Karakter Diri Juz 14 ( Keras Kepala Namun Peduli Sesama )


Surat yang ke 14 adalah Ibrahim, dalam kajian Struktur dan Format Al-Qur’an ini surat Ibrahim merupakan simbol dari keteguhan dalam memegang prinsip atau pendirian dan ketegasan dalam mengambil sikap. Modal dasar karakter yang memang di akui “lebih” daripada yang lain.

Andaikata orang yang membawa karakter Juz 14 bisa sedikit menahan diri dan bisa mengendalikan emosi dan egonya, bisa dipastikan karakter di atas menjadi dominan pada dirinya, dalam kajian Struktur dan Format Al-Qur’an ini, surah Ibrahim merupakan simbolisasi dari gunung berapi, seperti kita ketahui gunung berapi terdapat magma yang senantiasa bergejolak dan siap untuk ” di muntahkan ” kapan saja.

Seperti halnya gunung berapi yang kuat menyimpan dan meredam panasnya magma, Juz 14 juga memiliki kemampuan seperti itu. Dia bisa meredam emosi yang ada pada dirinya, namun jangan salah, pada suatu saat magma itu bisa keluar yang berakibat rusaknya bentuk gunung dan daerah sekitar. Bila seorang Juz 14 dalam keadaan emosi, dia akan berbuat sesuka hatinya tanpa memperdulikan lingkungan sekitar dan dirinya. Akibatnya bisa merusak diri sendiri bahkan orang lain.

Juz 14 terdiri dari dua surat yaitu surah AL-Hijr dan surat An-Nahl.

Surah Al-Hijr yaitu dari ayat 2 sampai ayat 99, hal ini merupakan indikasi awal bahwa seorang yang membawa karakter Juz 14 mempunyai sifat keras kepala. Apa yang di inginkannya harus segera tercapai, kalau perlu dia mengambil inisiatif sendiri sekalipun tanpa bantuan orang lain.

Wajar kesan teledor dan ceroboh melekat pada dirinya karena dalam melakukan sesuatu tanpa di sertai oleh pertimbangan yang matang. Hal inilah yang terkadang bisa membahayakannya. Dalam kondisi ini dia bisa bersikap ” cuek bebek “, artinya apapun kata orang tentang dirinya dan apa yang hendak di lakukannya tidak akan peduli. Sifat tersebut merupakan representasi dari Al-Hijr yang berarti batu.

Yang menarik adalah satu ayat dari surat Al-Hijr ini tertinggal pada Juz 13 ( ada di Juz 13 ). yang menjadi pertanyaan adalah kenapa hanya satu ayat saja yang tertinggal, tidak dua, tiga, empat dan seterusnya. Salah satu pesan yang bisa kita tangkap terutama yang berhubungan dengan karakter orang berjuz 14 adalah segi kejiwaan dan mentalnya yang labil.

Bisa di pastikan pada saat menghadapi masalah yang berat atau ada masalah yang mengganggu pikiran dan perasaanya, maka dia akan merasa seolah-olah ada sesuatu yang hilang pada dirinya, perasaan blank atau kosong mungkin lebih tepat untuk menyebut situasi tersebut. Pada akhirnya bermuara pada kegalauan dan kebingungan yang memang acapkali menimpanya, kenapa hal tersebut bisa terjadi?.

Cobalah kita merujuk angka satu pada arti ‘Ain, maka kita akan mendapatkan bahwa ‘Ain satu bermakna otak atau pribadi, dimana seharusnya ayat 1 dari Al-Hijr tersebut tergabung dengan 98 ayat yang lain pada Juz 14, tetapi dia harus terpisah dan ” hilang” dari komunitasnya dan menyatu dengan komunitas yang lain pada Juz 13.

Kehilangan satu ayat ini juga merupakan gambaran bahwa dia akan selalu merasa kurang atau ada yang hilang pada dirinya. Oleh karena itu, dia harus selalu berada dalam kondisi yang positif dan tidak terlalu terbebani dengan permasalahan-permasalahan yang berat untuk menjaga perasaannya agar tidak terjerembab dalam situasi kosong yang bisa mempengaruhi bahkan menggangu kesehatannya secara fisik dan non fisik.

Total ayat dari surah Al-Hijr yang terdapat pada Juz 14 adalah 98. Bila kita merujuk pada surat ke 98 adalah Al-Bayyinah yang berarti Bukti yang Nyata. hal ini juga menunjukan bahwa orang yang berjuz 14 tidak mudah percaya terhadap orang lain dan apa yang di sampaikannya sampai ada bukti yang jelas di hadapannya atau setidaknya masuk dalam pemikirannya. Boleh di bilang dia mempunyai kapasitas intelektual dan daya nalar yang baik. beda halnya jika surat Ibrahim yang dominan. Dia bisa menjadi seorang yang penurut kepada seseorang yang di anggap panutan. Apapun kata orang tersebut akan di turuti, meskipun salah. Inilah hal yang paling berbahaya.

