Karakter Diri Juz 1 ( Melayani dan Dilayani )


Angka 1 berhuruf Alif. Ciri utama Alif adalah bila di depan tidak mau “menggandeng” huruf di belakangnya, tidak dapat menempati posisi tengah, bila di belakang maunya di gandeng ( sebagai guruf Mad ). maksudnya hanya dapat menempati awal dan  akhir rangkaian huruf..

Karakter seorang Juz 1, apabila seseorang Juz 1 berada di depan, misalnya menjadi seorang pemimpin ia cenderung bersikap egois, dan sangat otoriter, ia sangat mandiri dan berkesan tak butuh bantuan orang lain. Segala Keinginannya harus terpenuhi. Sebab ia merasa yang paling benar oleh karenanya harus di ikuti. Tetapi bila ia berada di belakang, ia sama sekali tidak memiliki pilihan, dia dapat dengan mudah menurut dan ikut pada siapa pun.

Juz 1 memiliki keunikan sendiri. Hal ini nampak pada ornamen halaman 2 dan 3 yang di bedakan dengan halaman lain Al Qur’an. Artinya seorang Juz 1 juga cenderung menuntut keistimewaan tertentu, baik dalam lingkungan keluarga, pekerjaan atau bermasyarakat.

Jumlah  halaman Juz 1, lebih sedikit di banding dengan Juz lainnya ( 16 Halaman ). Sementara Juz 1 hanya 15 halaman. ia selalu merasa ada saja sesuatu yang kurang dalam dirinya, bahkan selalu tidak puas. Hal ini membuat ia kehilangan ” sesuatu ” dalam dirinya..

Juz 1 memiliki surat Al-Baqarah ( Sapi Betina ). Hal ini bisa berbanding terbalik dengan sifat berdasarkan huruf Alif yang cenderung tak butuh bantuan orang lain ( bila posisi hurufnya di depan huruf lain ). Jika sifat surat Al Baqarah dominan, orang Juz 1 memiliki rasa ketergantungan pada orang lain. Atau dengan Kata Lain, merupakan gambaran dari posisi huruf Alif yang terletak di belakang huruf tertentu.

Dalam kondisi tertentu, misalnya ketika dia sudah tidak tahu harus berbuat apa, terkadang terkesan pasrah jika orang lain ” memeras” jerih payahnya. Seolah-olah dia tidak memiliki pilihan dan tidak berkuasa untuk menolak jika seseorang berbuat demikian pada dirinya.

Pengaruh surat Al Baqarah ini membuat dirinya menjadi ” pelayan ” yang baik bagi orang lain, terutama keluarganya. Memberikan susu bagi anak-anaknya sekaligus pemelihara. Faktor surah ini pula membuat seorang juz 1 merupakan pekerja keras.

Al Quran Mushaf Utsmani format 18 baris memiliki karakteristik yang khusus. Dimana jumlah halaman dari Juz 2 sampai Juz 29 adalah sama, yaitu 16 halaman. Namun ada dua Juz yang jumlah halamannya berbeda, yakni Juz 1 dan Juz 30.

Juz 1 jumlah halamannya 15 sedangkan Juz 30 memiliki 21 halaman. Perbedaan jumlah halaman ini juga bisa menggambarkan karakter dari Juz yang bersangkutan. Karena halamannya kurang, membuat orang dengan Juz 1 selalu saja merasa ada sesuatu yang kurang pada dirinya atau bisa menjadi orang yang kurang percaya diri.

Di sisi lain, ia bisa menjadi seseorang yang tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah di capai…….Bersambung…..

8 Balasan ke Karakter Diri Juz 1 ( Melayani dan Dilayani )

  1. syafri Zukma berkata:

    Assalamu`alaikum Waramatullahi Wabarakatuh
    Pengurus DARUL QOHAR yg dimuliakan ALLAH SWT, kami mau nanya ada teman km diwaktu SMP dulu namanya ANWAR UJANG apa betul dia ikut dalam pengurus pengajian keilmuan DARUL QOHAR ini kebetulan km sama-sama satu kampung, mana tau suatu saat km bs ikut pengajian ini, saat ini kami msh di KUALA KAPUAS – KALIMANTAN TENGAH dan saat ini msh kerja di PDAM Kapuas, insallah kalau ALLAH SWT mengizin km bisa ke tempat pengajian DARUL QOHAR ini. Amin

    • darulqohar berkata:

      Subhanallah….melalaui media ini ternyata bisa mempertemukan teman-teman lama ya pak….
      Betul sekali Bpk. Anwar Ujang salah satu pengurus di Biro pengajian keilmuan DARUL QOHAR pak.
      Nomor Telpon Biro ini yang paling atas yang menghandle Beliau sendiri pak, silahkan Hubungi dia Pak…
      Terima Kasih…..

  2. sfety berkata:

    semoga bermanfaat

  3. elrasmyca tahir berkata:

    nmaq erasmi lhir 19-12- 1977 hari rabu jd juzq brpa? tlg info n tnks

    • darulqohar berkata:

      Sdr Erasmi,pernahkah anda dibukakan juznya sebelum ini? Klau belum dan anda ingin dibukakan juznya, anda harus membeli Al Qur’an dan buku panduan belajar keilmuan ini dari Dari Darul Qohar agar anda bisa belajar dan mengamalkannya,mau? Bila anda berminat anda bisa hubungi 081319315472 atau 087781153648 (Anwar)
      Wassalam
      Anwar

  4. Eriadi Rasyid Ariffin berkata:

    Eriadi Rasyid Ariffin (31 Oktober 1992)
    saya minta tolong di bukakan JUZ diri saya

    begini pak, saya baru-baru ini mendapatkan sedikit pencerahan dari teman, mengenai pengkajian Al-Qur’an secara numerik, saya penasaran dan ingin tau lebih banyak.
    akhirnya saya cari di internet, lalu menemukan blog ini

    jujur sampai saat ini saya termasuk orang yg sangat lalai…
    saya ingin sekali bertemu dengan Ibu Heny Hanaria (mamah)
    kalau boleh sekalian saya minta alamat dan informasi kontak beliau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s