwar

    22. hadi berkata:

      saya juz 15..pak,untuk masalah steping saya sudah perna melakukannya tapi hanya sampai tahap 1 dan itu terputus sekitar 3 bulan yang lalu,kalau sekarang apakah saya harus mulai dari awal lagi kalau mulai belajarnya???kalau untuk Qur’an nya saya sudah punya yang format 18 standar darulqohar

      • darulqohar berkata:

        Sdr Hadi, kalau anda memulai stepping lagi dari awal, itu lebih baik. Apakah suda ada Al Qur’an yang tepat untuk keilmuan ini serta buku-buku yang anda perlukan unutuk menambah wawasan anda dalam memahami Al Qur’an?

        Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.Sdr. Bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar)
        Wassalam
        Anwar

    23. Muhammad Aris22 berkata:

      Assalamualaikum. Wr. Wb
      Minta Tolong Bukakan JUZ Anak Saya, Atas Nama ” JAUZA HAFIZDATUN NIDA “

    24. ananghariyon berkata:

      Assalamualaikum Wr. Wb.
      Kajian Juz, kalau di Malang Jawa Timur dimana kita bisa mengikutinya??? matur nuwun

    25. Ass.Wr Wb. Subhanallah walhamdulillah, sudah lama saya cari laman tema ini, sore ini saya dapatkan.Saya mengenal ilmu ini sudah>4 tahun, meskipun baru kulitnya saja, dan saya masih berusaha untuk membaca 1 juzz per hari.Kebesaran dan hidayah Allah Swt sudah beberapa kali saya lihat dan rasakan sendiri setelah mengamalkannya. Saya mengenal ilmu ini melalui saudara Gunawan (sayang no telpon beliau hilang-bersamaan dengan hilangnya handset saya-kalau ada yang tahu, saya bahagia sekali). Sebagai rasa bahagia dan syukur saya, Insya Allah minggu depan saya mentransfer sedikit rejeki saya yang Insya Allah akan ada di minggu depan – saya sendiri sekarang ini masih dalam”recovery condition”. Saya harap pengelola laman ini selalu dilindungi oleh Allah Swt dan diridhoi semua amal baiknya…Amien. Wassalam Wr wb.

      • darulqohar berkata:

        Assalamualaikum sdr Achmad Nugroho, senang mengetahui bahwa anda sudah lama mengenal keilmuan ini. Mengenai anda yang sedang “recovery Condition”, dari apakah? Barangkali kami bisa membantu.
        Untuk komunikasi yang lebih cepat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )
        Wassalam
        Anwar

    26. 087873339362f berkata:

      assalam mualikum wr wb,,
      tolong dibukakan juz saya firman ramdani.
      terimakasih !!!

      • darulqohar berkata:

        Assalamualaikum dsr Firman Ramdani, selamat datang di blog Darul Qohar.
        Sdr Firman, apakah sdr sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdr siap?

        Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Jika anda serius, anda bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )

        Kami akan senang membimbing sdr dalam hal mempelajari keilmuan ini. Dengan tersedianya perlengkapan belajar anda,( anda bisa pesan), hingga memudahkan bagi anda belajar dan memudahkan bagi kami membimbing anda. Dengan membeli Al Qur’an dan buku panduan , ini sudah menunjukkan keseriusan anda untuk mempelajari keilmuan ini.
        Untuk komunikasi yang lebih cepat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )
        Wassalam
        Anwar

        • aris berkata:

          Assalamualaikum. Saya ada pernah belajar MSFQ, dan ini saya ingin dan saya ingin memberikan materi kepada murid saya, saya agak-agak lupa materinya, karna lama egak baca materinya, oleh karna itu saya memerlukan materi dasar MSFQ. mohon di beri ……….