Merujuk pada arti ‘Ain, maka ‘Ain ke 14 artinya Rencana. Bila di hubungkan dengan surah Al-Hijr, maka bisa di katakan bahwa dia sangat keras atau gigih untuk menjalankan rencananya itu. Bila sudah begitu, jangankan siang hari, malam haripun dia rela keluar untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Jangankan dekat, jauh pun akan dia tempuh untuk merealisasikan rencananya itu. Jika itu tidak bisa di penuhi atau kita penuhi, emosinya bisa meledak tak karuan.

SuraT berikutnya adalah An-Nahl yang artinya Lebah, yaitu dari ayat 1 sampai ayat 128. Kalau kita mempelajari karakteristik hewan yang bernama lebah, maka kita akan mendapatkan banyak karakter yang merupakan refleksi dari karakter orang yang berjuz 14. Karena itulah salah satu rahasia Allah SWT. di balik pencantuman nama hewan jenis herbivora tersebut menjadi sebuah surah dalam Al-Qur’an. Baiklah mari kita uraikan dan korelasikan sifat-sifat hewani lebah ke dalam karakter Juz 14.

Lebah adalah salah satu dari sekian banyak hewan yang tergolong canggih dan pandai dalam membuat sarang serta menjaganya. Hal tersebut juga tercermin dari karakter orang yang berjuz 14, dia adalah seorang yang terampil dalam melakukan pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan kejelian yang tinggi, khususnya yang di kerjakan dengan tangan ( handy ), misalnya handycraft ( kerajinan tangan ).

Talenta tersebut di pertegas dengan hasil pemampatan 14 >> 1 + 4 = 5. ‘Ain 5 berarti tangan atau penanganan. Memang inilah salah satu kelebihannya, dia sangat telaten dalam menangani sesuatu yang memerlukan kesabaran. Sementara itu lebah merupakan binatang yang sangat sensitif. Ada perubahan sedikit saja di sekitar saranganya, dia akan cepat bereaksi. Dengan kata lain, dia bisa menjadi orang yang peka perasaan sekaligus mudah tersinggung.

Bidang lain yang terkait dengan batu dan lebah adalah arsitektur dan seni bangunan, boleh di bilang dia memiliki sense of art yang tinggi, karena kalau kita lihat bahwa surat An-Nahl di letakan sesudah Surat Al-Hijr, maknanya adalah bahwa pada zaman dahulu sebelum ada semen untuk merekatkan batu, nenek moyang kita terlebih dahulu mengenal dan menggunakan media madu dan telur sebagai bahan perekatnya. dari sini kita mengetahui dan menyadari bahwa penempatan urut-urutan surah Al Qur’an tidak sembarangan karena di dalamnya terdapat apa yang di namakan sebagai I’jaz yaitu nilai kemukjizatan Al-Quran.

Dari Sifat lebah, kita juga bisa mengetahui bahwa dia juga merupakan orang yang cenderung over protective terhadap lingkungannya. Mulai dari dirinya, keluarga dan orang-orang terdekatnya bahkan terhadap barang-barang yang menjadi koleksinya.

Dia akan bersikap reaktif dan progresif jika ada orang yang mencoba mengusiknya, sebagaimana lebah yang akan menyerang langsung siapa saja yang mencoba mengganggu sarang dan ratunya.

Namun kalau kita bisa menanganinya ( lebah ) dengan baik, maka dia akan menghasilkan cairan yang di sebut Al-Quran sebagai “Syaraabun Mukhtalifun Alwaanuhu fiihi Syifaun Lin-Naas ” ( Minuman yg bermacam-macam warnanya yang mengandung obat bagi Manusia ) atau yang lebih di kenal dengan Madu.

Madu merupakan jenis minuman natural hewani yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kita, Kita juga bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Begitu pula dengan orang yang membawa karakter Juz 14, ketika kita bisa menghadapi, bergaul,dan bersosialisasi padanya dengan baik, entah dalam kapasitas sebagai suami, adik, kakak ataupun teman, maka dia akan memberikan “madu”nya. Artinya dia pun akan membalas apa yang telah kita lakukan kepadanya, bahkan bisa berlebih. Dari sifat inilah tidak jarang dia ” dimanfaatkan” oleh orang lain, karenanya dia harus lebih berhati-hati dalam memilih dan lebih selektif terhadap orang yang akan di berinya madu.

Sebaliknya dia akan membalas dengan memberikan “sengatan maut” ( bisa berupa perkataan atau perbuatan ) apabila kita mencoba mengusik ataupun menyakitinya. Jangan heran jika kita mendapati orang yang membawa karakter Juz 14 mengucapkan kata-kata yang pelan tapi “menyengat” atau nyelekit yang bisa membuat lawan bicaranya terdiam dan tidak berkutik.

Sebagaimana kita tahu, ketika lebah terbang tentu menimbulkan suara, itulah yang terjadi pada dirinya, tangan atau kakinya bekerja, tapi mulutnya juga bersuara. Sebagai salah satu binatang yang sensitif dengan perubahan keadaan, maka hal ini juga memberikan pengaruh kepada orang Juz 16. Sedikit saja ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang di rencanakan akan membuatnya mudah panik. Kalau kepanikan ini sudah melanda dirinya, maka dapat di pastikan dia akan kehilangan akal sehatnya atau paling tidak dia akan melupakan hal yang seharusnya mudah dan lebih penting dia ingat. Selanjutnya, emosinya bisa meledak tak terkendali, dia tidak peduli di mana atau dengan siapa dia meluapkan emosinya. Hal inilah yang perlu di kendalikan dan di jaga olehnya agar semuanya tidak terlanjur menjadi berantakan.

Hal ini bisa juga menjadi kelebihannya, dia bisa menjadi orator, juru bicara, atau orang yang berhubungan dengan banyak orang, misalnya sebagai PR ( Public Relation ). Orang yang membawa karakter Juz 14 selalu terburu-buru dan cenderung kurang pertimbangan untuk segera melakukan apa yang di pikirnya ( Ide dan Keinginan ). Disisi lain dalam suatu kondisi, dia sangat membutuhkan orang lain di sisinya untuk hanya sekedar curhat. Oleh karena itu, kesan manja dan butuh perhatian juga menempel pada dirinya.

Daya cerna orang yang berjuz 14 memang baik, bahkan kalau perlu diterima dulu baru di cerna kemudian. Dengan kapasitas daya cerna yang baik menghantarkannya untuk pandai mencari kaitan antar berbagai masalah. dengan kata lain analisisnya juga tergolong tajam.

Tidak jarang di temui orang yang membawa karakter juz 14 cenderung gemar berbicara atau cerewet, terlebih kaum hawa. sebaliknya bila dia seorang laki-laki, dia cenderung diam. namun sering kali hasil dari analisisnya tersebut merupakan solusi atas permasalahan yang sedang di hadapi sehingga bermanfaat bagi orang lain. Dia senantiasa ingin berbuat “sesuatu” yang positif untuk lingkungannya. Orang Juz 14 bisa di katakan mudah bergaul dan dapat menghidupkan suasana di mana dia berada dengan celotehnya.

Salah satu kelemahannya adalah ketika dia berhadapan pada sebuah persoalan yang dia tidak tahu inti ( pokok ) permasalahannya. Sehingga seringkali dia bersikap pesimis dan kurang percaya diri jika dia merasa tidak mempunyai ” modal ” atau kemampuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tapi itu sebenarnya hanya perasaannya saja, karena andaikata dia mencobanya terlebih dahulu peluang kesuksesan terbuka lebar di hadapannya.

Orang Yang berjuz 14 selalu ingin menyelesaikan permasalahannya sendiri, ada sebuah kekuatan ( karakter ) yang mendorong dirinya untuk cepat-cepat menanganinya sendiri tanpa perlu pikir panjang. Begitu juga  bila dia mendengar atau melihat seseorang yang mendapat masalah, dia ingin cepat-cepat dapat membantunya, terlepas apakah sanggup atau tidak menyelesaikannya.

Hal ini sering kali di manfaatkan oleh orang lain karena sifatnya yang “ringan tangan” dia juga tipe pekerja keras dan telaten. artinya dia akan melakukan hal apapun yang menjadi pekerjaan dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya dia bisa berbalik menjadi orang yang malas melakukan sesuatu jika perasaannya terganggu atau dengan memakai istilah yang telah di jelaskan di awal sebagai ” kondisi kosong”.

Dia tergolong orang yang normatif, atau dengan kata lain dia akan berusaha memposisikan dirinya agar sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku pada lingkungannya. Namun sebaiknya dia akan menjustifikasi salah terhadap siapapun yang melanggarnya.

Berdasarkan Halaman AL QUR’AN Juz 14 ( ada 16 halaman )

Taktis ( Jumlah Ayat halaman 1 s/d 6 )

Suratnya adalah An Naas ( Manusia-manusia ) . Untuk bisa mewujudkan keinginannya dengan baik, seharusnya dia harus melibatkan banyak orang sebagaimana sistem kerja lebah yang saling bergotong royong dan saling membantu antara satu dengan yang lain.

Dalam kerangka berpikirnya, dia ingin menjadi manusia yang sempurna, baik itu untuk dirinya atau di mata orang lain. Hal ini terkait surat An Naas yang merupakan penutup atau surat terakhir dalam urutan Mushaf Al Qur’an.

Negatif dan Positif ( Jumlah Ayat hal 7 s/d 13 )

Suratnya adalah 76, jika kita kolerasikan di Al Qur’an maka kita akan mendapatkan surah Al Insaan ( manusia ). Dari sini terlihat kecenderungan orang yang berjuz 14 bersikap individual dalam menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak melihat kiri-kanan atau tanpa bantuan atau pertimbangan orang lain karena Al Insaan berbentuk Mufrad, Singular ( tunggal, individu ), sedangkan pada taktis berbentuk jama’, plural ( An-naas ).

Dari sini nampak jelas bahwa Juz 14 adalah orang yang  memiliki jiwa sosial yang luar biasa. Tingkat empatinya bisa di bilang luar biasa. Dia mudah sekali terpengaruh oleh keadaan seseorang, kadang dia susah membedakan apakah orang tersebut berpura-pura atau memang keadaan yang sebenarnya.

Untungnya jumlah ayat dari surat Al-Insaan atau Ad-Dahr adalah 31 ayat. Surah ke 31 adalah surat Luqman, simbol sebuah kebijaksanaan. Di satu sisi dia susah membedakan permasalahan atau keadaan seseorang, sementara di sisi yang lain dia bisa bersikap bijaksana dalam menentukan sikapnya.