        • darulqohar berkata:

          Anda bisa beli dan pesan Dari Darul Qohar. Anda dapat hubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar)
          Wassalam
          DQ

    27. detty nilamsari berkata:

      di kota padang, adakah utk belajar pkajiannya

      • darulqohar berkata:

        Sdri Detty, belum ada tempat khusus pengkajian keilmuan ini di Padang. Ada beberapa orang yang bisa anda ajak diskusi (jika anda mau)
        anda hubungi kami di 081267541450 atau 087875684813 (Anwar)
        Wassalam
        Anwar

    28. salam, saya bergembira sekali, dengan kemajuan saudara- saudara- ku, bagaimana dengan acara tadarus jus mingguan atau bulanan ..penting lo untuk jaga stamina anda-anda sekalian, kan ada interaksi dengan masyarakat banyak (ketemu macam-macam frekwensi)…. itu tidak mudah looo……..,kalo orang malaisia mau, yaa bikinin dulu copo quran pojok di situs ini , supaya mereka dapat down load sendiri, yaaakan…… baru di tentir, lama-lama juga jalan deh ( nah bikin bahan di situs ini selain restu dari mamah, tolong dikawal oleh bentukan menghimpun dana, supaya silahturahmi dan ukuahnya bisa berlangsung terus.. dengan keterbukaan dan dibarengi kejujuran ilahiah ini … mudah-mudahan tidak ada tempat lagi yang tidak terjangkau di dunia ini…) yang semoga Allah panjangkan kuatkan dan tetapkan amal ibadah dalam darul qohqr ini, untuk kita sendiri masyarakat bangsa kita sendiri, dan dunia pada umumnya. dr R. Omar. 18

    29. Haryanto berkata:

      Assalamu ‘alaikum Wr Wb.
      Nama saya : Haryanto
      TTL : Trenggalek, 1 Oktober 1969
      mohon ditunjukkan juz berapakah diri saya,
      afwan wa syukran kabir

      • darulqohar berkata:

        Sdr Haryanto, apakah sdr sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat membelinya dari Darul Qohar.Apakah sdr siap?

        Jika anda serius, anda bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )

    30. Saya Mohon Izin untuk memuat ualng materi yang ada di blog ini di Group Facebook yg saya buat, semoga Bp. Ustadz tidak keberatan dan kalau berkenan Bapak bisa jadi salah satu Adminnya, Terima kasih. http://www.facebook.com/groups/paradigma.numerik.alquran/

    31. Rizal Rizaldi berkata:

      Salam kenal, mohon info apakah Majelis Pengajian Darul Qohar ini ada yang bertempat/ PIC di Bali?

      Terima kasih,

    32. andy berkata:

      assalamu alaikum,.. salam kenal, mohon info alamat Darul Qohar
      terimakasih..

    33. johan syahputra berkata:

      assalamualaikum
      masih adakah kajian numerik alquran ini?
      sy baru kenal dgn seseorang dan membuka dn menjelaskan sedikit tentang numerik ini.
      terakhir sy menemukan situs ni
      sungguh bermanffaat..dan Allah yg Maha Sempurna

    34. muhamad yusuf berkata:

      Assalamu alakum saya muhamad yusuf dicengkareng saya mau tanya jus saya berapa ya….mohon bimbingan ny

    35. Mushelfhy musni berkata:

      Semoga tempat pengajian alquran ini tetap ada dan semakin berkembang pengilmuannya amiin.

    36. mery susanah berkata:

      salam kenal pak, saya mery susanah, saya lahir tanggal 12 mei 1981, juz apa kira2 yg pantas untuk saya. terimah kasih sebelumnya,,

      • darulqohar berkata:

        Sdri Mery, apakah anda sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini?. Bila belum, sebagai syaratnya, bersediakah anda membeli Al Qur’an dan buku2 panduan belajarnya dari Darul Qohar agar anda dapat lang belajar dan mengamalkannya? Bila anda berminat, anda bisa hubungi saya di 0813-1931-5472 atau 0877-8115-3648
        Wassalam
        Anwar

    37. ass wr wb. bi nonih – kumaha damang? titip salam kanggo ka a’ang, abang, teteh, meymey sareng sadarayana..
      lama tidak mengunjungi bukitduri tanjakan, belajar di dunia nyata pasca menimba ilmu di qitri lewat ajaran kajian almarhum papah; kaget juga membaca di blog ini sekarang sepertinya sudah pindah ke depok..
      banyaaak sekali yg dari jauh aq amati – walau hanya di permukaan – sejak era pasca papah wafat ke era tabloid khalifah hingga kini ke ere darul qohar. insya allah kembali ke fitrah & khittah awal dulu

    38. Yaya nuriyati berkata:

      Ingin sekali gabung…tp jauh….nyebrang laut

      • darulqohar berkata:

        Assalamualaikuum.. wr.wb.