JALAN KELUAR ( Jumlah Ayat Hal 14 dan 15 )

Suratnya Al-Mu’minun ( Orang-orang yang beriman ). Disinilah kunci seorang Juz 14 dalam menyelesaikan masalahnya, semakin dia mendekatkan diri kepada Allah SWT, semakin mudah dia menemukan solusi atau jalan keluar dari masalah yang di hadapi. Al-Mu’minun tidak semata-mata mengenai orang orang mu’min, ada unsur logika atau akal yang turut berperan. Pasalnya banyak sekali ayat dalam Al Qur’an menyuruh orang-orang yang beriman menggunakan akalnya. Hal ini juga memberikan isyarat bahwa seorang Juz 14 dalam  menyelesaikan masalah hendaknya tidak meninggalkan logikanya. Sebab seringkali dia menyelesaikan masalah dengan emosi dan perasaan.

DASAR ( Jumlah Ayat Halaman 16/akhir )

Suratnya adalah Ar Ra’du ( Petir, Kilat ). Hal ini menunjukan karakter dasar Juz 14 yang cenderung keras dan susah di nasehati dan kalau sedang emosi bicaranya meledak-ledak layaknya suara petir yang menggelegar. Terkadang emosinya ini tidak mengenal tempat dan waktu. Inilah yang harus di kendalikan dari orang berjuz 14….

Terima Kasih….

72 Balasan ke Karakter Diri Juz 14 ( Keras Kepala Namun Peduli Sesama )

  1. darulqohar berkata:

    sudah Terjawab di atas mbak ( Kolom Program Buka Juz A/n Marsela )….untuk karakter panjang sekali penjabarannya mbak…garis besar bisa di lihat di menu halaman karakter juz di atas….

  2. Fadlan berkata:

    saya ingin mengetahui lebih jauh tentang juz diri saya…
    Saya lahir tanggal 30 April 1978
    Kira-kira apa juz diri yang cocok dengan saya dan seperti apa karakter diri saya menurut Al-qur’an?
    Terimakasih sebelumnya….

  3. harmani berkata:

    Assalaamu’alaikum wr.wb
    Saya ingin mengetahui juz calon suami saya. koko ruswanto 21 april 1988.
    Terima kasih.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr.Wb..
      Setelah kami Monitor dan Mohon Petunjuk ALLAH SWT, InsyAllah Mas Koko Juz 16…Harap setelah di buka-kan juznya untuk segera membaca juz nya di AL-Quran, dan AL-Quran Yang di gunakan Al-Quran Mushaf Utsmany Format 18 BAris…TErima Kasih..

      Wassalam Wr.Wb

  4. andre berkata:

    Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya ingin mengetahui juz diri saya. Tgl lahir 10 november 1983. Terima kasih buat bantuannya

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum Salam Wr..Wb
      Maaf terlambat menjawabnya, karena kesibukan kami masing-masing ( Kami mengadakan pesantren kilat mengenai Numerik Al=Quran )..
      Setelah kami Monitor dan Mohon Petunjuk ALLAH SWT, InsyAllah Mas Andre Juz 23, kami mohon kiranya segera di baca juz nya di AL-Quran, mengenai tata cara baca dan Al-Quran yang di gunakan kami harap di lihat uraian kami di halaman Awal Blog ini di buka..terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb

      By R21

      • sarah berkata:

        ass wr wb. sy ingin tahu karakter saya, nama saya siti sarah tanggal lahir saya 7 maret 1980

      • darulqohar berkata:

        Sdri Sarah, apakah anda sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini?. Kalau belum, sebagai syarat dan tanda kesungguhan anda ingin belajar keilmuan ini, anda harus membeli Al Qur’an dan buku panduan belajarnya dari Darul Qohar. Jika anda bersungguh-sungguh, anda bisa sms 081267541450 atau 087875684813 (Pak Anwar)

        Kami tunggu jawaban / sms anda
        Wassalam
        Anwar

  5. jotendai berkata:

    salam tn..
    saya juz 14 tidak mempunyai format 18 baris..jadi perkara ini telah melewatkan pembacaa juz saya,jadi apakah perkara akan terjadi sekira nya melewat ato terlewat membaca juz..

    • darulqohar berkata:

      Bapak Yang Baik Hati dan senantiasa di rahmati ALLAH SWT..
      Tidak ada satu perkara apapun yang terjadi jika kita tidak membaca Al-Quran/Juz seperti yang kami sarankan..Al-Quran itu di turunkan di muka bumi ini adalah sebagai Huda/Petunjuk bagi Umat Manusia, sekiranya sudah jadi petunjuk maka segala macam hal apapun permasalahan hidup kita di dunia ini harus kita larikan ke Al-Quran..
      Ada lagi Al-Quran Sebagai Syifa/obat melalui ayat-ayatnya yang kita baca, makanya di blog ini kami berikan contoh pola bacaan untuk menyembuhkan berbagi macam penyakit hanya dengan membaca AL-Quran dengan metode terstruktur dan sesuai dengan racikan layaknya obat, insyAllah bisa menyembuhkan apapun penyakit dan apapun permasalahan hidup kita, itulah keyakinan kita jika kita sandarkan ke AL-Quran sebagai media komunikasi kita kepada ALLAH SWT..
      Hidup kita ini adalah untuk mengenal diri/kenal diri untuk lebih mengenal ALLAH SWT..That’s It…nah metode buka juz ini adalah dalam rangka kita untuk mengenal diri kita, kenal segala macam kelebihan kita dan segala macam kekurangan kita..media atau jembatannya ya silahkan anda baca juz anda yang telah kami buka-kan…kita membuka juz orang tidak main-main karena bentuk pertanggung jawaban kita kepada ALLAH SWT, makanya kami mohon di baca setelah kami buka-kan ( siapa yang kenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya )…Itu saja sekelumit jawaban kami…terima kasih…( Mengenai AL-Quran jika minat silahkan hubungi pak anwar Hamzah di 021-28879046 )…

      Wassalam Wr.Wb

      By Syahroni Noor 21

  6. Akbar Ali Ahmad berkata:

    Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya ingin mengetahui juz calon istri saya saya. Tgl lahir 11 Agustus 1990. Terima kasih buat bantuannya

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikum salam Wr.Wb..

      Terima kasih telah berkunjung ke Blog Kami…
      Saya minta maaf baru di balas , karena saya hampir 1 bulan dinas di luar kota dan tidak memegang web sejak saat itu ( tidak berhubungan dengan Internet ), memang tugas itu saya serahkan ke teman-teman lain, tapi ternyata banyak yang belum di balas, sekali lagi saya mohon maaf….Alhamdulillah sekarang saya telah kembali…

      Maaf data bapak kurang lengkap, silahkan masukan nama calon istri bapak…nanti isnyAllah saya Jawab, dan harus di baca juz nya ya pak….Terima kasih…

      Wassalam Wr.Wb..

      By R21

  7. Akbar Ali Ahmad berkata:

    Terimakasih telah menerima menjawab pertanyaan saya, saya dulu sekitar tahun 2008 aktif sekali mengikuti kajian paradigma numerik struktur Alquran pada saat saya kuliah di jakarta melalui Majalah Khalifah, tapi karena majalah khalifah tidak lagi membahas paradigma numerik struktur Alquran dan melalui pengasuh majalah itu saya tahu bahwa saya mempunyai karakter diri Juz 14, untuk itu saya mau tanya karakter juz calon istri saya: Lely Resiana Agustine, Tgl lahir 11 Agustus 1990

    • darulqohar berkata:

      Assalamu’alaikum Wr.Wb..

      Setelah Kami Monitor dan Mohon Petunjuk ALLAH SWT, Sdri Lely Agustine Resiana, insyAllah Juz 21, mohon di catat dan di ingat juz nya tersebut dan mohon langsung di baca juz nya di AL-Quran Mushaf Utsmany Format 18 BAris….Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membaca nya….itu saja terima kasih …

      Wassalam Wr.Wb..

      By R21

  8. Akbar Ali Ahmad berkata:

    Maaf koreksi nama calon istri saya adalah Lely Agustine Resiana

  9. Nor halimah berkata:

    saya ingin tau,saya kelahiran 25 juli 1990
    lahir rabu wage
    juz berapa yah saya
    terimakasih

    • darulqohar berkata:

      Sdri Nor Halimah,.Apakah saudari sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa? kalau sudah dibukakan juznya sdri diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdri siap?
      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.Sdri. Bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar). Kami tunggu jawaban sdri. Wassalam
      Anwar 29

    • darulqohar berkata:

      InsyaAllah anda Juz 9

  10. riri berkata:

    Pak sy bisa minta bantuan untuk bacakan juz 14 utk saya

  11. ida berkata:

    ASWB, SAYA INGIIN MENGETAHUI JUZ DIRI SAYA, IDA WAHYUNI SAYA LAHIR TANGGAL 29 MARET 1985

  12. wasto berkata:

    assalamu’alaikum Wr,WB
    nama saya wasto saya mau tanya saya lahir tanggal 12 april 1986,sebenarnya juz berapa yg sesuai karakter saya,,,

    trima kasih,,,,

    • darulqohar berkata:

      Sdr Wasto, apakah sdr sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdr siap?

      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.Sdr. Bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar). Kami tunggu jawaban sdr. Wassalam

  13. bingung66 berkata:

    asalamualaikum,saya ahmad zamyuri .09.12.1977 apa ya juz saya.mohon bantuanya

    • darulqohar berkata:

      Sdr Ahmad Zamyuri, apakah sdr sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdr siap?

      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.Sdr. Bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar). Kami tunggu jawaban sdr. Wassalam
      Anwar

  14. agus berkata:

    Assalamu’alaikum Wr,WB
    Ustadz saya mau tanya juz . nama Muthobiati 6 Juli 1974 .

  15. sherly berkata:

    Assallamualaikum…
    Kk sAya ingin tau juz nya lahir tgl 20 april 1976 terima kasih

    • darulqohar berkata:

      Sdri Sherly, nama kakak anda siapa ? Apakah dia mau mengaji dengan metoda keilmuan ini? Apakah sudah pernah dibukakan junya sebelum ini, juz berapa?