        Maaf… Sodari Yaya domisili daerah mana?.. InsyaAllah nanti akan kami kabarkan kalau ada jamaah yg berdekatan dg Sodari berdomisili… Atau langsung tlp kami,apa permasalahannya,biar lbh jelas.. Boleh juga ikutin kami di Facebook..

        Wassalam
        MPDQ-PS

      • darulqohar berkata:

        Facebook: MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR

    39. prio andoko berkata:

      ass wr wb, ustadz n pembimbing daqa..
      kami pingin tahu gambaran n cara menghitung rusukx ka’bah.. kok 19 ya
      dari mana n bagaimana cara ngitungx
      kalo berkenan mohon di jelaskan atau kirim saja di email kami
      wass wr wb
      hormat kami /prio andoko situbondo jawa timur

      • darulqohar berkata:

        Wa’alaikuumussalam Wr.wb..

        Saudara Prio Andoko yang baik… Terimaksih sudah mengikuti terus blog kami ini & sudah mulai mau memberi pertanyaan kembali kepada kami setelah sekian lama dari tahun 2012.
        Saudaraku.. Rusuk Ka’bah ada 19 dihitung setelah bentuk Ka’bah (kubus/kotak) itu di bongkar sesuai sisi ka’bah yang ada 6 sisi, kemudian setiap sambungan itu kita hitung ada 19, sambungan itulah yang kami sebut rusuk Ka’bah.
        Untuk membuktikannnya silahkan Saudara membuat kubus/kotak, kemudian sisi atasnya lepaskan memanjang sampai sejajar dengan sisi bawah, sisi samping kiri, kanan & depan akan terbuka sejajar dengan sisi bawah. Perhatikan tiap sisi dan bekas lipatan antara sisi itu, kemudian hitung, pasti ada 19 rusuk.
        Maaf, kami belum bisa memberi gambar detailnya karena ada masalah teknis. InsyaAllah Saudara Prio bisa paham apa yag kami maksud.. Terimakasih, selamat mengaji, belajar dan mengkaji, semoga Allah SWT memberi pahala lebih banyak kepada Saudara Prio dan keluarga… Amiin.

        Wassalam
        MPDQ-PS

    40. irul berkata:

      Terapi autis dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur’an

      anak autis
      ciri-ciri autis
      gejala autis
      autisme
      penyebab autis
      terapi autis
      makalah autis
      pengertian autis

      silahkan menghubungi kami Telp: 021-87745100/081398098952 (Khoirul Abror)
      Alamat Syifa’Q : Jl. Bakti Abri Rt:2/10 No.57 Sukamaju Baru, Tapos, Depok

      • buchory berkata:

        Assalammualaikum.

        saya Imam Buchory dari Surabaya. untuk wilayah surabaya, dimana saya bisa membeli buku-buku dari MP Darul Qohar, terutama Al-Quran format 18 baris.
        terima kasih

        • darulqohar berkata:

          Wa’alaikumsalam wrwb.. Pak Imam Buchory.
          Mhn maaf pak, kalau untuk wilayah Surabaya kami belum mendapat info dimana buku tersebut dapat dibeli.
          Namun bila tidak berkeberatan bpk bisa memesannya melalui kami.
          Terima kasih pak.
          Wassalam

    41. Raja Hasan berkata:

      Assalamualaikum, saya belum pernah dibukakan juznya, dan belum tau tentang ini, mohon sudi kiranya saya dibukakan juznya…..semoga saya bisa mempelajarinya….nama Raja Hasan 31 januari 1962 tinggal di batam makasih ……

      • darulqohar berkata:

        Sdr Hasan yang baik, apakah anda sudah tahu juz anda sebelum ini? juz berapa? Sebagai syarat dibukakan juznya, apakah anda bersedia membeli Al Qur’an dan buku-buku panduan belajarnya, agar anda bisa langsung belajar dan mengamalkannya, mau? Anda bisa sms ke 081267541450 (pak Anwar )
        Kami tunggu jawaban anda
        Anwar

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s