      Kami akan senang membimbing sdr dalam hal mempelajari keilmuan ini tapi sdr juga harus menunjukkan keseriusan dalam belajar, jadi bukan hanya sekedar ingin tahu. Sediakanlah alat2 perlengkapannya, anda bisa pesan, hingga memudahkan bagi anda belajar dan memudahkan bagi kami membimbing anda.Anda siap ?. Kami tunggu jawaban anda.

      Untuk komunikasi yang lebih cepat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar)
      Wassaalam
      Anwar

  16. Amalia berkata:

    Assalamu’alaikum, saya Amalia Rachmawati, 14 Oktober 1980, kira2 apa y juz saya? mngenai angka 14, bukan krn apa2, tp krn kebetulan tgl lahir, saya sllu memilih angka itu pengisian ttentu, misal spt alamat email, password, dll..tlg pjelasannya, trima kasih..

    • darulqohar berkata:

      Sdr Amalia, nanti kami khabari.Anda bisa sms 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar)
      Wassalam
      Anwar

      • sofiana nurhaeni berkata:

        Ass wr wbr blh sy nanya jus anak sy namanya Gilang Puji Hartadi tgl lhr 15 Juni 2003

      • darulqohar berkata:

        Sdr Gilang, sebagai syaratnya anda harus membeli Al Qur’an dan buku panduan belajarnya agar anda bisa langsung belajar dan mengamalkannya. Kalau anda serius dan berminat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar)
        Wassalam
        Anwar

    • darulqohar berkata:

      Assalamualaikum sdi Amalia, setelah dibukakan juz sdri adalah juz 17.Kebiasaan memakai angka tgl lahir di berbagai kegiatan adalah lumrah dan biasa karena angka itu mudah diingat. SEmoga anda faham
      Wassalam
      Anwar

  17. ahmad kamal berkata:

    Assalamualaikum…wbh
    Terimakasih Bapak atas bukaan juz saya iaitu juz 14. Saya mahu konformasinya juz 14 ,

    1-Permulaannya adalah surah Ibrahim dan akhirnya adalah surah An-Nahl ,adakah ini benar ya Bapak?
    2-Adakah hanya perlu baca surah Ibrahim sahaja?

    Wassalam
    ahmad

    • darulqohar berkata:

      Juz 14 berisi
      1. surah Al Hijir ayat 2 s/d 99
      2. Surah An Nahl ayat 1 s/d 128
      Sebaiknya anda punya Al Qur’an mushaf Usmani format 18 baris. Bila anda belum punya anda bisa pesan kepada kami dan kami akan kirimkan berserta panduan cara membaca juz anda dan pola2 baca yang diperlukan bagipemula dalam keilmuan ini.

      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi.Sdr. Bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 (Anwar). Kami tunggu jawaban sdr.
      Wassalam
      Anwar

  18. ahmad kamal berkata:

    Assalamualaikum….wbh
    Terimakasih atas penjelasan Bapak yg dikasihi…saya mahu konformasi sekali lagi harap Bapak tidak jemu atas persoalan ini…

    Mengikut fahaman saya…saya juz 14 dan saya hanya perlu baca surah yg dibawah sahaja
    1. surah Al Hijir ayat 2 s/d 99
    2. Surah An Nahl ayat 1 s/d 128

    Wassalam
    ahmad

    • darulqohar berkata:

      Benar, tapi itu adalah tahap dasar dari pembacaan juz anda. Masih banyak kombinasi cara baca juz selain itu ( juz + ayat2 lain) untuk anda bisa melihatnya di blog Darul Qohar. Kala anda ingin bertanya, sebaiknya anda sms sahaja kalau ingin jawaban yang cepat.
      Wassalam
      Anwar

      • ahmad kamal berkata:

        Terimakasih atas penjelasan Bapak. Hanya Allah SWT yg mampu membalasnya.

        InsyaAllah untuk perkara yg lebih teliti masa hadapan sy akan cuba hubungi Bapak melalui sms.
        Moga Bapak juga keluarga serta seluroh warga DarulQohar akan sentiasa di rahmati Allah SWT hendaknya.

        Wassalam
        ahmad

      • darulqohar berkata:

        Terimakasih

  19. rano berkata:

    Assalamu alaikum, pak nama saya Rano Ariyaprajaka 7 april 1974, pernah buka juz melalui khalifah yaitu juz 15, sudah benarkah juz saya? Mohon di ricek pak trima kasih

    • darulqohar berkata:

      Assalamualaiku sdr Rano, seteleh kami re-cek, benar anda berjuz 15 dan pesanan Al Quran dan buku2 telah kami kirim melalui JNE dengan nmor resi :1904399980006
      Wassalam
      Anwar (Darul Qohar)

  20. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya ingin mengetahui juz diri saya. Nama Achmad Fachrurrizal, tgl lahir 4 Februari 1987. Terima kasih buat bantuannya.

    • darulqohar berkata:

      Assalamualaikum sdr Fachrurizal, terimakasih telah berkunjung ke blog Darul Qohar.
      Sdr Rizal, apakah sdr sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdr siap?

      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Jika anda serius, anda bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )

      Kami akan senang membimbing sdr dalam hal mempelajari keilmuan ini. Dengan tersedianya perlengkapan belajar anda,( anda bisa pesan), hingga memudahkan bagi anda belajar dan memudahkan bagi kami membimbing anda. Dengan memesan Al Qur’an dan buku panduan , ini sudah menunjukkan keseriusan anda untuk mempelajari keilmuan ini.
      Untuk komunikasi yang lebih cepat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )
      Wassalam
      Anwar

  21. putry berkata:

    saya lahir tgl 12 januari 1995 juz diri putri apa ya???

    • darulqohar berkata:

      Sdri Putry,selamat datang di blog Darul Qohar. Juz tida hanya untuk diketahui, tapi juga untuk dimaksimalkan dengan membaca Al Qur’an.
      Sdri Putry, apakah sdri sudah pernah dibukakan juznya sebelum ini, juz berapa?. Nanti, kalau sudah dibukakan juznya sdr diminta mengaji dengan metode yang telah ditetapkan dan harus menggunakan Alqur’an yang tepat,untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Apakah sdr siap?

      Kalau sdr kesulitan menemukan Alqur’an yang tepat ( memang sulit)’ kami ada menyediakannya serta buku2 modul belajar keilmuan ini dari pengetahuan dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Jika anda serius, anda bisa menghubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )

      Kami akan senang membimbing sdr dalam hal mempelajari keilmuan ini. Dengan tersedianya perlengkapan belajar anda,( anda bisa pesan), hingga memudahkan bagi anda belajar dan memudahkan bagi kami membimbing anda. Dengan membeli Al Qur’an dan buku panduan , ini sudah menunjukkan keseriusan anda untuk mempelajari keilmuan ini.
      Untuk komunikasi yang lebih cepat, anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar )
      Wassalam
      Anwar

  22. santi berkata:

    Assalamualaikum y akhi y ukhti.nama saya santi.saya lahir pada tanggal 21 januari 1993.kira” saya membawa karakter juz berapa y? Trimakasih y akhi y ukhti..

    • darulqohar berkata:

      Sdr Santi, juz diri bukan hanya untuk diketahui saja, tapi untuk dipelajari, difahami dan diamalkan untuk kebaikan anda didunia maupun setelah anda tiada nanti.
      Bila anda serius dan memang ingin mempelajarinya, anda harus membeli 1(satu) Al Qur’an dan buku panduannya dari Darul Qohar. Anda bisa belajar dan konsultasi dengan kami bila anda kesulitan. Bila anda belum pernah dibukakan juznya dan ingin belajar, hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Pak Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  23. Dani Indra-one berkata:

    saya ingin mengetahui lebih jauh tentang juz diri saya…
    Dani Indrawan 03 juni 1994
    Kira-kira apa juz diri yang cocok dengan saya dan seperti apa karakter diri saya menurut Al-qur’an?
    Terimakasih sebelumnya….

    • darulqohar berkata:

      sdr Indrawan, juz diri itu tidak dipilih atau dicocok-cocokan, karena sudah ditentukan sejak anda ada dalam kandungan.Seseorang yang telah mengetahui juz dirinya, harus membacanya dan mempelajari serta mengamalkannya selama hidupnya untuk meningkatkan potensi diri yang mana telah di ketahui kuat dan lemahnya melalui juz diri.Apakah anda bersedia memmbeli Al Qur’an dan buku modul pelajaran keilmuan ini dari Darul Qohar?

      Bila anda berminat anda bisa hubungi 081267541450 atau 087875684813 ( Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  24. Trisila Tjipto Tahardjo, SE berkata:

    Pak, nama saya Trisila Tjipto Rahardjo, SE. saya pengen tahu karakter juz saya berapa ya?

    • darulqohar berkata:

      Kalau anda ingin dibukakan juznya, anda harus membeli Alqur’an dan buku panduan belajarnya, agar anda bisa langsung belajar dan mengamalkannya.Anda bisa hubungi 081319315472 atau 087781153648 (Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  25. dewi berkata:

    Subhanallah.. kebetulan saya adalah juz 14… uraian diatas memang benar menggambarkan pribadi saya. Saya boleh meminta bantuan untuk mengetahui juz suami saya..? Uray imam setiawan, 18 april 1982.. terima kasih banyak.. :)

    • darulqohar berkata:

      Sdri Dewi, sebagai syarat untuk dibukakan juznya, seseorang harus membeli Al Qur”an dan buku-buku panduan belajarnya agar bisa langsung belajar dan mengamalkannya.Kebetulan jika anda belum punya ,anda bisa pesan di 081319315472 ataun087781153648 (Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  26. putri05131995 berkata:

    Assalamu’alaikum wr.wb .. tanggal lahir saya 13 Mei 1995 , saya ingin tahu karakter juz diri saya, karakter juz brp yaa ?? mohon dijawab .. Wassalam ..

    • darulqohar berkata:

      Sdri Putri, bila anda suda siap mengamalkannya, mempelajarinya, kami akan lihatkan juz anda. Sebagai syaratnya, anda harus beli Al Qur’an dan buku panduan belajarnya dari Darul Qohar. Anda bisa hubungi via sms 081319315472/087781153648 (Pak Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  27. fouziah jantan berkata:

    kalau dari malaysia bagaimana ye Pak.sya nk tahu juzuk diri suami saya

  28. Ahmad rifa'i berkata:

    Saya ahmad lahir 14 05 1995 iya benar seperti yang di tulis di atas. bagai mana caranya agar kondisi saya tidak terkena pada kondisi blank/kosong ini . Suka sangat bingung sekali kalau udah don. Apa saya harus sangat berhati-HATI .dalam melakuka setiap perjaan yang dilakukan oleh tangan. terima kasih.

    • darulqohar berkata:

      Sdr Ahmad, kami tidak tahu apakah anda sudah mengetahui metode keilmuan Al Qur’an yang ada di blog ini. Untuk memastikan itu, anda bisa konsultasi dengan staf kami di 081319315472 atau 087781153648 (pak Anwar)
      Wassalam
      DQ

  29. Mega Surya lubis berkata:

    Mhn petunjuk melihat juz istri dan anak anak saya..bagaimana caranya? Dan bagaimana mendayagunakan juz diri tsbt..terima kasih..salam hormat saya..
    Assalamualaikum

    • darulqohar berkata:

      Assalamualaikuum…

      Sodara Mega.. Untuk melihat/membuka Juz seseorang caranya kita harus banyak mengaji/membaca Al Qur’an dengan tersistem & disiplin/istiqomah sesuai Format Al Qur’an dan mengikuti tahapan2 (Stepping) yang kami sarankan..
      Pendayagunaan Juz itu sendiri akan berjalan sendiri di dalam tubuh kita sesuai potensi yang diberikan Allah SWT ke hambaNya bagi yang membaca sesuai angka Juz yang dimilikinya sejak bayi bergerak dalam rahim ibunya.. Terimakasih..

      Wassalam
      MPDQ-PS

  30. darulqohar berkata:

    Wa’alaikuumussalam Wr.Wb

    Saudari Nanda.. Ingin tahu Juz berapa yang Saudari miliki?.. Silahkan telpon kami yang sudah tersedia di blog ini.
    Maaf,kami tidak akan langsung membuka Juz siapapun lewat kolom komentar/tanya jawab ini,lebih baik datang ke alamat kami (domosili JABODETABEK) atau bagi yang domosilinya di luar itu silahkan telpon kami. Terimakasih..

    Wassalam
    MPDQ-PS

  31. mega surya lubis berkata:

    ass wr wb
    mhn info mencari juz ank dan istri.
    terima ksh.

    • darulqohar berkata:

      Saudari Mega.. Kalau sudah punya info Juz anak & istri, maaf.. Terus selanjutnya mau saudara apakan Juz tersebut..
      Apabila serius mau mengaji & sudah memiliki Al Qur’an Format 18 baris yg kami sarankan, Silahkan telpon di no: 081.574.5253.68. pada jam kerja.
      Terima kasih.

      Wassalam
      Prayit-DQ

  32. Rita Amrina berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya rita amrina, 13 mei 1995. Setelah dibukakan juz ternyata saya di juz 14. Awalnya percaya tidakpercaya kenapa semua penjelasan yg ustad saya bilang dan web ini hampir semua sama kpd karakter diri saya. Jujur saya kaget pak, subhanallah betapa hebatnya Al-qur’an. Saya ingin tahu pak bagaimana caranya mempelajari paradigma numerik struktur Al-qur’an? Jujur saya tertarik untuk mempelajarinya.

    • darulqohar berkata:

      Wa’alaikumussalam wr.wb.

      Saudari Rita Amri yang baik.. Alhamdulillahirobbil’alamiin.. Kami turut senang apabila Saudari mau belajar Ilmu Al Qur’an Paradigma Numerik. Caranya harus dengan mulai dari mengaji Juz Saudari sendiri dengan tersistem dan terstruktur di bawah pengawasan pembimbing ustad/mentor Saudari.
      Karena keilmuan ini tersistem dan terstruktur sesuai Al Qur’an yang murni, maka langkah kedua adalah dengan menghafal bacaan pola pendek harian untuk Saudari pribadi yang ada di Juz 14, kemudian menghafal nomor dan nama2 surat juga dengan jumlah ayatnya pada surat tersebut. Coba dihafal sehari minimal 5 nama surat plus jumlah ayatnya. Selanjutnya hafalkan dan pahami juga Struktur ‘Ain, Struktur Abjad dan arti dari halaman Juz.
      Inshaa Allah dengan cara2 di atas apabila dijalankan dengan rutin, Saudari akan cepat mengerti mengurai atau mengartikan Karakter Juz seseorang, begitu pula bisa mengetahui cara kerja pola2 bacaan dengan menambahkan ilmu filosofi arti dari nama2 surat di Al Qur’an.
      Silahkan konsultasi terus dengan ustad yg sudah membuka Juz Saudari atau bergabung dan ngobrol dengan komunitas jamaah keilmuan ini di Facebook pertemanan dan grup, yaitu MAJELIS PENGAJIAN DARUL QOHAR. Terima kasih.

      Wassalam
      MPDQ-PS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s